Paseban Web Version

Cara Memformat Memory Card Melalui Aplikasi SD Formatter 3.0 dan Komputer

Wednesday, 30 May 2012 19:00
Cara Memformat Memory Card Melalui Aplikasi SD Formatter 3.0 dan Komputer

Kartu memori merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kita sebagai media untuk menyimpan segala macam bentuk data yang dibutuhkan. Bentuk memori card saat ini pun beragam, ada yang berbentuk micro layaknya memori card pada sebuah ponsel, ada yang berbentuk sedikit lebar seperti kartu memori pada kamera digital, bahkan ada bentuk yang lebih familiar, yakni flash disk. Ke semuanya itu merupakan barang yang jika dilihat dari ukurannya merupakan barang yang sangat sepele, namun jika kita hingga kehilangan barang sekecil ini mungkin akan menjadi masalah yang sangat besar karena data-data penting tersimpan rapi didalam kartu memori tersebut.

Tidak hanya faktor kehilangan saja yang menimbulkan data kita lenyap, namun juga terkadang kartu memori kita rusak karena faktor usia sehingga menyebabkan data hilang atau rusak, bahkan tidak bisa digunakan. Satu-satunya cara untuk mengembalikan kartu memori menjadi semula adalah dengan melakukan format pada kartu memori. Berdasarkan permasalahan tersebut, Paseban akan memberikan solusi mengenai cara memformat memory card menggunakan aplikasi khusus yakni SD Formatter 3.0.

Cara ini sedikit berbeda dengan cara memformat memory card melalui komputer biasa. Untuk mengunduh aplikasi formatting tersebut, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini. Anda tinggal memilih sistem operasi yang saat ini digunakan, unduh dan simpan aplikasi ini. Setelah Anda menginstal aplikasi ini, jalankan aplikasinya. Nantinya Anda akan menemukan jendela yang berisikan pengaturan beserta pilihan untuk melakukan formatting. Dan pastikan kartu memori Anda terpasang.

Setelah dirasa siap untuk melakukan formatting, langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah mengklik tombol format pada bagian bawah, tunggu proses format hingga selesai, biasanya tidak memakan waktu yang lama, lalu setelah selesai melakukan format, cabut kartu memori Anda dan kini memori Anda telah siap digunakan kembali.

Ada beberapa alasan yang mendasari mengapa harus menggunakan aplikasi ini untuk melakukan format pada kartu memori yang alasannya antara lain:

  • SD Formatter secara khusus didesain untuk SD/SDHC/SDXC memory card sedangkan format utility bawaan sistem operasi dibuat untuk memformat berbagai macam tipe media penyimpanan.

  • Memformat SD/SDHC/SDXC memory card menggunakan SD formatter akan menghasilkan performa memori yang lebih baik terutama di sisi kecepatan akses dan keawetan memori.

  • Setiap SD/SDHC/SDXC memory card selalu memiliki protected area yang merupakan area terlindungi dan tidak boleh diformat. SD Formatter tidak akan memformat area ini sedangkan format utility standar bawaan sistem operasi akan memformat area ini.

Namun Anda juga bisa melakukan format dengan menggunakan komputer jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi. Berikut langkah-langkah melakukan format dengan menggunakakn komputer:

  • Hubungkan kartu memori atau flashdisk ke komputer.

  • Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Explorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, kemudian pilih menu Format.

  • Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTFS), pastikan untuk memilih sistem format file FAT.

  • Klik tombol Format Now dan tunggu hingga selesai.

Jika muncul pesan error kemudian PC tidak bisa memformat lagi meskipun sudah dicoba berulang-ulang, maka Anda bisa menggunakan cara lainnya yaitu format melalui Command Line dengan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Tekan icon WIN+ R, kemudian ketik CMD lalu tekan Enter. Kemudian akan muncul jendela Command pada mode DOS prompt.

  • Selanjutnya ketik FORMAT E:/FS:FAT (E=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive F, maka tulis F). Tunggu hingga selesai.

Jika cara ini tidak berhasil juga, maka kerusakan kemungkinan terjadi pada kondisi fisik kartu memori Anda, dan sebaiknya Anda menggantinya dengan kartu yang baru. [PY]