Aneka Cara Free Download game HP Cina dari Mobile9

Thursday, 05 July 2012 16:00
Aneka Cara Free Download game HP Cina dari Mobile9

Apa sih HP (handphone) yang bukan buatan negeri Cina sekarang? Namun jika maksudnya adalah HP dari vendor asli negara Cina, maka ada beberapa merek mungkin sudah Anda kenal. Beberapa vendor ini sudah ada merilis produknya di Indonesia seperti Huawei dan ZTE. Sementara itu vendor asli Cina lainnya masih ada belum menjangkau pasar Indonesia seperti Meizu dan Xiaomi. Tapi bukan berarti kedua vendor Meizu dan Xiaomi mempunyai kualitas produk yang rendah. Justru HP yang dikeluarkan oleh Meizu bisa disejajarkan dengan iPhone baik dari segi desain maupun perangkat keras yang digunakan. Baik Huawei, ZTE, Meizu, maupun Xiaomi adalah vendor utama dari Cina. Jadi bila memilih untuk menggunakan produk dari vendor tersebut, Anda tidak perlu khawatir kekurangan aplikasi ataupun game, karena ada banyak situs yang menyediakannya.

Salah satu situs yang menjadi tujuan untuk mencari free download game HP Cina dari vendor seperti Huawei, ZTE, Meizu, dan Xiaomi adalah mobile9. Terakhir kali Paseban cek adalah lebih dari 2 juta konten yang tersedia di mobile9. Jenis konten yang bisa dipilih beragam seperti themes, ringtones, wallpapers, video, screensavers, hingga aplikasi termasuk game untuk HP. Buka saja situs mobile9 dan klik tautan select your device yang ada dibawah tombol Register A Free Account. Pada kotak Device Name, ketikkan tipe HP, lalu klik gambar yang sesuai dengan tipe HP Cina yang Anda gunakan. Setelah itu mobile9 akan menampilkan halaman untuk tipe HP yang sesuai.

Pada bagian sebelah kiri halaman ada pilihan menu navigasi yang berisi kategori konten. Pilih saja kategori yang diinginkan untuk menampilkan konten yang masuk dalam kategori tersebut. Anda bisa menemuka game dalam kategori Apps di mobile9. Pilihan game akan bercampur dengan aplikasi lainnya. Untuk menampilkan aplikasi berupa game saja gunakan fitur filter yang ada di mobile9. Lihatlah dibawah nama HP yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Ada dua buah drop-down menu yang bertuliskan Show. Ubah drop-down menu kedua dari All menjadi games. Pilihan ini akan membuat mobile9 hanya menampilkan game saja bukannya semua aplikasi untuk HP Anda. game yang muncul dihalaman pertama adalah game yang paling populer. Anda juga bisa mengurutkan game berdasarkan tanggal bukannya popularitas dengan menggunakan drop-down menu. Cara lain untuk mencari game di mobile9 adalah dengan menggunakan search bar yang ada disebelah kanan atas halaman. Ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan game yang ingin dicari dan mobile9 akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci.

Jika sudah menemukan game yang dicari, klik saja judul game tersebut untuk menampilkan halaman deskripsi. Pada halaman ini selain deskripsi terdapat informasi lain seperti seberapa besar ukuran game pada bagian Details. Pengguna yang sudah terdaftar di mobile9 juga bisa memberikan komentar pada game yang mereka unduh yang bisa dilihat pada bagian bawah halaman deskripsi. Untuk mengunduh game tekan saja tombol Download to PC dari halaman administrasi.

Sebagian besar game yang tersedia di mobile9 adalah berbasis platform Java. HP seperti Meizu dan Xiaomi dan juga beberapa HP dari Huawei dan ZTE ada yang sudah dilengkapi dengan Android. Jadi selain dari game berbasis Java, HP tersebut juga bisa diinstal game untuk platform Android. Mobile9 bisa juga menampilkan informasi untuk HP Android disitus mereka yang sebenarnya berasal dari Google Play. Jadi konten untuk Android ditarik langsung dari Google Play melalui situs mereka.

Vendor Cina seperti Meizu bahkan maju lebih lanjut lagi dengan mendirikan app store milik mereka sendiri. Mereka merangkul pengembang aplikasi dan game asli Cina untuk bergabung ke Meizu App Store yang bisa diakses dari alamat ini yang diantaranya menyediakan free download game HP Cina. Sayangnya karena Meizu masih fokus pada pasar Cina dengan jumlah konsumen terbesar di dunia, app store ini masih dalam bahasa asli sana. Namun jangan kira app store dari Meizu ini kecil peminatnya, pada bulan Maret 2012, Meizu App Store telah berhasil melewati 100 juta download dan ini diraih "hanya” dengan koleksi berjumlah sekitar 10 ribu aplikasi termasuk game. Bandingkan dengan Apple App Store yang mempunyai koleksi aplikasi mencapai lebih dari 500 ribu. [PN]