Cara Menggunakan Netcut dan AntiNetcut

Sunday, 24 June 2012 17:00
Cara Menggunakan Netcut dan AntiNetcut

Pengguna internet semakin banyak, dan jalur lalu lintas internet pun semakin padat. Ini menunjukan semakin sempit jalur yang dilalui. Aplikasi yang satu ini memang unik yakni bisa memotong jalur koneksi internet secara sepihak tanpa diketahui oleh pengguna. Biasanya hal ini sering dilakukan oleh server yang mencurigai user/ client yang telah menggunakan aksesnya secara sembarangan.

Secara umum koneksi internet PC jaringan pasti akan melalui jalur gerbang utama koneksi yang disebut Gateway atau default gateway, nah disinilah kelemahan yang sering dimanfaatkan oleh program Netcut ini. Terlebih lagi jika koneksi jaringan internet tersebut di lewatkan dengan router WiFi. Netcut ini sangat popular sekali untuk penguna internet WiFi gratisan.

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan Netcut, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana Netcut itu bekerja dan fungsi-fungsi selama masih bisa digunakan batas wajar.

Prinsip Kerja Netcut

Cara yang dilakukan Netcut sebenarnya sangat sederhana sekali yakni melakukan penyusupan pada kmputer yang akan diserang agar tidak bisa terhubung lagi. Netcut akan mengirimkan paket transmisi data ARP (address Resolution Protocol) yang cukup banyak seolah-olah overload kepada PC user, setelah PC teracuni dengan paket data palsu yang berlimpah tersebut akan kembali mengirimkan data palsu yang berlimpah juga kepada router sehingga router akan menolak mentah-mentah akses dari IP address PC yang telah disusupi Netcut. Alhasil, akses internet akan terputus seketika.

Netcut

Sedangkan pihak kcomputer yang memiliki software Netcut tetap bisa melakukan ping untuk transmitter-receiver data. Sebab untuk melakukan pengiriman paket tidak lagi membutuhkan gateway. Sebaiknya software ini digunakan untuk kepentingan bersama yang terus dipantau oleh admin yang bertanggung jawab, bukan dilakukan oleh orang yang ingin mengganggu komunikasi di wilayah tertentu. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan fungsi Netcute.

Dalam penggunaanya, software ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan kekurangan dari software ini yaitu:

Kelebihan

  • Proses pengoperasian intrnet sangat cepat

  • Jaringan Wi-Fi / LAN Anda kuasai,

  • Loading dalam membuka situs / web sangat cepat (tergantung dari sinyal Wi-Fi / LAN ), dll

Kekurangan

  • Software ini sering mengalami gangguan /hang apabila ada PC yang online atau PC yang offline

  • Jika memori pada PC standar, akan menyebabkan PC menjadi lemot /lama dalam proses pangoperasian

  • Harus sabar dalam mengoperasikannya

Software ini selain memiliki kelebihan dan kekurangan, efek yang dihasilkan pun sangat buruk bagi orang lain. Adapun efek yang di timbulkan dari software ini yaitu:

  • Gangguan pada jaringan

  • Proses lama

  • Sering mengalami problem pada halaman /error

  • Lemot lama pada saat men-download, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Netcut

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik Netcut pada PC Anda, tunggu hingga keluar gambar.

  2. Setelah muncul tampilan akan muncul kolom gambar, dan Netcut akan bekerja sendiri untuk mendeteksi / mencari PC yang online pada saat itu juga seperti yang tertera pada kolom yang sebelah kiri. Di situ akan muncul nama PC Anda dan nama PC lain yang sedang online.

  3. Setelah Anda paham akan fungsi dari masing-masing kolom di atas, Anda tinggal mengoperasikannya sesuai apa yang diinginkan. Anda tinggal memilih PC mana yang ingin Anda cut, kemudian arahkan kursor pada nama PC, dan taruh kursor pada kolom cutoff, setelah itu klik kolom cutoff tersebut. Setelah diklik, PC tersebut akan berubah warnanya menjadi merah (berarti PC yang Anda cutoff).

Tidak adil Jika hanya membahas Netcut, karena ada cara menghindar dari serangan Netcut, yaitu dengan sebuah software bernama AntiNetcut.

Adapun cara / langkah-langkah pengoperasian AntiNetcut yaitu:

1). Klik anti Netcut.

2). Kemudian arahkan kursor ke arah start anti Netcut, seperti yang tertera pada gambar dibawah ini

anti netcut

3). Setelah diklik, akan keluar gambar, klik pada tulisan get TCP connections, maka anti Netcut akan bekerja dengan sendirinya. Ia akan bekerja seperti men-scan.

4). Jika dalam proses tersebut terdapat PC yang menggunakan Netcut, maka anti Netcut akan mendeteksi dan memberitahu nama PC yang menggunakan Netcut. Jadi PC yang dideteksi oleh anti Netcut dapat terlihat.

Jika menggunakan anti Netcut tidak berhasil, Anda dapat menggunakan tips-tips sebagai berikut:

1). Cek ARP (Address Resolution Protokol):

  • Buka *cmd (command prompt) pada startmenu> run_

  • Ketik arp -a, untuk meilhat IP router dan akan terlihat 1 ip router, jika terlihat lebih dari satu ubah niat Anda untuk surfing karena protokol tidak encrypt seperti FTP dan HTTP login untuk menghindari hacker usil.

  • Untuk mengidentifikasi arp ip yang muncul ketikan perintah, tracert domain.com

2). Ubah alamat IP address. Karena Netcut me-listing IP addres di dalam jaringan, maka Anda harus mengganti alamat IP. Disarankan Anda mengubah IP ke IP server atau gateway* yang dekat untuk mengelabui si attacker Netcut.

3). Matikan layanan workstation:

  • Run, kemudian ketik services. Msc.

  • Cari layanan workstation

  • Jika sudah ditemukan, klik kanan, properties, klik tombol stop.

4). Ganti hostname atau nama komputer Anda. Hostname yang visible sangat rentan sekali untuk diserang, oleh karena itu disarankan untuk mengganti dengan hostname yang dekat dengan kepentingan jaringan.

  • Gunakan software pembantu /penangkal. Cari software anti Netcut atau Anti Arp, sebelum berselancar untuk pertama kali menghidupkan WiFi /LAN Anda, pastikan Anti Netcut atau AntiARP Anda telah aktif.

5). Serang balik si pengguna attacker Netcut. Karena si pengguna Netcut ini sebagai gateway, banjiri komputer dia dengan ping secara terus menerus dengan mengetikan "ping google.com -t” pada cmd (command prompt) run. cara ini akan membuat komputer pengguna Netcut hang. [TR]