Perbaiki Gaya Penulisan Anda dengan Software Edit Tulisan Stylewriter

Thursday, 21 June 2012 09:00
Perbaiki Gaya Penulisan Anda dengan Software Edit Tulisan Stylewriter

Pernakah Anda merasa kurang percaya diri ketika diminta membuat sebuah karya tulis ataupun presentasi dalam Bahasa Inggris? Untuk urusan gaya dalam penulisan dokumen apapun bahkan untuk penutur Bahasa Inggris asli sekalipun belum tentu mempunyai gaya penulisan yang mampu membuat orang tertarik membaca atau mendengarkannya. Bahasa Inggris merupakan salah satu keahlian berbahasa yang bisa dibilang wajib dikuasai atau setidaknya mampu menggunakannya walaupun pasif.

Banyak orang yang mengandalkan software penerjemah instan untuk menterjemahkan dokumen dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris namun software-software penerjemah ini umumnya memiliki kelemahan yang sama yaitu gaya penulisan yang buruk entah itu susunan kata yang berantakan atau grammar yang salah. Sehingga akan lebih baik jika Anda menterjemahkan sendiri lalu kemudian dibantu dengan software edit tulisan bernama StyleWriter.

StyleWriter merupakan software yang dapat mengedit segala jenis dokumen yang Anda buat agar lebih jelas dibaca, ringkas namun tetap menarik untuk dibaca. Dengan bantuan StyleWriter, Anda seolah-olah memiliki seorang editor professional yang siap mengedit segala jenis tulisan yang Anda buat. StyleWriter akan mengedit kesalahan-kesalahan penulisan seperti kalimat kompleks, jargon, frase yang berlebihan, clichés, kalimat pasif dan masih banyak lagi. Ketika Anda memulai proses editing, StyleWriter akan secara otomatis memberikan berbagai alternative untuk mengedit dokumen Anda ke dalam Bahasa Inggris yang jelas dan ringkas.

Software edit tulisan yang satu ini menghadirkan beberapa fitur yang akan meningkatkan gaya penulisan dan kejelasan tulisan Anda. Beberapa fitur tersebut antara lain.

  • Style Checker: Kalimat pasif, kompleks, kata kerja yang tersembunyi, penggunaan kata yang berlebihan, kata-kata tidak biasa, clichés, dan masih banyak lagi.

  • Readability: Readability score, ratings, panjangnya kalimat, analisis gaya penulisan yang baik, dan yang lainnya.

  • Proofreading: Spell check, kata-kata yang membingungkan, pemilihan kata yang salah dan lainnya.

  • Jargon Buster: Singkatan, kata-kata sulit, frase jargon.

  • Sentence Editing: Kalimat yang terlalu panjang, kalimat yang sulit dimengerti, kalimat yang terkesan berputar-putar.

  • Customization: User added, user categories.

StyleWriter merupakan software edit tulisan yang terintegrasi langsung ke Microsoft Word sehingga proses pengeditan akan berlangsung secara otomatis mengkoreksi tulisan Anda begitu Anda menulisnya. Biasanya dokumen yang telah diedit oleh StyleWriter rata-rata akan lebih pendek 23% karena lebih mengutamakan efisiensi penggunaan kata. Walaupun Microsoft Word memiliki fitur check grammar tetapi itu hanya sebatas menggaris-bawahi kesalahan saja dan terkadang tidak memberikan solusi apapun sedangkan StyleWriter menawarkan penandaan kata yang salah sekaligus dengan cara mengeditnya dengan benar. StyleWriter sendiri memang didesain bagi Anda yang bekerja dalam bidang jurnalistik, ataupun pebisnis.

Stylewriter Screenshot

Layaknya mengikuti sebuah kelas menulis, StyleWriter juga akan memberikan nilai pada hasil tulisan. Nilai yang diberikan tiga criteria penilaian dan rating yang akan ditunjukkan pada jendela layar di bagian bawah program ini. Yang pertama The Bog Index yaitu nilai secara keseluruhan kejelasan dari tulisan Anda. Kedua, The Average Sentence Length berguna untuk pengukuran tingkat layak baca yang sangat penting. Ketiga, The Passive Index, sebuah pengukuran untuk masalah-masalah penulisan yang biasa terjadi. StyleWriter juga bisa mendeteksi kebiasaan menulis Anda. Pada bagian kiri jendela software ini menunjukkan masalah dalam gaya penulisan Anda melalui dokumen yang Anda cek. Melalui ini Anda akan mengetahui apakah gaya penulisan Anda cenderung berputar-putar, pasif, abstrak atau membosankan. Anda juga bisa melihat grafik hasil pengeditan tulisan Anda untuk memonitor kemampuan penulisan Anda. Melalui fitur-fitur tersebut Anda bisa sekaligus belajar meningkatkan kemampuan penulisan Anda.

Untuk menginstall software StyleWriter, Anda harus memiliki aplikasi Win32 yang bekerja pada Windows 2000, Windows XP, Vista dan Windows 7 baik pada system 32-bit atau 64-bit dan free space hard-drive 45 MB. StyleWriter juga compatible dengan Microsoft Word 2000 dan diatasnya. Software ini tidak bisa digunakan pada Mac namun ada beberapa tipe Mac yang bisa menggunakannya dengan bantuan Parallels Desktop® for Mac. StyleWriter menyediakan masa trial selama 14 hari dan lebih dari itu Anda harus membelinya untuk bisa menggunakannya kembali. Anda juga tidak membutuhkan koneksi internet ketika menjalankan software ini. Klik di sini jika Anda ingin mengunduhnya dari developernya dan klik di sini jika ingin mengunduhnya dari CNET. [FJ]