Oppo Find Guitar, Android Dual SIM Terjangkau Dengan Fitur Dolby Mobile dan Dirac HD

Tuesday, 28 May 2013 09:30
Oppo Find Guitar, Android Dual SIM Terjangkau Dengan Fitur Dolby Mobile dan Dirac HD

Di pasar gadget secara global telah banyak produk-produk smratphone Android dengan sistem dual sim dengan spesifikasi yang tak kalah menarik. Beberapa perusahaan asal Asia adalah contoh yang paling gencar dengan produk smartphone Android dual sim. Dan perusahaan Oppo asal Thailand baru-baru ini telah merilis  produk smartphone terbarunya dengan sistem dual sim yang bernama Oppo Find Guitar. Smartphone ini merupakan salah satu perangkat Android dual sim kelas bawah yang spesifikasinya agak mirip dengan produk sebelumnya, yakni Oppo Find Melody. Agar tidak penasaran, langsung kita simak saja gambaran spesifikasi dari produk Oppo Find Guitar ini :

Desain dan Dimensi

Desain dari ponsel Android dual sim buatan Oppo yang terbaru ini memang mirip dengan Oppo Find Melody dengan detail desain yang khas dari produk Oppo yang cukup menawan. Dengan berdimensi 116.5 × 61.8 × 11.6 mm dan berat 127 gram, Oppo Find Guitar termasuk ponsel yang agak tebal dan bukan termasuk ponsel teringan. Tetapi desain tersebut bisa dibilang cukup sepadan dengan kemampuan audionya yang bagus karena dukungan fitur Dolby Mobile dan Dirac HD Sound yang dihadirkan padanya.  

Performa

Dari segi perfoma, smartphone Android dual sim Oppo Find Guitar cukup bisa dibilang tangguh di jajaran smartphone kelas bawah. Dengan prosesor berkecepatan 1 GHz sebagai dapur picunya dan didukung pula dengan keberadaan GPU powerVR SGX531 dan RAM berkapasitas 512 MB cukup membuat ponsel Oppo ini baik dan tangguh di jajarannya.

Layar

Sementara itu dari  segi layar atau display, ponsel Android dual sim buatan oppo ini dihadirkan dengan memakai layar yang bertipe TFT LCD yang multi touch capacitive dengan resolusi 480 x 320 piksel dan ukuran 3.5 inchi. Dan layarnyapun dilengkapi dengan fitur  Ambient Light Sensor (Ambient light), Motion Sensor (Accelerometer) dan Proximity Sensor. 

Konektivitas

Kemudian dari segi konektivitas, perangkat Android dual sim Oppo Find Guitar telah mencakup jaringan EGDE dan GPRS dengan dual simnya, koneksi Satellite navigation system ( A-GPS ) yang support untuk aplikasi Google Maps™  dan Digital compas, koneksi via WiFi, bluetooth (Support for stereo headsets) , micro USB 2.0   untuk komunikasi data  antar perangkat dan port koneksi headset /Jack 3.5 mm.

Memori Penyimpanan

Seperti yang telah kita ketahui, sebuah ponsel pasti memiliki memori penyimpanan dan untuk ponsel Oppo Find Guitar ini telah dihadirkan dengan RAM 512 MB dan memori internal yang berkapasitas 4 GB  yang bisa diekspansi menjadi 32 GB melalui slot microSD.

Kamera dan Video Recorder

Untuk urusan kamera dan fitur video recorder, pihak Oppo memberi dual kamera pada ponsel Oppo Find Guitar, yakni kamera primer yang bersifat digital dengan kekuatan resolusi 5 megapiksel yang didukung pula oleh fitur Flash LED yang auto fokus dengan memiliki ketajaman pada file gambar 2560 x 1920 piksel. Sedangkan pada kamera sekunder yang berada di bagian depan body memiliki resolusi VGA 640 x 480 piksel untuk keperluan video call dan lain sebagainya. Selain itu, didukung dengan kemampuan video recorder dengan format 3GP resolusi 640 x 480 piksel juga bisa mendukung tampilan video player dan streaming dengan format MPEG 4, 3GP, dan RM serta dari aplikasi Youtube. 

Baterai dan Fitur Lain

Pihak Oppo membekali perangkat terbaru Android dual simnya ini dengan baterai berjenis Lithium ion yang berdaya 1400 mAh yang diperkirakan mampu bertahan hingga 320 jam waktu siaga. Adapun fitur lainnya yang mendukung sistem perangkat Android dual sim pabrikan Oppo ini antara lain; sistem operasi Android 2.3.6 Gingerbread, browser yang support HTML, messaging termasuk  Email dan IM, music player, radio dan lain sebagainya.

Harga dan Kesimpulan

Dari segi harga, ponsel Android dual sim Oppo Find Guitar ini dibanderol seharga 5900 Baht atau 1.9 jutaan dan hanya baru dipasarkan di negara Thailand saja. Dari ulasan spesifikasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa produk Oppo terbaru yang mengusung Android dual sim ini termasuk ponsel yang tangguh, baik kinerjanya, menarik dan harga yang cukup sepadan bila dibandingkan atau disejajarkan dengan perangkat smartphone Android lainnya yang telah ada di pasar global gadget. Hanya sayangnya cuma dipasarkan untuk negara Thailand saja. [BAM]