Paseban Web Version

Whos On My WiFi - Aplikasi Untuk Deteksi Berbagai Koneksi Wi-Fi Yang Terhubung

Wednesday, 14 August 2013 19:30
Whos On My WiFi - Aplikasi Untuk Deteksi Berbagai Koneksi Wi-Fi Yang Terhubung

Apakah Anda memiliki jaringan WiFi? Anda harus waspada terhadap berbagai kemungkinan ancaman komputer/perangkat lain ikut terkoneksi adapun terhubung kedalam koneksi WiFi  tanpa sepengetahuan Anda. Lalu apa kerugiannya jika ada perangkat/komputer lain yang terhubung ke dalam jaringan wifi tanpa seperngathuan dan seizin Anda? Jika itu terjadi maka jatah bandwidth/kuota internet akan berkurang dan akhirnya akses data menjadi lemot.

Seperti kita ketahui bahwa sekarang ini banyak perangkat komputer maupun smartphone yang memiliki fitur pencarian sinyal Wi-Fi sehingga pemiliknya dengan mudah dapat menemukan area hotspot. Jika mereka berdekatan dengan koneksi WiFi milik Anda kemudian ikut bergabung dalam network tanpa sepengetahuan, tentunya hal tersebut akan merugikan. Sebenarnya Anda dapat melihat perangkat atau siapa saja yang terhubung dalam jaringan WiFi melalui command prompt . Namun, hal tersebut hanya dapat melihat saja dan tidak dapat berbuat banyak untuk memblokir.

Nah, kali ini Paseban akan coba mengulas mengenai salah satu aplikasi keamanan wifi yang memiliki kemampuan untuk melihat komputer dan juga perangkat lainnya dalam jaringan WiFi dan sekaligus bisa memblokir mereka, aplikasi tersebut bernama  "Who Is On My WiFi". Aplikasi ini menawarkan  kemampuan untuk melakukan proses scanning pada semua perangkat dan komputer yang terhubung dengan jaringan  Wi-Fi. Aplikasi Who Is On My WiFi adalah aplikasi perangkat lunak yang berukuran kecil namun sangat ampuh dalam memantau dan memproteksi jaringan WiFi pribadi  Who Is On My Wifi adalah aplikasi yang sangat penting jika Anda mempunyai jaringan wifi, ada baiknya Anda mengetahui komputer mana saja yang terhubung. Hal ini untuk mengetahui adanya penyusup yang mungkin saja berniat buruk, jadi Anda dapat mengetahuinya dan memblokir pengguna tersebut. Selain itu, masih banyak fitur lain yang bisa digunakan.

Melakukan Blocking Auto Detection Dari Wireless Router

Aplikasi keamanan wifi ini dapat dipergunakan untuk memantau dan juga mendeteksi sebuah gateway pada komputer, yang biasanya ada pada Wireless Router milik mereka, selain itu aplikasi ini  memungkinkan untuk me-blokir perangkat orang lain agar tidak dapat memakai koneksi wifi yangn sedang Anda pergunakan secara otomatis, Whos On My WiFi juga akan menampilkan detail perangkat yang menggunakan layanan WiFi Anda tersebut yang dapat memberikan informasi tambahan dan melakukan proses scan WiFi

Makaksimal Pemblokiran Perangkat Maupun Jaringan

Seperti kebanyakan orang ketahui, untuk sebuah alasan teknologi, memblokir beberapa perangkat akan mendegradasi setiap blok. Misalnya ketika memblokir penyusup tunggal dari sebuah perangkat lunak maka akan mengurangi tingkat keccepatan jaringan internet yang sedang dipergunakan. Maka dari itu aplikasi ini hanya akan membatasi hanya 3 perangkat dalam satu kali proses pemblokiran namun perlu Anda ketahui bahwa Anda masih dapat melakuka pemblokiran perangkat/jaringan  antara lima dan enam perangkat yanng berbeda.

Anda dapat mencoba aplikasi Whos On My WiFi selama 30 hari, baik dalam versi Home, Proffesional, dan Ultimate namun  setelah masa tenggang tersebut maka Anda harus membeli lisensi resminya seharga $39.95 di sini, agar aplikasi keamanan wifi ini dapat berjalan dan juga dapat Anda dipergunakan kembali. Adapaun cara menggunakan aplikasi Whos On My Wifi adalah sebagai berikut:

Cara melakukan scanning perangkat/jaringan menggunakan Whos On My WiFi :

  • Silahkan klik tombol Scan Now, kemudian aplikasi akan memunculkan dan menampilkan terlihat daftar beberapa komputer yang terhubung.
     
  • Maka tentunya Anda bisa mengenali komputer,laptop, perangkat Anda sendiri atau yang dikenal berdasarka dari Computer Name ataupun berdasarkan dari IP Address.
     
  • Sialhkan rubah status komputer yang dikenali dari status “UNKOWN” menjadi status  “KNOWN”.
     
  • Lalu klik tombol Save.

Cara melakukan blok perangkat/jaringan menggunakan Whos On My WiFi :

  • Centang (checklist) pada komputer/jaringan yang tidak dikenali.
     
  • Klik tombol Yes pada jendela “Block” yang akan muncul.
     
  • Jika Anda ingin menghapus ”Block”, silahkan hilangkan tanda centang tersebut.

Nah bagaimana tertarik mencoba salah satu aplikasi keamanan wifi ini? [AG]