Paseban Web Version

Cara Mencetak Foto Besar di Kertas Ukuran Kecil Dengan Bantuan MS Paint

Friday, 31 May 2013 22:30
Cara Mencetak Foto Besar di Kertas Ukuran Kecil Dengan Bantuan MS Paint

Kadang-kadang kita sering diharuskan untuk mencetak gambar dengan ukuran yang besar. Padahal cara mencetak foto dengan ukuran yang besar seringkali membuat Anda merasa kerepotan, apalagi printer yang berada di pasaran untuk small-office juga hanya menawarkan pencetakan untuk ukuran maksimal A4 atau mungkin A3 saja. Sementara itu, jika Anda perlu mencetak gambar yang besar untuk tugas-tugas tertentu, mau tidak mau Anda tentu harus mencari layanan percetakan yang dapat membantu. Beberapa waktu lalu, Paseban mencoba untuk mencetak sebuah diagram dengan ukuran cukup panjang sekitar 1 meter. Untuk mendapatkan cetakan yang diinginkan, meminta bantuan di tempat digital mungkin dapat membantu tetapi jika Anda mencetak dengan bantuan suatu layanan, Anda tentu harus mengeluarkan uang lebih.

Jika gambar yang ingin dicetak tidak terlalu penting dan mungkin hanya akan dicorat-coret, sayang sekali jika harus menggunakan jasa cetak digital karena Anda sebenarnya bisa melakukan cara mencetak foto sendiri. Hanya dengan menggunakan printer A4, Anda dapat mencetak gambar berukuran besar dengan menggunakan beberapa kertas A4 dan menggabungkannya menjadi satu gambar.

Saat ini sudah banyak tool yang dapat membantu mempermudah cara mencetak foto berukuran besar seperti Posteriza, Posterazor, PosterIt, dan Blockposter. Namun, fiturnya kurang begitu memuaskan. Pada kenyataannya, Anda tidak memerlukan tool itu semua karena hanya dengan bermodal MS Paint yang sudah terinstall di komputer, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencetak gambar besar melalui bantuan MS Paint.

Buka MS Paint

Untuk mencetak gambar dari MS Paint, pertama-tama Anda harus membuka program MS Paint terlebih dahulu dari perangkat atau PC. Anda bisa membukanya dari tombol Start Windows dan Anda akan menemukan sederet menu, salah satunya adalah MS Paint.

Pilih Gambar yang Ingin Dicetak

Setelah MS Paint terbuka, selanjutnya adalah membuka gambar yang akan Anda cetak. Caranya, klik pada Menu yang ada di bagian atas kemudian pilih Open. Anda akan melihat sederet file milik Anda sendiri. Setelah itu, temukan gambar yang akan dicetak pada deretan file di komputer Anda dan kemudian buka gambar tersebut di halaman.

Atur Pencetakan

Setelah gambar yang akan dicetak sudah terbuka di MS Paint, ini saatnya bagi Anda untuk mulai mengatur pencetakan gambar sesuai dengan kebutuhan. Untuk  cara mencetak foto tersebut, klik pada Menu > Print > Page Setup. Di Page Setup, Anda akan menjumpai pengaturan-pengaturan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pencetakan Anda.

Sesuaikan Pencetakan Pada Banyak Kertas

Setelah kotak dialog terbuka, cara mencetak foto selanjutnya adalah menyesuaikan pencetakan Anda terhadap banyak kertas yang diperlukan pada bagian menu ‘Scaling’. Setelah itu, isikan opsi “Fit to” untuk menyesuaikan dengan ukuran gambar yang akan Anda cetak. Jika gambar yang akan dicetak memanjang secara horizontal, pada field pertama isi dengan nilai yang besar. Namun, jika gambar yang akan dicetak memanjang secara vertikal, field kedua diisi dengan nilai yang lebih besar. Selain mengatur ukuran, pada kotak dialog ini Anda juga dapat mengatur tentang orientasi kertas, centering, dan margin.

Cetak Gambar

Ini adalah tahap terakhir dalam cara mencetak foto. Setelah semuanya diatur sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat langsung mencetak gambar tersebut melalui Menu > Print. Kemudian, pilih printer yang statusnya sedang aktif atau terhubung dengan komputer yang digunakan. Setelah itu, klik Ok maka printer Anda akan secara otomatis mencetak gambar tersebut menjadi beberapa lembar A4. Setelah pencetakan selesai, Anda bisa mulai menggabung-gabungkan kertas tersebut untuk dijadikan sebagai satu gambar.

Dengan cara di atas, ternyata mencetak gambar berukuran besar sangatlah mudah. Anda juga menggunakan tool yang sebagian besar telah dilupakan keberadaannya seperti Illustrator, Photoshop, dan software-software grafis lainnya. Jika Anda merasa kurang puas dengan hasil MS Paint ini, Anda dapat mencoba tool lain yang merupakan buatan Anda.