Perbandingan Paket BlackBerry XL dengan Paket BlackBerry Indosat

Sunday, 27 May 2012 10:00
Perbandingan Paket BlackBerry XL dengan Paket BlackBerry Indosat

Siapa yang tidak mengenal perangkat BlackBerry. BlackBerry memberikan pengalaman yang berbeda dalam berkomunikasi via ponsel, Anda bisa menggunakan fitur BlackBerry Messenger, dan Anda juga akan menerima email semudah Anda menerima SMS. Fitur berkomunikasi yang mudah ini memang sangat tepat digunakan oleh para pelaku bisnis atau orang kantoran yang memiliki jadwal yang padat.

Namun sebelum Anda dapat menggunakan fitur fitur yang disediakan oleh BlackBerry tersebut, Anda harus melakukan pendaftaran atau registrasi terhadap paket layanan BlackBerry tersebut kepada penyedia layanan BlackBerry operator langganan Anda. Di Indonesia sendiri penyedia layanan operator untuk BlackBerry dapat di temui di semua penyedia layanan operator yang memiliki tarif dan promo yang berbeda-beda. Dan di antara para penyedia layanan paket BlackBerry di seluruh Indonesia, paket layanan BlackBerry yang banyak digunakan oleh para pengguna BlackBerry adalah paket BlackBerry XL dan paket BlackBerry Indosat. Berikut ulasannya.

Fitur

Pada paket BlackBerry XL, terdapat empat pilihan paket BIS yang bisa digunakan, mulai dari Blackberry 3 in 1 Unlimited, BlackBerry Full Service, BlackBerry Gaul dan BlackBerry Bizz. Untuk BlackBerry 3 in 1 Anda akan mendapatkan fasilitas Unlimited BB, nelpon dan sms. Paket ini merupakan paket yang menawarkan fitur yang paling lengkap di antara paket yang lainnya. Untuk BlackBerry Full Service Anda akan mendapatkan BB full service sepuasnya, dan untuk BlackBerry Gaul Anda akan mendapatkan paket dengan fitur hemat chatting, social media, dan yang terakhir adalah BlackBerry Bizz di mana Anda akan mendapatkan fitur email dan chatting sepuasnya.

Sementara untuk Indosat, beberapa paket yang ditawarkan antara lain, paket BlackBerry Full Service, BlackBerry Gaul, BlackBerry Mail & Chatting, BlackBerry BES on Demand dan paket BlackBerry Matrix. Untuk paket BlackBerry Full Service, Anda akan mendapatkan fitur-fitur BlackBerry secara lengkap (seperti Yahoo, Gmail, dan email lainnya yang mendukung POP3 atau IMAP), sementara untuk paket BlackBerry Mail & Chatting merupakan paket BlackBerry On-Demand yang hanya memiliki fitur i-go WAP, email & chatting.

Untuk paket BlackBerry BES on Demand merupakan paket yang mengklaim bahwa paket ini merupakan solusi pertama di dunia dan dihadirkan Indosat untuk pelanggan korporasi. Dan yang terakhir adalah paket BlackBerry Matrix merupakan paket BlackBerry khusus untuk Anda yang menggunkan BlackBerry dengan jaringan CDMA.

Tarif

Untuk tarif sendiri, setiap paket memiliki harga dasar tarif yang berbeda-beda. Untuk paket BlackBerry XL juga memiliki tarif yang berbeda di masing-masing paketnya, untuk paket BlackBerry 3 in 1 Unlimited mematok tarif harga Rp 125.000 per bulannya dan harga sudah termasuk pajak. Untuk BlackBerry Full Service, memiliki tarif yang terbagi menjadi dua, yakni harian dan bulanan, untuk paket harian Anda akan dikenakan biaya Rp 5.000,00 dan untuk bulanan Anda dikenakan biaya Rp 90.000 sudah termasuk pajak.

