Diptic, Aplikasi Edit Foto Untuk iPhone Agar Gambar Menjadi Lebih Hidup

Thursday, 06 June 2013 12:00
Diptic, Aplikasi Edit Foto Untuk iPhone Agar Gambar Menjadi Lebih Hidup

Kehadiran smartphone di era saat ini jelas mengubah cara pandang semua orang, termasuk cara mengabadikan peristiwa penting atau sebuah kejadian spontan. Dilengkapi dengan kamera berteknologi tinggi, kehadiran smartphone seperti Samsung Galaxy S III atau iphone 4 memberikan  dampak bagi dunia fotografi. Kini seseorang tidak hanya bisa memotret dengan mudah, seseorang juga bisa langsung mengedit foto yang baru saja dipotret langsung dari gadget mereka. Diantara sekian banyak aplikasi fotografi yang ada,  aplikasi edit foto untuk iphone bernama Diptic mungkin salah satu aplikasi yang wajib Anda miliki.

Diptic merupakan sebuah aplikasi edit foto untuk iphone dikembangkan oleh Peak Systems. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dalam hal edit foto di iphone, meski dari segi peralatan edit yang ditawarkan tidak sebanyak aplikasi edit foto lain, Aplikasi ini pada dasarnya lebih mengutamakan fitur penggabungan gambar atau foto. Dalam aplikasi berbayar ini, Anda akan menemukan berbagai layouts menarik dan bingkai – bingkai unik. Anda dapat menggabungkan tidak hanya 2 foto tapi hingga 4 atau 5 foto. Satu hal yang cukup membantu ialah Anda dapat memasang atau meng-upload langsung hasil edit foto Anda ke Instagram.

Lalu, Apa saja yang ditawarkan aplikasi edit foto untuk iphone ini?

Deskripsi dan Konsep

Diptic memang tidak focus pada pengeditan foto. Aplikasi edit foto untuk iphone ini memang lebih unggul dalam menggabungkan foto atau gambar menjadi sebuah kesatuan cerita. Pengembang aplikasi ini tampak ingin menguatkan pernyataan ”Biar Gambar yang Berbicara”, oleh sebab itu aplikasi ini tidak hanya dilengkapi berbagai fitur edit foto standart. Anda akan menemukan berbagai jenis effect yang dapat Anda terapkan pada foto Anda. Ada juga pilihan bingkai yang beragam, serta layout yang banyak membuat Anda semakin bebas berekspresi.

Pengembang, Peak System, juga telah membaca keinginan pengguna iPhone yang aktif di dunia maya. Oleh seba itu, Aplikasi edit foto untuk iphone ini juga selalu terkoneksi dengan jejaring social, facebook, tweeter bahkan instagram. Anda dapat langsung membagi foto yang telah Anda edit di Diptic secara langsung ke teman – teman Anda.

Design dan User Interface

Aplikasi edit foto untuk iphone, Diptic, memiliki desain yang sederhana. Aplikasi ini telah menyusun peralatan editnya dengan sederhana, dan cukup responsive. Anda dapat dengan mudah menambahkan effect atau mengatur kontras warna dengan sekali sentuh atau dengan menggeser jari Anda.  

Setelah membuka Diptic, layar pertama yang Anda lihat adalah menu pilihan layout. Dari layar ini Anda memiliki pilihan 19 layout yang berbeda yang dapat dilihat dengan menggunakan gerakan menggesek, dan dengan menekan layout yang diinginkan untuk memilihnya. Setelah memilih tata letak, Anda akan dibawa ke menu Pilih Foto. Cukup tekan frame dalam tata letak Anda untuk membuka menu yang memungkinkan Anda untuk memilih "Ambil Foto" atau "Pilih dari Album Foto". Setelah Anda selesai menempatkan foto pada layout dan Frame, Anda bisa memulai mengedit.

Fitur / Sub Menu Application

Setelah Anda berhasil menambahkan foto ke frame, Anda bisa mulai mengedit foto sesuai keinginan. Anda dapat menggesek jari Anda pada layar dalam setiap frame untuk memperbesar atau memperkecil foto tertentu. Selain itu, panel bawah di aplikasi edit foto untuk iPhone ini menyediakan beberapa pilihan editing termasuk "Transform" dan "Efek". Ada efek "Mirror Image" (membalikkan gambar secara horizontal) dan efek "Putar 90 Derajat". Selanjutnya Anda dapat menekan tombol "Efek" dan sekali lagi tekan bingkai gambar di mana Anda ingin menerapkan efek ke foto. Setelah selesai, Anda memiliki tiga pengaturan foto yang tersedia untuk mengedit kecerahan, kontras dan saturasi.

Sesuatu yang mungkin terlewat adalah pilihan batas atau border. Pilihan ini terletak di sudut kiri atas layar aplikasi edit foto untuk iPhone ini. Pilihan ini hanya terlihat ketika tombol "Effects" disorot. Tekan untuk memunculkan pilihan Anda. Disini Anda dapat menyesuaikan ketebalan batas antar foto Anda, pilih batas hitam atau putih, atau bermain-main dengan slider RGB untuk membuat warna Anda sendiri.

Pengembang, Peak system, juga telah membaca keinginan pengguna iPhone yang aktif di dunia maya. Oleh seba itu, Aplikasi edit foto untuk iphone ini juga selalu terkoneksi dengan jejaring social, facebook, tweeter bahkan instagram. Anda dapat langsung membagi foto yang telah Anda edit di Diptic secara langsung ke teman – teman Anda.

Kesimpulan dan Download:

Diptic merupakan sebuah aplikasi edit foto untuk iphone dikembangkan oleh Peak Systems. Aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan dalam hal edit foto di iphone, meski dari segi peralatan edit yang ditawarkan tidak sebanyak aplikasi edit foto lain, Aplikasi ini pada dasarnya lebih mengutamakan fitur penggabungan gambar atau foto. Dalam aplikasi berbayar ini, Anda akan menemukan berbagai layouts menarik dan bingkai – bingkai unik. Anda dapat menggabungkan tidak hanya 2 foto tapi hingga 4 atau 5 foto. Satu hal yang cukup membantu ialah Anda dapat memasang atau meng-upload langsung hasil edit foto Anda ke Instagram. Anda bisa mendownloadnya di sini. [ARS]