Paseban Web Version

Adu Dua Tablet PC Android WiFi : Axioo PicoPad 7 Vs IMO Tab Neo X3

Wednesday, 30 May 2012 12:00
Adu Dua Tablet PC Android WiFi : Axioo PicoPad 7 Vs IMO Tab Neo X3

Sebuah perangkat tablet PC dengan sistem operasi Android memang sangat membantu kinerja, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan tinggi dan senantiasa mobile. Dengan keberadaan sebuah tablet PC, maka Anda dapat mengerjakan tugas, baik tugas kantor ataupun tugas lainnya di sela - sela kegiatan lain.

Dari sekian banyak pilihan tablet PC Android di pasaran, terdapat opsi tablet PC Android WiFi. Anda memang bisa membeli sebuah tablet PC Android yang mendukung slot SIM card plus WiFi. Namun, sebagai opsi alternatif, Tablet PC Android WiFi memberikan harga yang lebih murah.

Pada kesempatan ini, Paseban mencoba untuk membandingkan dua tablet PC Android yang menawarkan fitur WiFi, yakni IMO Tab Neo X3 dan Axioo PicoPad 7. Akan cukup menarik melihat perbandingan dari kedua tablet ini. Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut.

Desain

Dari segi desain, tablet PC Android WiFi dari IMO, tampil dengan ukuran panjang 198.5 mm, lebar 127 mm serta ketebalan 16.8 mm. Di lain pihak, Axioo PicoPad datang dengan dimensi yang lebih mungil. Tablet ini memiliki panjang 192 mm, lebar 122 mm serta ketebalan 11 mm.

Layar

Pada bagian layar, IMO Tab Neo X3 datang dengan layar berukuran 7 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel. Layar sentuh resistif ini dilengkapi dengan teknologi 4 Dimensional Gravity Sensing. Sementara itu tablet Axioo PicoPad menawarkan layar sentuh kapasitif dengan resolusi 800 x 480. Tablet ini dilengkapi dengan sensor accelerometer untuk UI rotate.

Performa

Meskipun IMO Tab Neo X3 merupakan sebuah tablet Android dengan fitur WiFi yang baru saja diluncurkan pada 2012, bukan berarti tablet ini adalah tablet yang mutakhir. Bahkan bisa dibilang tablet ini adalah tablet yang cukup ketinggalan zaman. Bagaimana tidak, di kala tablet lain berlomba - lomba memakai Android Ice Cream Sandwich 4.0, tablet ini hanya menggunakan OS Android Frozen Yogurt 2.2.

Nilai minus dari tablet ini tak hanya berhenti sampai di situ. Kualitas prosesor yang dimiliki oleh tablet ini pun sama sekali tak mengalami perbaikan dibandingkan dengan pendahulunya. Dalam tablet ini, Anda hanya akan memperoleh prosesor single core WM8650 dengan kecepatan 400 MHz. Untuk mendukung kinerja prosesor ini, tablet IMO Tab Neo X3 dilengkapi dengan RAM sebesar 256 MB.

Pada bagian performa nampaknya menjadi perbedaan yang paling mencolok antara kedua tablet ini. Jika IMO Tab Neo X3 datang dengan OS Android Froyo 2.2, tidak halnya dengan Axioo PicoPad. Tablet ini menawarkan OS Android Ice Cream Sandwich 4.0 sebagai sistem operasinya. Pada bagian prosesor pun tablet ini menyuguhkan kelebihan dibanding IMO Tab Neo X3. Di dalam tablet ini, Anda bisa menemukan prosesor single core dengan kecepatan 1.2 GHz yang dibarengi dengan GPU Mali - 400 dan RAM sebesar 512 MB.

Kamera

Pada bagian kamera, IMO Tab Neo X3 hanya menyuguhkan kamera tunggal yang terletak di bagian belakang. Kualitas kamera ini pun bisa dibilang buruk, yakni kamera VGA. Untuk kamera, tablet Axioo PicoPad 7 menghadirkan kualitas kamera yang tak terlampau cukup jauh. Tablet ini hadir dengan kamera 0.3 MP.

Baterai dan Memori

Untuk kepentingan penyimpanan data, IMO Tab Neo X3 datang dengan memori internal sebesar 2 GB. Sebagai tambahan, Anda bisa memperoleh kapasitas penyimpanan hingga 32 GB dengan memakai slot microSD. Sedangkan pada bagian baterai, terdapat baterai Li-Ion dengan kapasitas 1450 mAh.

Untuk kualitas baterai, Axioo PicoPad 7 memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Tablet ini memberikan Anda baterai Li-Po dengan kapasitas 3200 mAh. Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, terdapat memori internal sebesar 4 GB yang bisa ditambah dengan memakai microSD hingga 32 GB.

Kesimpulan

Dari seluruh perbandingan di atas, secara nyata Axioo PicoPad 7 lebih menawarkan banyak kelebihan dibanding IMO Tab Neo X3. Begitu pula dari segi harga. Jika IMO Tab Neo X3 dibanderol sekitar Rp 600 ribuan, maka Axioo PicoPad 7 memiliki harga dua kali lipat, yakni sekitar 1.2 juta rupiah. Tak heran jika kualitas kedua tablet ini berbeda cukup jauh. [MI]