Untuk BlackBerry Gaul memiliki tarif yang juga dibagi menjadi dua, untuk harian Anda dikenakan tarif Rp 2.000 dan untuk bulanan dikenakan tarif Rp 49.000. Untuk paket BlackBerry Bizz Anda juga dikenakan dua macam jenis tarif yaitu harian dan bulanan, untuk harian Anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 dan untuk bulanan Anda akan dikenakan tarif Rp 50.000.

Untuk tarif paket BlackBerry Full Service, ada pembagian tarif menjadi empat, yang di antaranya paket harian dengan tarif Rp 4.500, Mingguan Rp 25.000, Bulanan Rp 90.000, dan Super Premium yang dikenakan tarif Rp 120.000. Sedangkan untuk paket Gaul, terbagi menjadi tiga tarif dasar, yaitu harian Rp 2.000, mingguan Rp 15.000 dan Rp 45.000.

Untuk paket BlackBerry Mail & Chatting juga dibagi menjadi tiga macam tarif, yang di antaranya harian dengan tarif Rp 2.000, mingguan Rp 15.000, dan bulanan Rp 45.000. Untuk paket BES On Demand terbagi menjadi 2 pilihan, yaitu Non Hosted dan Hosted, untuk Non Hosted tarif dibagi menjadi tiga, paket harian Rp 8.000, mingguan Rp 66.000, dan bulanan yang mencapai Rp 231.000. Untuk Hosted terbagi menjadi enam tarif, harian Rp 7.500, mingguan Rp 60.000, bulanan Rp 200.000, Hosted MDS harian Rp 11.000, Hosted MDS mingguan Rp 95.000 Hosted MDS bulanan Rp 300.000. Dan yang terakhir adalah paket BlackBerry Matrix yang memiliki tarif BIS dengan biaya bulanan Rp 110.000 dan untuk BES Rp 210.000 per bulannya.

Aktivasi

  • Untuk melakukan aktivitasi BlackBerry XL 3 in 1 Unlimited:

    *123# > Internet & BlackBerry> BlackBerry> BB 3 in 1

  • Untuk melakukan aktivasi BlackBerry XL Full Service:

    *123# > Internet & BlackBerry> Pilih menu yang Anda inginkan

  • Untuk melakukan aktivasi BlackBerry XLGaul:

    *123# > Internet & BlackBerry> Pilih menu yang Anda inginkan

  • Untuk melakukan aktivasi paket BlackBerryXLBizzAnda:

    *123# > Internet & BlackBerry> BlackBerry>BB Bizz > Pilih paket BB Bizz yang Anda inginkan

Untuk melakukan aktivasi paket Indosat, Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

  • Untuk aktivasi paket BlackBerry Full Service:

    *889*1# dan tekan OK

  • Untuk aktivasi paket BlackBerryGaul:

    *889*3#dan tekan OK

  • Untuk aktivasi paket BlackBerryMail dan Chatting:

    *889*4#dan tekan OK

Untuk aktivasi BES On Demand Non Hosted:

  • Ketik Bisnis(spasi)Harian kirim ke 889

  • Ketik Bisnis(spasi)Mingguan kirim ke 889

  • Ketik Bisnis(spasi)Bulanan kirim ke 889

Untuk aktivasi BES On Demand Hosted:

  • Hosted(spasi)harian(spasi)Nama lengkap kirim ke 899

  • Hosted(spasi)mingguan(spasi)Nama lengkap kirim ke 899

  • Hosted(spasi)bulanan(spasi)Nama lengkap kirim ke 899

  • HostedMDS(spasi)harian(spasi)Nama lengkap kirim ke 899

  • HostedMDS(spasi)mingguan(spasi)Nama lengkap kirim ke 899

  • HostedMDS(spasi)bulanan(spasi)Nama lengkap kirim ke 899

Kesimpulan

Dari perbandingan paket BlackBerry dua penyedia layanan operator di atas tadi, Paseban menilai bahwa paket yang ditawarkan XL lebih memiliki harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan Indosat. Namun untuk memilih di antara ke dua paket tersebut, kembali lagi kepada kebutuhan Anda masing-masing dan kondisi sinyal di wilayah tempat tinggal Anda. [PY]