Ayo Intip Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Dibandingkan dengan Amazon Kindle Fire

Saturday, 26 May 2012 16:00
Ayo Intip Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 Dibandingkan dengan Amazon Kindle Fire

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 memang produk yang bisa dikatakan sebagai produk membanggakan. Tablet terbaru dari Samsung ini hadir dengan fitur yang ciamik dan harga yang tak terlalu mahal. Tak heran banyak pemburu tablet di Indonesia mencari produk yang satu ini.

Namun, alangkah baiknya jika kita menilik lebih jauh perihal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 ini. Tentu sebagai sebuah produk elektronik, terdapat kelebihan dan kekurang Samsung Galaxy Tab 2 7.0 bila dibandingkan dengan produk lain.

Mencari perbandingan dari tablet ini di pasaran Indonesia, bisa dibilang sangat sulit. Untuk itu, untuk melihat kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 ini, alangkah baiknya jika kita menengok ke produk tablet Android terlaris di dunia pada 2011, yakni Amazon Kindle Fire.

Desain

Hal pertama yang perlu diketahui mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dibanding Amazon Kindle Fire adalah permasalahan desain. Pada poin yang satu ini, nampaknya kedua tablet Android ini memiliki nilai yang seimbang. Kindle fire memiliki dimensi yang lebih kecil, dengan dimensi 190 x 120 x 11.4 mm berbanding 193.7 x 122.4 x 10.5 mm pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Sedangkan untuk bobot, Samsung Galaxy Tab 2 7.0 memiliki berat yang lebih ringan, yakni 344 gram, sedangkan Kindle Fire memiliki berat 413 gram.

Konektivitas

Poin kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dibanding Amazon Kindle Fire adalah pada permasalahan konektivitas. Untuk perihal ini, Kindle Fire hanya mengandalkan WiFi sebagai sarana berinternet. Sedangkan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 memiliki slot SIM card yang memungkinkannya untuk mengakses internet dengan memakai jaringan EDGE, GPRS hingga 3G HSDPA dengan kecepatan hingga 21 Mbps dan HSUPA hingga 5.76 Mbps.

Untuk konektivitas data lokal pun demikian. Anda tak akan mendapati baik infrared ataupun Bluetooth pada Amazon Kindle Fire, Anda hanya memperoleh port USB. Namun, sebaliknya hal ini bisa ditemukan pada tablet Samsung plus tambahan sebuah infrared. Tak hanya itu, Tablet milik Samsung ini bisa dipakai sebagai sebuah hotspot, hal yang lagi-lagi tak dipunyai oleh Kindle Fire dari Amazon.

Fitur Telefoni

Tak hanya itu, dengan adanya slot SIM card, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 yang cukup nyata. Anda bisa melakukan panggilan layaknya ketika memakai telepon, mengirim SMS serta MMS dengan tablet ini. Banyak orang menilai bahwa hal ini dianggap sebagai kelebihan. Namun, sebagian lainnya menilai hal ini sebagai fitur yang sia-sia.

Sistem operasi Android Ice Cream Sandwich

Perbedaan yang paling nyata antara Amazon Kindle Fire dengan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 adalah pada sistem operasinya. Jika Amazon Kindle Fire tampil dengan sistem operasi Android Gingerbread, maka Samsung Galaxy Tab hadir dengan sistem operasi yang lebih canggih, yakni OS Android Ice Cream Sandwich.

Kamera

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dibandingkan dengan Amazon Kindle Fire adalah pada keberadaan dual kamera. Tablet milik Amazon tak dilengkapi hal ini. Sementara itu, Anda bisa berfoto dengan dual kamera yang dipunyai oleh Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Di bagian belakang, terdapat kamera 3.15 MP yang mampu merekam video dengan kualitas 1080 p pada 30 fps. Sedangkan di bagian depan, terdapat kamera VGA. Lagi-lagi keberadaan kamera dianggap sebagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Terlebih, umumnya kamera pada tablet tak terlalu menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Bahkan terkesan tanggung.

Memori

Kedua tablet ini memang memiliki kualitas prosesor yang sama, yakni prosesor dual core dengan kecepatan 1 GHz. Produsen dari prosesor tersebut pun sama, yakni Texas Instrument. Tak heran jika merek prosesor pada kedua tablet ini pun sama, yakni TI OMAP 4430.

Namun, kualitas yang berbeda dari kedua tablet ini adalah pada memori. Untuk RAM, Samsung Galaxy Tab 2 7.0 lebih unggul dengan RAM sebesar 1 GHz berbanding RAM 512 MB milik Kindle Fire. Sementara itu, untuk memori internal, Kindle Fire hanya datang dengan pilihan 8 GB. Sementara itu, Samsung Galaxy Tab hadir dengan tiga pilihan memori internal, dari 8 GB, 16 GB hingga 32 GB.

Hmm, secara keseluruhan, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dibandingkan dengan Kindle Fire lebih banyak nilai positifnya dibanding nilai minus. So, tak heran jika dalam beberapa waktu ke depan, Samsung Galaxy Tab 2 7.0 akan menggantikan posisi Kindle Fire sebagai tablet Android terlaris di dunia. [MI]