Cara Instal Google Chrome Offline pada Komputer Anda

Sunday, 10 June 2012 13:00
Cara Instal Google Chrome Offline pada Komputer Anda

Google Chrome merupakan salah satu web browser yang paling dikenal dan paling laris diunduh selain Mozilla Firefox. Web browser yang merupakan hasil pengembangan Google ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008 yang lalu. Meskipun terbilang masih baru, namun performa dari web browser ini tidak bisa diragukan lagi. Mulai dari kecepatan hingga keamanan yang ditanamkan pada web browser ini benar-benar sangat diperhatikan, tak ayal gelar sebagai salah satu web browser terbaik pantas disematkan pada web browser yang satu ini terlebih hal ini menunjukkan bahwa Google benar-benar serius menggarap produk web browsernya ini.

Meskipun jumlah pengunduhan dari Google Chrome ini sudah mencapai angka yang tinggi, namun tidak semua pengguna dapat menginstallnya secara lancar dan tanpa hambatan. Banyak hambatan yang kemungkinan dihadapi ketika kita akan melakukan instalasi pada Google Chrome , selain tiba-tiba Anda menadapati koneksi internet melambat bisa juga karena listrik yang tib- tiba padam membuat para pengguna harus mengulanginya lagi dari awal proses instalasi tersebut dan kita juga harus mengunduhnya lagi. Proses mengunduh file instalasi dari Google Chrome tersebut juga akan terhambat bila kita benar-benar memiliki koneksi internet yang lambat.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak Google telah memberikan alternatif lain untuk menginstal Google Chrome ketika Anda tidak memiliki akses internet yang memadai atau tidak memiliki akses internet sama sekali. Cara instal Google Chrome offline ini merupakan cara yang baru dalam melakukan instalasi yang notabene harus dilakukan secara online.

Cara instal Google Chrome offline ini tak jauh berbeda dengan cara Anda melakukan instalasi Google Chrome secara online, yang berbeda hanya file yang Anda gunakan. Jika pada saat Anda melakukan instalasi secara online Anda akan menginstal lalu mengunduh, maka dengan cara offline ini Anda akan mengunduh file yang akan Anda instal lalu baru Anda lakukan instalasi. File yang digunakan pada instalasi Google Chrome secara offline ini termasuk stand alone. Tidak hanya para pengguna offline saja yang bisa mengunduh file ini, namun bagi Anda yang selalu menggunakan akses internet pun bisa menyimpan file Google Chrome yang bisa Anda instal secara offline untuk berjaga-jaga jika hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pada ulasan kali ini Paseban akan menjelaskan bagaimana cra menginstal Google Chrome secara offline atau tanpa harus ada koneksi internet terlebih dahulu dengan mengikuti langkah langkah berikut:

  1. Langkah pertama untuk menginstal Google Chrome secara offline, Anda pun tetap harus mengunduh file dari Google Chrome untuk selanjutnya bisa Anda install tanpa menggunakan koneksi internet. Namun file yang Anda unduh di sini merupakan file yang bersifat stand alone. Untuk mengunduh file dari Google Chrome tersebut, Ands bisa mengunduhnya di sini.

  2. Setelah Anda masuk ke dalam alamat tersebut, Anda bisa memberikan atau tidak memberikan centang pada pilihan Setel Google Chrome sebagai peramban bawaan saya. Setelah itu Anda klik tombol ‘Setujui, lalu instal.

  3. Tunggu proses pengunduhan file tersebut selesai. File yang Anda unduh ini memiliki ukuran sebesar 26 MB.

  4. Setelah file yang Anda unduh tadi selesai, maka Anda tinggal menyimpan file tersebut ke dalam memori Anda seperti flash disk atau mungkin sebuah CD.

  5. Jika telah menyimpannya, maka langkah selanjutnya Anda tinggal melakukan melakukan instalasi dengan cara klik dua kali pada file Chrome.exe yang telah Anda unduh tadi, dan Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang ditampilkan pada proses instalasi tersebut. Proses instalasi akan memakan waktu beberapa menit.

  6. Setelah selesai melakukan instalasi, tutup jendela instalasi, dan buka web browser Google Chrome yang tadi Anda instal secara offline dan bisa Anda coba untuk membuka sebuah situs dan Anda kini bisa berselancar menggunakan Google Chrome yang Anda instal secara offline tadi.

[PY]