Paseban Web Version

HP Android Lenovo A830, SmartphoneQuad Core

Wednesday, 22 May 2013 13:30
HP Android Lenovo A830, SmartphoneQuad Core

Lenovo baru saja meluncurkan smartphone terbaru yang memasok pasar smartphone untuk menengah ke bawah dengan fitur-fitur yang cukup memikat bagi smartphone sekelasnya. HP Android Lenovo seri A830 ini merupakan salah satu produk dari Lenovo yang menggebrak pasar smartphone di Indonesia. Selain karena harganya yang pas dengan kantong, fitur-fiturnya juga dikenal sangat friendly.

Desain, Dimensi dan Berat

Sekalipun tampilannya masih serupa dengan HP android Lenovo lainnya, seri A830 ini tetap terlihat elegan dan simple dengan fasilitas layar sentuhnya. Dengan dimensi 147,0 × 73,0 × 9,4 mm dan berat 164 gram membuatnya nampak memesona. Warna hitam keabu-abuan juga menambah kesan elegan dan simple pada Lenova seri A830 ini. Didukung pula dengan sensor gravitasi, proximity sensor dan sensor cahaya, menambah apik penampilannya.

Performa dan Layar

Lenovo A830 ini didukung oleh chipset MediaTek MT6589, yang populer dan terjangkau serta Chip quad-core untuk smartphone dengan prosesor quad-core 1,2 GHz CPU dan GPU PowerVR Series. HP Android Lenovo ini ditunjang dengan memori RAM sebesar 1 GB dan penyimpanan internal sebesar 4 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanan dengan menggunakan fasilitas slot microSD yang berkapasitas hingga 32 GB.

Lenovo A830 memiliki layar 5.0 inci dengan jenis resolusi QHD dengan penunjang gorilla glass dan type IPS Screen 960 x 540 piksel dengan warna layar 16000k warna. HP Android Lenovo ini berproses dengan system operasi Android 4.1 Jelly Bean. Ponsel Android Lenovo ini menunjang dual sim card standby CDMA + GSM.

Konektivitas dan Memori Penyimpanan

Dukungan konektivitas pada HP Android Lenovo A830 ini tergolong juga hampir sama seperti pada HP Android Lenovo pada umumnya. Dimana  SIM 1 dapat menunjang koneksi jaringan GPRS, EDGE, UMTS,  dapat HSDPA dan HSUPA. Sedangkan SIM 2 menunjang koneksi jaringan GPRS dan EDGE. Seperti jenis Android lainnya Lenovo seri A830 juga ditunjang dengan koneksi Wi-Fi IEEE 802.11 b/g/n serta Wi-Fi hotspot untuk memanjakan para penggunanya. Juga memberikan fasilitas microUSB 2.0 dan Bluetooth EDR & A2DP. Bluetooth yang ditunjang dengan portable hotspot. Memori internal pada handphone Lenovo ini sebesar 4 GB yang bisa didukung dengan memori eksternal yang berkapasitas hingga 32 GB.

Kamera dan Video Recorder

HP Android Lenovo A830 ini ditunjang dengan sepasang kamera, kamera utama 8 MP dengan dual Flash LED dan kamera depan 0,3 MP dengan flashlight dan auto focus. Cukup bisa menghasilkan jepretan yang baik untuk anda yang suka mengabadikan momen harian anda dengan format file image JPEG, BMP, GIF, PNG dan GIF. Kamera belakang dengan resolusi 8 MP atau 3264 x 2448 piksel yang juga bisa menunjang anda untuk merekam video dengan format 3GP dan MPEG4. Kamera ini dapat digunakan untuk shooting hingga 720 Piksel atau 1280 x 720 piksel dengan support suara.

Baterai dan Fitur Lain

Baterai dengan jenis Lithium ion 2000 mAh x 1 yang dibubuhkan pada smartphone Android Lenovo ini include di dalam paket penjualan HP bersama dengan Earphone 3.5 mm audio jack, kabel USB, dan charger. Dengan nada dering jenis Polyphonic atau MP3 dan format audio menunjang jenis format MP3, WAV, AMR, dan AWB.  Android Lenovo ini menunjang format video AVI, MP4, FLV, 3GP, MOV, ASF, MPEG, RMVB, H.263, H.264 dan selainnya.  HP Android Lenovo ini juga menunjang E-book Format  TXT, CHM, DOC dan HTML. Juga terdapat fitur FM Radio.

Harga dan Kesimpulan

Dengan harga sekitar 1,7 jutaan, HP Android Lenovo A803 ini cukup bisa menggebrak pasaran Android kelas menengah. Dengan performa yang didesign apik, pastilah produk Lenovo ini memiliki daya saing yang sama seperti HP Android yang ramai mengisi jagad smartphone di Indonesia. Sekalipun kenyataannya HP Android Lenovo ini belum memiliki kabar tentang kehadirannya di Indonesia. Padahal, seri A830 Android Lenovo ini merupakan alternative untuk peminat HP Android yang support dual sim card GSM + CDMA. [BAM]