5 Aplikasi Gratis Untuk Mengatur Penggunaan Bandwidth Internet

Monday, 20 May 2013 15:00
5 Aplikasi Gratis Untuk Mengatur Penggunaan Bandwidth Internet

Internet merupakan salah satu hal yang sudah tidak asing lagi, terlebih saat ini hampir semua perangkat menggunakan koneksi internet untuk saling berkomunikasi, mencari informasi, referensi, dan hal lainnya. Namun bagi Anda yang memiliki kuota internet terbatas, tentunya ingin menghemat sisa kuota penggunaan bandwidth internet agar dapat dipergunakan lebih lama sehingga Anda masih bisa merasakan koneksi internet.

Dikutip dari laman Wikipedia berikut ini adalah pengerian dari bandwidth, Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu komputer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Bandwidth internet dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.

Nah sudah cukup jelaskan apa itu bandwith, dan Berikut ini adalah 5 pilihan aplikasi penghemat kuota internet yang gratis yang dapat Anda pergunakan agar bandwith internet Anda tidak cepat habis.

Traffic Shaper XP

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang berbasis pada bandwidth management solution  yang dapat dijadikan sebuah pilihan pada koneksi jaringan Anda. Traffic Shaper XP memungkinkan administrator dapat memantau lalu lintas jaringan, kemampuan kontrol aliran data, termasuk komponen otomatis untuk penyediaan alokasi internet. Aplikasi yang satu ini dapat mengontrol setiap aliran dengan bantuan pilihan kombinasi prioritas, tingkat layanan dan juga mempercepat serta membatasi penggunaan alokasi bandwidth. Sistem ini akan memungkinkan kontrol penuh atas semua jenis  penggunaan data bandwith untuk penggunaan game, video, VoIP, web dan juga e-mail.

NetBalancer

NetBalancer merupakan sebuah aplikasi utilitas yang sangat sederhana untuk mengelola penggunaan bandwidth Anda. NetBalancer dapat digunakan pada sistem operasi  Windows XP, 2003, Vista, 7 dan juga Windows 8. Dengan menginstal NetBalancer maka Anda dapat dengan mudah memeriksa semua proses yang menggunakan bandwidth serta mengetahui berapa banyak jumlah  bandwidth yang digunakan pada sebuah jaringan. Salah satu fitur utama dari aplikasi ini yaitu memungkinkan untuk mengatur penggunaan batas (limit) bandwidth hanya dengan mengklik kanan pada aplikasi tertentu dan membuat sebuah pengaturan prioritas penggunaan bandwidth terhadap sebuah aplikasi  maupun proses tertentu dalam sistem komputer milik Anda

Networx

Dengan bantuan aplikasi penghemat kuota yang satu ini, Anda dapat memeriksa dan juga mendapatkan lapoan penggunaan bandwidth, mengukur kecepatan internet ataupun koneksi jaringan lainnya. Fitur lainnya yaitu memungkinkan mendeteksi dengan mudah untuk mengetahui sumber-sumber masalah pada koneksi jaringan serta kita bisa mengatasinya dengan mudah. Desain tampilan antarmuka aplikasi yang disediakan akan memudahkan Anda dalam bentuk sistem peringatan visual dan juga suara yang dapat disesuaikan. Anda dapat mengatur sebuah peringatan ketika koneksi internet Anda sedang mengalami “down” atau ketika  Anda mendeteksi beberapa kegiatan jaringan yang mencurigakan yang ada alam koneksi internet Anda.

ISP Monitor

Aplikasi ISP Monitor ini akan memberitahu Anda  mengenai jumlah penggunaan bandwidth dari berbagai jenis koneksi, selanjutnya akan menunjukkan rincian mengenai jumlah informasi jumlah bandwidth yang digunakan untuk proses download dan juga upload. Di samping  berguna sebagai sebuah alat pemantauan jaringan, aplikasi ini memiliki fitur monitor disk yang menawarkan informasi kepada Anda secara  real-time mengenai kecepatan read/write pada sebuah hardisk. Fitur tersebut berguna ketika Anda harus men-download file dengan ukuran yang besar dan memutuskan di mana file lokasi hasil download tersebut untuk disimpan. Anda juga dapat menetapkan batas untuk download dan juga upload pada sistem agar internet Anda menjadi awet dan tidak boros.

Network Meter

Jika Anda memiliki lebih dari satu adaptor jaringan dan Anda ingin mengetahui berapa banyak bandwidth yang telah digunakan oleh masing-masing adaptor, maka Network Meter adalah aplikasi yang sangat cocok digunakan. Aplikasi Network Meter akan memberikan kepada Anda mengenai jaringan dan juga memantau adaptor yang diinstal juga akan  memberikan rincian lalu lintas koneksi jaringan.  Anda dapat memantau penggunaan bandwith dengan hasil statistik yang nantinya akan ditampilkan oleh aplikasi Network Meter ini mulai dari penggunaan bandwith untuk melakukan download maupun proses upload dengan cukup mudah.

Kesimpulan

Itulah 5 pilihan aplikasi terbaik untuk, aplikasi penghemat kuota internet tersebut dapat Anda gunakan apabila Anda ingin terus memantau sisa kuota, dan juga agar bandwidth Anda tidak cepat habis. Silahkan pergunakan aplikasi yang telah disebutkan diatas sesuai dengan kebutuhan Anda. [AG]