Empat Aplikasi Melacak Handphone Hilang untuk iOS, Android dan Windows Phone 7

Saturday, 07 July 2012 16:00
Empat Aplikasi Melacak Handphone Hilang untuk iOS, Android dan Windows Phone 7

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menyematkan aplikasi untuk melacak handphone hilang di dalam ponsel Anda. Hampir semua pengguna ponsel di dunia ini tidak ingin kehilangan ponselnya, dan hal ini merupakan alasan terbesar untuk mengapa Anda harus menginstal aplikasi untuk melacak handphone hilang ketika kejadian yang tidak diinginkan ini terjadi pada Anda.

Tidak hanya dapat melacak keberadaan ponsel Anda yang hilang dicuri atau lupa menaruhnya di suatu tempat, bahkan Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak keberadaan salah satu anggota keluarga Anda atau teman Anda jika pada saat Anda membutuhkannya. Dan pada artikel kali ini, Paseban akan membahas tentang empat aplikasi pilihan yang dapat mendeteksi keberadaan ponsel Anda ketika kejadian buruk menimpa ponsel Anda.

Find My iPhone (iOS - Gratis)

Jika dilihat dari namanya, aplikasi ini memang terbatas untuk para pengguna iPhone, iPad dan iPod saja. Aplikasi ini memang dibuat untuk melacak keberadaan ponsel Anda yang hilang dengan cara melacak keberadaan terakhir ponsel Anda saat ini. Namun untuk menggunakan layanan dari aplikasi ini Anda harus melakukan update software terlebih dahulu menuju ke iOS 5 dan melakukan set up iCloud.

Setelah Anda berhasil melakukan login dengan identitas Apple Anda atau Apple ID credentials lalu klik Find my iPhone yang di mana website akan mencari keberadaan ponsel Anda dan Anda memiliki autoritas untuk mengunci atau bahkan mengahapus semua data pada ponsel hanya melalui sebuah website. Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda bisa mengunduhnya di sini.

Lookout Mobile Security (Android - Gratis)

Memiliki fungsi yang sama dengan Find my iPhone, Lookout Mobile Security menyediakan panel kontrol berbasis web di mana para pengguna dapat melacak keberadaan Androidnya yang hilang. Dengan menginstal aplikasi ini terlebih dahulu, maka Anda bisa mendeteksi keberadaan ponsel Anda melalui website yang juga berasal dari developer yang sama dari aplikasi ini. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda pun memungkinkan untuk mengambil alih kendali terhadap ponsel Anda, seperti mengatur volume, mengirimkan pesan singkat, bahkan menghapus semua data yang berada pada ponsel Anda atau mengaktifkan GPS pada ponsel Anda untuk mengetahui posisi atau keberadaan dari ponsel Anda yang hilang atau dicuri. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Introducing Lookout Mobile Security

Plan B (Android - Gratis)

Masih dari developer yang sama dengan developer dari Lookout, aplikasi berikutnya bernama Plan B. Aplikasi ini juga berfungsi untuk mencari keberadaan ponsel Anda yang hilang. Aplikasi ini akan dengan segera mencari ponsel Anda yang hilang namun dengan catatan Anda telah melakukan instalasi aplikasi ini pada ponsel Anda dan aplikasi ini akan memberikan koordinat ponsel Anda ke dalam email Anda. Anda juga bisa menayankan lokasi terbaru dari ponsel Anda dengan mengirimkan pesan yang berisi locate ke nomor Anda melalui nomor teman Anda. Plan B merupakan alternatif lain untuk menemukan ponsel Anda yang hilang. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Find My Phone (Windows Phone 7)

Setara dengan iPhone, Microsoft pun memiliki layanan untuk mencari ponsel Windows Anda yang hilang dengan cara login di situs ini www.windowsphone.com menggunakan akun Windows Live ID Anda. Sejatinya, Find My Phone untuk Windows Phone ini bukanlah sebuah aplikasi, namun merupakan sebuah halaman yang disediakan oleh Microsoft untuk para pengguna Windows Phone 7 yang kehilangan ponselnya. Para pengguna juga memungkinkan untuk menghapus semua data pada ponsel Anda atau mengunci ponsel Anda melalui halaman ini.

Demikian tadi beberapa daftar tentang aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menemukan ponsel Anda yang hilang. Windows Phone 7 dan Apple melakukan pengamanan yang baik untuk perangkatnya, dengan menggunakan halaman resmi yang disediakan oleh kedua pihak, Anda bisa melakukan kendali atas ponsel Anda yang hilang dicuri. Namun bukan berarti Android tidak melakukannya pula dengan baik, dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga Anda bisa melacak keberadaan ponsel Android Anda dengan juga mengunjungi halaman dari pengembang aplikasi tersebut, Anda bisa menyelamatkan data Anda dari jauh. [PY]