Kenali Karakter Anda dengan Aplikasi Tes Kepribadian di Handphone Android

Friday, 01 June 2012 19:00
Kenali Karakter Anda dengan Aplikasi Tes Kepribadian di Handphone Android

Setiap orang pasti memiliki macam-macam karakteristik pribadi yang berbeda bahkan bagi anak kembar sekalipun pasti memiliki sedikit perbedaan dalam hal sifat kepribadian. Permasalahannya adalah apakah Anda benar-benar memahami pribadi Anda sendiri? Seringkali Anda hanya mengetahuinya berdasarkan pendapat dari orang-orang yang mengenal Anda lalu Anda membandingkan pendapat tersebut dengan pemikiran sendiri mengenai sifat pribadi Anda.

Sekarang ini tes kepribadian telah banyak diterapkan tidak hanya oleh perusahaan-perusahaan yang ingin merekrut pegawainya bahkan banyak sekolah-sekolah yang telah menerapkan tes semacam ini untuk mengetahui potensi-potensi dari anak didiknya. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh seperti apa kepribadian Anda sebenarnya, Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi tes kepribadian yang dapat memberikan deskripsi mengenai karakter Anda sesungguhnya, berikut ulasannya:

Know Yourself Personality Test

Tes kepribadian tidak hanya digunakan sebatas untuk mengetahui sifat pribadi Anda tetapi juga digunakan agar Anda dapat mengembangkan pribadi Anda menjadi lebih baik. Aplikasi dari Excel At Life ini dikembangkan berdasarkan penelitian di bidang psikologi kepribadian dan didukung pula oleh psikolog. Dengan aplikasi tes kepribadian ini diharapkan Anda dapat membantu diri Anda sendiri untuk mengenal kepribadian Anda dan melakukan penilaian terhadap diri Anda sendiri. Know Yourself Personality Test memiliki beberapa macam fitur yang dapat Anda coba:

  • How Compatible Is Your Relationship? Pada tes ini Anda bisa mencoba menilai seberapa cocokkah Anda dengan pasangan Anda atau bisa juga denga teman Anda untuk menilai tingkat kecocokan masing-masing. Tujuannya agar baik Anda maupun pasangan/ teman Anda bisa saling mendiskusikan dan menganalisa hubungan yang sedang dijalani.

  • Do You Really Know Yourself? Sesuai dengan namanya, tes ini bertujuan untuk mengenal pribadi Anda lebih jauh. Anda bisa meminta teman Anda untuk mengikuti tes tersebut untuk member penilaian terhadap pribadi Anda kemudian Anda bisa membandingkan hasil analisa Anda dan teman Anda. Namun Anda juga harus siap jika nantinya ada beberapa hal yang sebenarnya Anda tidak ingin mengetahuinya.

  • How Do You Compare to Friends? Jika teman Anda juga menginstall aplikasi ini di Android-nya, Anda bisa membandingkan hasil analisa pribadi Anda dan analisa pribadi teman Anda tersebut.

  • What Is Your Ideal Self? Tentunya sebagai sebuah pribadi ada beberapa sifat-sifat ideal yang diharapkan ada dalam diri sendiri namun terkadang tipe ideal Anda jauh dari kenyataan pribadi Anda. Melalui aplikasi ini Anda bisa membandingkan tipe ideal pribadi Anda dengan sifat pribadi Anda yang sesungguhnya sehingga Anda bisa menilai sifat-sifat apa yang harus diubah untuk mencapai tipe ideal tersebut.

Secara garis besar, Know Yourself Personality Test memiliki 30 macam tes termasuk 88 karakteristik pribadi seseorang. Tes tersebut antara lain mengetahui tingkat ambisius Anda, apakah Anda termasuk tipe pemimpin, apakah Anda orang yang romantis dan masih banyak lainnya. Namun perlu diperhatikan, aplikasi ini tidak memberikan diagnosis seakurat yang dilakukan oleh psikolog. Walaupun demikian tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Personality Test

Aplikasi tes kepribadian selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengenal pribadi Anda adalah Personality Test dari YourApps. Tentunya sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan tes untuk mengenal karakter Anda. Walaupun bukan tes psikologi yang sesungguhnya, beberapa penggunanya melaporkan bahwa hasilnya cukup akurat. Bagi Anda yang tidak mau ambil pusing dengan apapun hasil dari Personality Test mengenai karakter Anda, Anda juga bisa menganggapnya sebagai sebuah aplikasi hiburan saja.

Aplikasi ini memiliki 9 macam gambar yang akan ditampilkan dan Anda cukup memilih gambar mana yang Anda suka tanpa perlu berpikir terlalu keras, semakin cepat maka semakin bagus. Setelah Anda memilih gambar yang Anda suka, Anda bisa melihat hasil tes Anda. Analisanya dilihat dari sisi emosi. Psikologi dan segala yang Anda ingin ketahui mengenai karakter Anda sesungguhnya.

Tidak seperti aplikasi sebelumnya, Personality Test hanya bisa melakukan tes sebatas mengenai pribadi sesorang tentunya dengan syarat orang tersebutlah yang memilih gambar tersebut. Jika Anda melakukan tes psikologi yang sebenarnya biaya yang dikeluarkan lumayan besar, namun jika Anda ingin mendapat sedikit gambaran mengenai pribadi Anda, Anda bisa mengunduh Personality Test di Google Play secara gratis. [FJ]