Paseban Web Version

Panduan untuk Download Torrent via IDM dengan Efektif

Tuesday, 10 July 2012 09:00
Panduan untuk Download Torrent via IDM dengan Efektif

Sering kita mendengar file berjenis torrent. Sebenarnya apakah file torrent tersebut? File torrent merupakan file yang berukuran kecil yang isinya merupakan detil file sebenarnya yang akan kita download. File torrent hanya berukuran beberapa kilobyte (kb) saja. File torrent biasanya diunduh dengan menggunakan torrent client. Client torrent tersebut berupa software atau program seperti bitTorrent, uTorrent, dan sebagainya.

Pada saat kita menggunakan client tersebut untuk mendownload file torrent, barulah terlihat ukuran file yang sebenarnya. Torrent biasanya digunakan untuk file-file besar, seperti software, game, juga film. File torrent bisa didapatkan di mana saja. Anda hanya perlu mengetik nama file yang Anda cari dengan membubuhkan kata torrent saat pencarian. Selanjutnya Anda bisa memilih file torrent yang Anda inginkan.

Dalam memilih file torrent, Anda sebaiknya mengetahui apa itu seeder dan leecher. Seeder merupakan jumlah pengunduh yang mendownload file torrent tersebut 100% dan kemudian membaginya. Leecher adalah yang sementara sedang mendownload file tersebut dan belum 100%. Ada baiknya, ketika Anda membuka suatu file torrent dari situs-situs sumber, ketahui berapa banyak seeder dan leecher. Makin banyak seeder makin baik karena bisa mempercepat proses download Anda.

Dalam mendownload file besar yang berukuran hingga gigabyte (GB) ada baiknya jika Anda menggunakan file torrent. Karena, dengan ini, Anda bisa terjaga dari putus dan hilangnya proses download Anda saat sesuatu yang tidak diinginkan dengan kondisi jaringan internet Anda terjadi. Jika Anda penggemar download manager, IDM, dan Anda bertanya, apakah download torrent bisa dilakukan via IDM? Jawabannya adalah ya.

Torrent client memang merupakan alat download utama file torrent. Akan tetapi, beberapa download manager bisa melakukan hal tersebut, termasuk Internet Download Manager (IDM). Berikut ini Paseban berikan langkah-langkah untuk download torrent via IDM.

Langkah yang pertama adalah mengunduh file torrent dari situs download torrent yang Anda sukai. Download file berekstensi torrent yang hanya berukuran kb tersebut seperti biasa. Simpan di direktori Anda. Jika sudah, maka silakan membuka situs ini Torache. Sebelumnya, pastikan bahwa Anda menggunakan IDM versi terbaru.

Setelah membuka situs di atas, maka langkah download torrent via IDM selanjutnya adalah klik Choose File yang ada di halaman situs torcache.net. Cari lokasi file torrent Anda lalu pilih file torrent tersebut. Jika sudah klik Cache. Biarkan situs tersebut memuat hingga memberikan informasi URL baru tempat torrent Anda yang siap untuk diunduh. Jika sudah memberikan suatu alamat URL, maka copy alamat baru tersebut.

Selanjutnya, download torrent via IDM bisa Anda lakukan dengan membuka situs Zbigs. Situs zbigz ini meminta Anda membuat akun terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Buat akun di sini dan jangan khawatir karena proses pendaftarannya sederhana dan tidak sulit. Jika sudah, Anda akan disuguhkan halaman utama dari situs tersebut.

Pada halaman utama, terdapat kolom yang disiapkan untuk meletakkan alamat file torrent Anda. Jika Anda tadi sudah meng-copy alamat baru torrent Anda di situs torcache, maka paste di kolom zbigz. Lalu klik Go Free. Jika Anda selalu mendapatkan psan pop up, maka pilih saja yang free atau gratis. Jika sudah, biarkan halaman ini memuat proses upload file torrent Anda hingga selesai.

Lamanya proses upload di sini tergantung dari seberapa besar file asli Anda. Namun Anda tak perlu khawatir, karena tidak akan memakan waktu yang sangat lama. Jika tombol download berwarna hijau sudah keluar, berarti proses upload sudah selesai dan file asli Anda siap untuk diunduh.

Seperti penggunaan IDM biasa, klik saja tombol hijau download yang ada di halaman situs zgigz tersebut. Jika sudah, maka akan keluar kolom download dari IDM dan download torrent via IDM siap dilakukan. Proses download file besar Anda akan terasa lebih cepat dengan download manager ini. Jika terlalu lama, Anda tak perlu khawatir untuk mengklik pause lalu melanjutkannya di lain waktu. Namun tetap dengan syarat, tidak lebih dari 7 hari. Karena file asli Anda yang berada di zbigz.com hanya diberi waktu 7 hari dan selebihnya file akan dihapus secara otomatis. Semoga berhasil. [ZH]