LG Pocket Photo, Printer Cetak Foto Ponsel yang Stylish dan Mudah Digunakan untuk Mencetak Foto dalam Sekejap

Sunday, 26 May 2013 15:00
LG Pocket Photo, Printer Cetak Foto Ponsel yang Stylish dan Mudah Digunakan untuk Mencetak Foto dalam Sekejap

Apakah anda pernah membayangkan ada printer cetak foto yang bisa masuk ke saku anda? Atau mungkin anda pernah memiliki keinginan untuk mencetak foto saat sedang berada dalam perjalanan dan membuat memo fisik saat anda bepergian? Pasti sangat mengesankan memiliki alat untuk mencetak foto ponsel anda secara langsung. Sekarang anda bisa melakukan itu, karena LG Pocket Photo adalah printer cetak foto nirkabel dan portabel yang pas di genggaman anda. Dengan Pocket Photo, yang ditampilkan LG dalam booth CES 2013 lalu, anda akan mengetahui bahwa printer seperti itu memang benar-benar ada.

Printer cetak foto yang bisa dibilang imut-imut ini, hadir dalam tiga warna berbeda, yaitu pink, silver, dan orange, dengan lapisan logam pada ujung-ujungnya. Printer saku Pocket Photo ini diluncurkan pada September 2012 lalu di Korea Selatan. Kita bisa mendapatkan beberapa manfaat jika memiliki printer foto yang bisa dibawa ke mana saja. Mungkin saat anda berlibur ke rumah saudara yang sudah lama tidak bertemua dan ingin mengambil beberapa kenangan.

Printer ini berukuran 4,76 x 2,83 x 0,94 inci, yang mengingatkan pada Polaroid PoGo Instant Mobile Printer. Selain dapat mentransfer foto dari smartphone, printer ini juga mampu menjalankan Near Field Communication (NFC) dan Bluetooth 4.0. Sama seperti kamera Polaroid yang bisa mencetak dengan cepat, pencetakan foto dengan LG Pocket Photo juga bisa langsung jadi. Jarak khas untuk teknologi NFC berkisar dari sekitar 3mm hingga 18mm.

Penggunaan printer cetak foto mini ini cukup mudah, anda hanya perlu mendekatkan smartphone dengan LG Pocket Photo, setelah itu maka proses pencetakan foto akan secara otomatis berjalan. Namun, jika perangkat smartphone tidak memiliki NFC printer ini juga dapat terhubung dengan Bluetooth atau kabel USB. Jadi anda tidak perlu khawatir kehabisan cara untuk menghubungkan printer ini.

Printer mini portabel ini mampu mencetak satu foto hanya dalam waktu 40 detik. Printer ini membenamkan baterai Litium Polymer dalam perangkatnya. Selain memiliki handset LG dengan NFC, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi LG Pocket Photo. Aplikasi ini dapat mengambil foto menggunakan kamera ponsel, mengedit gambar, dan jika anda ingin, aplikasi ini juga dapat menghasilkan kode QR untuk dicetak. Ini merupakan satu keuntungan untuk anda. Agar foto yang dihasilkan jadi lebih menarik.

Untuk mencetak foto, perangkat ini menggunakan Zink atau Zero ink, sebuah teknologi kertas, dimana kertas ini merupakan kertas khusus yang sudah memiliki warna di dalamnya. Printer ini memanaskan kristal pewarna yang tertanam di dalam kertas, memicu untuk mengubah warna yang sesuai untuk foto. Teknologi pintar ini menghilangkan kebutuhan untuk kartrid tinta yang mahal. Ini adalah salah satu perangkat terkecil dan teringan untuk mencetak foto ponsel yang ada di pasaran. Printer portabel dan praktis ini menghasilkan cetakan 5,1 x 7,6cm (2 x 3) inci.

Yang paling mengesankan adalah kemudahan dan kecepatan yang dibutuhkan untuk mencetak foto. Setelah biaya yang memadai, Photo Pocket benar-benar portabel, dan meskipun butuh beberapa detik untuk mentransfer gambar dari smartphone, anda akan melihat betapa intuitifnya printer ini untuk menggunakan aplikasi.

Namun pada akhirnya, printer ini sebenarnya bukanlah travel printer, melainkan lebih kepada sebuah alat yang bisa menghemat ruang. Misalnya, jika anda pindah ke rumah atau memiliki kamar yang kecil, anda bisa dengan mudah menghemat ruang dengan printer ini, jika anda hanya ingin mencetak foto dengan ukuran yang juga tidak terlalu besar. Tapi saat ini sudah banyak printer multifungsi dengan ukuran yang pas dengan ruangan anda yang kecil.

Jika anda ingin foto berkualitas tinggi, maka printer ini  jelas bukanlah perangkat yang bisa digunakan. Namun jika anda menginginkan cara yang praktis untuk mencetak foto dari smartphone anda, maka Pocket Photo adalah perangkat yang anda butuhkan. Harga LG Pocket Photo di Indonesia sekitar Rp1,5 juta. Jika anda membelinya satu paket dengan smartphone LG Optimus G, harga handset dan printernya menjadi Rp7,5 juta. [RIC]