Paseban Web Version

Cara Menggunakan Ashampoo Burning Studio dengan Mudah

Friday, 15 June 2012 16:00
Cara Menggunakan Ashampoo Burning Studio dengan Mudah

Bagi Anda yang sering mem-backup data-data maupun musik mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini yaitu Ashampoo Burning Studio. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, Ashampoo Burning Studio adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membakar (burn) file ke dalam CD, DVD maupun Blue-ray. Aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat desain cover untuk CD maupun DVD agar menjadi lebih menarik.

Sebelum Anda menginstall aplikasi ini ada baiknya Anda memperhatikan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak untuk dapat menginstall aplikasi Ashampoo pada komputer maupun Notebook Anda berikut ini.

  • Sistem Operasi: Windows® XP, Windows Vista®Windows®7.

  • Komputer dengan resolusi layar minimum 800 x 600 dengan memori VGA minimal 1 MB serta 16-bit High color.

  • CD/DVD/BD-Writer.

  • CPU 1200 MHz (atau versi di atasnya) x86/X64 CPU, 3000 MHz direkomendasikan untuk membakar file video kedalam keping cakram dan juga Slideshow Disc.

  • RAM and disk space 1024MB RAM (2GB untuk Blu-ray Video), Hard Disk Space 380MB, tambahan space yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi berjenis gambar dan juga Blue-ray ke dalam temporary files (5GB direkomendasikan, 50-100GB untuk Blu-ray Video). Untuk dapat menjalankan aplikasi ini dengan baik, minimum RAM 1GB atau lebih banyak.

  • Windows Media Player 9 atau versi di atasnya.

  • DirectX 9.0c dibutuhkan untuk GPU acceleration. Agar dapat menjalankan LightScribe dibutuhkan LightScribe System Software 1.17.90.1 dan juga Microsoft .NET Framework 4.0

Nah, jika komputer Anda sudah memenuhi persyaratan minimal di atas, saatnya untuk mengunduh file installer dari Ashampoo Burning Studio yang berukuran sekitar 176MB di sini. Lalu klik tombol Free to try untuk mencoba terlebih dahulu selama 30 hari, namun jika Anda sudah yakin ingin membelinya Anda bisa langsung membelinya di situs tersebut dengan harga US$49,99 atau sekitar Rp 450.000.

Jika Anda sudah mempunyai dan mengunduh file installernya, install Ashampoo di komputer atau Notebook Anda , ikuti petunjuknya. Setelah selesai diinstall , jalankan aplikasi Ashampoo. Dan berikut ini adalah fitur-fitur yang ada pada Ashampoo yang mungkin tidak Anda ketahui dan jarang dimanfaatkan:

  • Burn Files & Folder, Anda bisa menjelajahi harddisk drive Anda, serta membaca perangkat penyimpanan lainnya seperti data dari kamera digital atau smartphone, bahkan Anda bisa mengakses akun menggunakan jejaring sosial Anda atau layanan online lainnya. Jika Anda ingin menyimpan data di CD/ DVD dengan berbagai jenis tipe file seperti file gambar, dokumet, program dan lainnya, Anda bisa menggunakan fitur ini.

  • Backup & Restore Files And Folders, dengan menggunakan fitur ini data Anda akan di-backup menggunakan metode penyimpanan enkripsi data.

  • Burn or Rip Music, Anda dapat menyalin file musik, yang memiliki format berbeda (misalnya MP3 atau WMA), dari CD asli dan membakarnya (burn) ke dalam CD audio atau MP3, WMA dan menjadikannya sebagai koleksi musik CD, DVD atau Blu-ray Disc.

  • Burn Movies, memungkinkan Anda untuk membuat cakram video dari sumber daya yang berbeda dan format, misalnya dari Blu-ray Disc, CD, DVD. Ashampoo membuatnya mudah untuk membuat DVD atau Blu-ray dengan menu individu tanpa harus kehilangan dari format aslinya. Selain itu Anda juga bisa membuat cakram slideshow dengan foto dan video pada fitur ini.

  • Copy a CD/DVD/Blu-ray Disc, fitur ini berguna untuk menyalin file film dari CD/DVD/Blue-ray yang asli.

  • Create/Burn/Browse Disc Images, membuat dan membakar file gambar ke cakram penyimpanan (CD/DVD/Blu-Ray). Dengan Ashampoo Anda tidak hanya akan membuat dan membakar gambar disk, tetapi juga dapat menelusuri file bertipe disk images seperti file ISO dan mengekstrak isi dari file ISO tersebut.

  • Advanced Functions, Anda dapat membuat salinan serta memodifikasi atau memperbaharui dari disk yang ada dan membakar semua jenis disk dengan kontrol penuh dari berbagai pilihan konfigurasi yang berbeda-beda.

  • Erase Re-Write CD/DVD or Update Disc, menghapus disc rewriteable dengan sangat cepat dan mudah.

  • Print and Design: Cover, Label, Booklet, editor untuk sampul dan stiker. Editor fitur lengkap untuk mencetak label atau langsung ke cakram dicetak. Fungsi ini juga menyediakan beberapa tema untuk merancang tata letak Anda sendiri.

Jika Anda ingin menggunakan Ashampoo Burning namun tidak memiliki uang untuk membelinya, Ashampoo juga menyediakan versi gratisnya namun ada beberapa fitur yang disebutkan di atas telah dihilangkan. [AG]