Sejarah Revolusi Industri dan Dampak kemajuan teknologi

Saturday, 09 June 2012 10:00
Sejarah Revolusi Industri dan Dampak kemajuan teknologi

Teknologi tidak lepas dari kehidupan manusia dalam segala bidang. Semenjak manusia memijak bumi, dimulai jaman prasejarah, manusia telah menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaannya meskipun terkadang peralatan yang sangat sederhana sekali.

Dalam berburu manusia primitif mencari teknologi yang ampuh untuk menangkap hewan buruan sebagai makanan, bercocok tanam mereka juga menggunakan peralatan tongkat untuk menanam benih, begitu teknologi dalam memasak, kendaraan, alat angkut.

Inilah cikal bakal perkembangan teknologi yang hingga sekarang sudah banyak ditemukan benda-benda prasejarah ditemukan oleh para ahli arkeologi.

Setiap peralatan yang digunakan di satu jaman, kemudian akan disempurnakan pada jaman berikutnya hingga hari ini. Kita semua tidak akan menemukan sebuah pesawat jet seperti sekarang seandainya Wright bersaudara tidak mengembangkan teknologi terbang di abad pertengahan, yang kebanyakan orang waktu itu bermimpi untuk terbang. Mobil tidak akan melaju kencang jika Henry Ford tidak menciptakan mesin bahan bakar minyak dikembangkan dari mesin tenaga uap, dan masih banyak contoh lainnya dari dampak kemajuan teknologi.

Teknologi semakin memuncak perkembangannya ketika pecah Perang Dunia I mulai, masing-masing negara berlomba menemukan teknologi terbaru untuk mencari peralatan militer yang berdampak juga pada teknologi sipil.

Pesawat terbang telah berevolusi dari pesawat sederhana menjadi pesawat pembunuh yang dilengkapi berbagai macam senjata mematikan, kapal laut dirancang sedemikian rupa untuk bisa menghancurkan dari laut akhirnya ditemukanlah logam-logam yang ringan dan kuat.

Berlanjut pada Perang Dunia II, semakin lama peralatan dan teknologi semakin canggih tak tertandingi, "peserta” Perang Dunia seakan dipacu berlomba menemukan teknologi terbaru.
Perang Dunia telah usai berganti perang dingin yang berdampak sangat baik untuk kemajuan teknologi kedepannya. Berbagai penemuan-penemuan yang awal mulanya untuk kepentingan militer bertujuan saling memata-matai dan menyerang lawan antara blok barat dan blok timur, kini teknologi tersebut digunakan untuk kepentingan umum.

Revolusi industri

Disinilah revolusi industry teknologi sebenarnya dimulai seperti roket untuk mengorbitkan satelit, radio komunikasi, pesawat televise, telepon seluler, system komputer, Internet, teknologi informasi lainnya. Tahun 80-an abad yang lalu pertama kali komputer pribadi dikenalkan dan diperjualkan oleh Pabrikan Komputer Raksasa IBM untuk kalangan umum.

Yang paling lucu dan menghebohkan dunia komputer dan saat itu pula lah komputer benar-benar merambah bak jamur di musim hujan, tahun 1997 ketika Super Komputer Deep Blue mengalahkan Pecatur Dunia yang sangat terkenal Kasparov. Berbagai kesulitan dengan mudah ditangani dengan adanya sebuah komputer, seorang sekretaris tidak lagi repot dan susah-susah menulis, membuat laporan, seorang karyawan gudang tidak perlu lagi repot mengatur stok produk di gudang, dengan cepat seketika itu laporan akan muncul dengan segera.

Terlebih lagi dengan adanya internet dengan mudahnya saling berkomunikasi satu sama lainnya, di seluruh dunia terhubung meskipun dipisahkan benua dan lautan. Pada mulanya internet hanya bersifat satu arah pembaca hanya bisa melihat saja apa yang disajikan oleh pemilik website, lambat laun hal seperti ini tidak lagi semenjak munculnya versi web terbaru yang dikenal dengan WEB 2.0. Pembaca tidak saja bisa membaca tetapi mereka juga bisa berkomentar memberikan ungkapan tentang materi di website tersebut, selain itu web 2.0 (social media) pengunjung bisa memberikan kontribusi materi website itu sendiri seperti halnya Wikipedia, YouTube, Twitter, Facebook, WordPress, BlogSpot, dan sebagainya. Dari situlah terbagilah menjadi tiga versi web social medias, social Networks, dan social bookmarking.

Karuan saja penduduk resmi internet terus meningkat dan tumbuh dari tahun ke tahun, yang berefek semakin murahnya tarif internet di negeri ini. Seorang jurnalis yang sedang membawakan berita dari seberang pulau bahkan beda Negara dengan mudahnya mereka memberikan laporan beritanya saat itu juga hanya dengan mengirim artikel, gambar, bahkan video. Kejadian paling aktual sekalipun langsung bisa disaksikan saat itu juga dengan hanya melihat internet, bahkan lebih cepat tersebar dari pada berita di televisi dan Koran sekalipun.
Itulah beberapa contoh yang sangat luar biasa akibat dampak kemajuan teknologi yang terus berkembang. "Sebuah teknologi mutakhir hari ini, bisa jadi besok pagi sudah basi” itulah sekelumit gambaran tentang pesatnya kemajuan teknologi yang biasa kita sebut Teknologi Informasi (Information Technology)

Kemajuan pesat teknologi sangat berefek baik terhadap perkembangan industry, ekonomi, social, agama, pertahanan, dan aspek ilmu pengetahuan itu sendiri. [TR]