Paseban Web Version

Cara Membuat Video Karaoke Sendiri

Thursday, 28 June 2012 09:00
Cara Membuat Video Karaoke Sendiri

Membuat suatu video karaoke sebenarnya bisa dilakukan siapa saja. Jika kita memperhatikan, video suatu karaoke biasanya terdiri atas musik, lirik, dan gambar atau video yang menjadi latar belakang tersebut. Perbedaannya terlihat ketika sebuah video karaoke bisa menampilkan lirik yang berjalan sesuai irama lagu. Selain itu, sebuah video dikatakan sebuah video karaoke ketika vocal utama bisa dihilangkan sehingga hanya tersisa background vocal dan musik instrumentalnya saja.

Paseban pernah membahas sedikit tentang komponen dari suatu audio. Komponen tersebut adalah vocal utama, background vocal, dan instrumental. Perbedaan video penuh adalah yang memiliki ketiganya. Jika karaoke, vocal utama hilang dan hanya ada background vocal dan instrumental. Membuat audio karaoke bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dari manual hingga menggunakan bantuan software lain. Akan tetapi, jika yang dihasilkan hanya berbentuk audio saja, rasanya kurang lengkap.

Jika anda sudah berhasil menghilangkan vocal utama sehingga menjadikan file mp3 anda berubah menjadi file jenis karaoke, anda bisa membuat sendiri file video karaoke anda. Sebenarnya, bagi anda yang belum merubah file mp3 anda menjadi file karaoke pun bisa melakukan ini. Siapa pun bisa dan sesuai selera anda. Anda juga mungkin pernah melihat sebuah video musik memiliki lirik dari lagu tersebut. Nah, itu pun bisa anda lakukan sendiri.

Banyak software yang bisa anda lakukan untuk membuat video karaoke. Akan tetapi, anda mungkin harus membayar dan juga mungkin sulit bagi anda menggunakannya. Paseban kali ini akan mereview satu software sederhana yang mungkin bisa anda gunakan. Sebuah software pembuat video karaoke bernama AV Video Karaoke Maker.

Sesuai namanya, AV Video Karaoke Maker adalah software yang memiliki fungsi untuk membuat video karaoke sesuai keinginan anda. Software ini memiliki beberapa tools yang anda butuhkan ketika anda ingin membuat suatu video karaoke. Cara penggunaannya pun cukup sederhana dan mudah sehingga siapa pun bisa menggunakan software pembuat video karaoke ini. Yang paling menyenangkan adalah software ini merupakan software gratis alias tak berbayar.

Software ini bisa anda unduh di situs download software populer, CNET. Klik link ini lalu unduh filenya. Ukuran file yang anda unduh di sini masih berukuran Kb, untuk itu, nyalakan jaringan internet anda ketika melakukan proses instalasi. Anda akan kembali mengunduh aplikasi ini yang hanya berukuran 9 MB.

Lakukan penginstalan seperti biasa hingga selesai. Jika sudah, buka software ini. Anda akan diminta untuk memasukkan kode aktivasi. Klik di tempat yang software ini tunjukkan. Anda akan dialihkan ke halaman baru yang memiliki kode aktivasi software ini. Copy kode aktivasi tersebut lalu paste kan di bar yang diminta tadi. Setelah itu, klik Ok dan anda sudah berada di tampilan software AV Video Karaoke Maker.

Untuk memulainya, anda bisa mengklik icon new project yang berada paling kiri dari layar anda. Pilih yang akan anda jadikan file audio karaoke. Bisa berupa file avi, mpeg, mp3, dan lain-lainnya. Jika jenis file anda tidak mendukung, maka gunakan converter untuk merubah file yang kompatibel. Anda bisa memasukkan file instrument dari lagu favorit anda yang bisa andapatkan langsung dengan mengunduh sebelumnya. Apa pun file anda, klik Ok.

Jika sudah, anda tambahkan lirik dari lagu yang anda pilih. Anda bisa mengetiknya secara langsung di kolom kosong sebelah kanan. Cara lainnya, anda cari lirik lagu favorit anda di Google lalu copy dan paste saja. Atau jika anda memiliki file berjenis txt maka anda bisa mengklik icon add lyrics pada tool bar.

Jika dua file sudah anda masukkan, kini tiba saatnya anda mensinkronisasikan antara lagu dan lirik. Klik tombol play di bagian bawah. Setelah situ klik Synchronize yang berada di pojok kanan atas tampilan AV Video Karaoke Maker anda. Untuk mempermudah, anda klik saja F5 lalu mulai sinkronisasi dengan mengklik Alt+space. Perintah Alt+space tersebut adalah short command dari tombol set yang ada di bawah kanan. Sesuaikan lirik dan lagu anda.

Anda bisa menambahkan gambar atau video untuk dijadikan latar belakang video karaoke anda dengan mengklik add background. Jika sudah selesai, klik tombol preview. Lihat hasilnya dan edit yang anda inginkan. Tombol pengaturan bisa anda gunakan untuk mengedit warna lirik diam dan berjalan, jenis file output, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengklik export agar video karaoke anda bisa anda gunakan sepenuhnya. [ZH]