Sejarah, Pengertian, dan Cara mengaktifkan Bluetooth

Saturday, 09 June 2012 12:00
Sejarah, Pengertian, dan Cara mengaktifkan Bluetooth

Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifikasi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host Bluetooth dengan jarak terbatas. Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. (Wikipedia: id.wikipedia.org/wiki/Bluetooth)

Teknologi wireless Bluetooth adalah komunikasi yang menghubungkan antara pengguna antara satu sama lainnya di rumah, kantor, tempat umum, dan dimanapun juga. Bluetooth benar-benar bermanfaat dan sangat mudah pemakaiannya. Menurut catatan dari situs resmi www.Bluetooth.com tahun 2012 komunikasi Bluetooth telah terpasang pada berbagai perangkat elektronik sebanyak 5 milyar produk. Dan aplikasi Bluetooth digunakan 50 juta kali setiap harinya dan 50 koneksi setiap detiknya.

Pengertian Bluetooth

Awal diciptakan teknologi Bluetooth ini untuk memudahkan antar muka setiap perangkat komunikasi dan elektronika tanpa menggunakan kabel yang ribet. Pada prinsipnya Bluetooth bekerja pada signal radio yang lebih tinggi daripada signal radio komunikasi biasa.

Awal mula dari Bluetooth adalah sebagai teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host Bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter). Bluetooth berupa card yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer lebih rendah dari card untuk Wireless Local Area Network (WLAN).
Pembentukan Bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan besar Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi Bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi Bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi Bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15) (Wikipedia: id.wikipedia.org/wiki/Bluetooth)

Cara mengaktifkan Bluetooth di Komputer Desktop

Setelah anda tahu apa itu Bluetooth dan cara kerjanya, saatnya Paseban mengupas Cara mengaktifkan Bluetooth pada handphone Nokia.

• Hidupkan perangkat Bluetooth anda seperti dari handphone, printer, dan sebagainya.

• Hubungkan perangkat Blutooth di computer hingga selesai terinstall driver di Windows 7 anda.

• Akan muncul Logo Bluetooth blth , berarti koneksi Bluetooth telah siap digunakan

• Klik kanan pada icon Bluetooth >> klik Add Devices hingga muncul taskbar searching for device…….

• Jika berhasil akan muncul nama dan jenis perangkat tersebut, kemudian teruskan ikuti saja instruksi petunjuk proses instalasi perangkat dengan computer. Selesai.

Cara Mengirim dan Menerima Media via Bluetooth

  1. Mengirim via Bluetooth PC to Device
  • Setelah perangkat saling terhubung, klik kanan icon Bluetooth >> pilih send files >> tentukan perangkat yang akan dikirim.

  • Pada pilihan browser anda tentukan file yang akan dikirim

  • Tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai

Kelemahan cara seperti ini anda harus transfer secara berulang-ulang satu persatu, tidak bisa proses drag n drop.

  1. Menerima via Bluetooth Device to PC
  • Pilih media yang akan dikirim via Bluetooth dari perangkat mobile anda

  • Pilih kirim/ send.

  • Klik kanan pada icon Bluetooth >> Receive Files.

  • Tunggu beberapa saat hingga proses transfer selesai.

Cara Koneksi Interface Nokia PCSuite

Langkah setting berikut ini, bahwa Paseban asumsikan computer pribadi anda telah siap terinstall oleh Nokia PCSuite, kami sarankan gunakan PCSuite versi terbaru. Kami tidak akan membahas cara-cara instalasinya.

• Hubungkan antara dua perangkat tersebut seperti langkah-langkah Cara mengaktifkan Bluetooth seperti di atas.

• Buka Program Nokia PCSuite .

• Pilih tabs Settings >> Manage Connection.

• Pilih Bluetooth Connection.

• Tunggu beberapa saat hingga muncul tombol Finish/complete.

• Klik OK dan icon Nokia PCSuite berubah dari posisi OFF off menjadi ON on

• Kemudian anda coba membuka File Manager , klik kanan icon Nokia PCSuite >> Pilih File Manager

• Jika halaman explorer muncul dan menampilkan isi dari data handphone anda. Berarti proses koneksi telah selesai, jika masih belum, perlu dicek ulang tiap-tiap perangkatnya dan ulangi proses koneksi ini hingga selesai.