Paseban Web Version

Razer DeathStalker Ultimate - Keyboard Game dengan Dukungan Switchblade UI

Friday, 10 May 2013 08:00
Razer DeathStalker Ultimate - Keyboard Game dengan Dukungan Switchblade UI

Selain membutuhkan komputer atau laptop dengan spesifikasi perangkat keras yang berkemampuan tinggi, seorang gamer membutuhkan perangkat pendukung seperti keyboard dan mouse untuk bisa bermain game dengan nyaman. Dapat dipastikan jika menggunakan perangkat dengan kualitas jelek maka akan mengganggu dalam sesi permainan, apalagi jika digunakan saat berlomba. Selain dibutuhkan untuk mempermudah dan meningkatkan akurasi kala bermain, sebuah keyboard juga memberikan kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Razer, selaku produsen keyboard dan mouse khusus gamer kembali mengeluarkan salah satu jenis keyboard mereka yaitu Razer DeathStalker Ultimate.

Keyboard ini hadir dengan dukungan Switchblade User Interface yang memudahkan dalam membuat profile yang berisi perintah, skill dan spell yang dapat dikostumisasi dengan sangat mudah dan dukungan fitur-fitur menarik dari Razer DeathStalker Ultimate.

Design

Razer selalu dikenal dengan desain yang revolusioner dan inovatif, begitu juga yang terlihat saat melihat Razer DeathStalker Ultimate ini. Tidak ada yang berbeda memang dari desain keyboard ini dengan desain keyboard Razer yang lain. Penggunaan backlight hijau yang merupakan ciri khas Razer tetap digunakan walau warna dari backlight bisa diganti sesuai dengan keinginan dan game yang sedang dimainkan. Penggunaan keyboard jenis Chiclet dipastikan akan mengurangi salah ketik karena tiap tombol yang ada diberikan jarak sehingga tombol tidak ada yang terlalu dekat untuk mengurangi resiko tombol lain ikut tertekan saat bermain game walaupun untuk sesi pengetikan, keyboard jenis ini tidak terlalu enak saat digunakan.

Adanya wrist rest pada bagian bawah Razer DeathStalker memberikan kenyaman bagi tangan ketika menggunakan keyboard apalagi untuk bermain game dalam waktu yang lama. Mungkin bagi orang yang terbiasa menggunakan keyboard biasa akan merasa aneh ketika menggunakan keyboard ini. Selain ukuran yang cukup besar dan panjang dengan dimensi 1.25 x 20.5 x 8.5 inch, hilangnya numeric keypad yang biasanya berada di kanan keyboard digantikan dengan Switchblade User Interface cukup membingungkan bagi orang yang terbiasa mengetik angka menggunakan tombol-tombol di numeric keypad.

Performa

Keyboard ini memang tidak disarankan untuk digunakan selain untuk sesi gaming macam mengetik walaupun tetap bisa dilakukan tetapi akan mengurangi kemampuan maksimal dari Razer DeathStalker ini. Tombol yang nyaman dan presisi saat digunakan membuat keyboard ini memudahkan Anda dalam bermain game, apalagi tambahan backlight mengurangi resiko salah ketik karena LED memberikan cahaya ke semua tombol.

Dengan respon yang tinggi, bermain game yang membutuhkan kecepatan dalam menekan tombol seperti game perang atau game fighting menjadi lebih nikmat apalagi saat-saat genting. Tambahan teknologi Razer DeathStalker anti-ghosting menjamin kombinasi tiga tombol keyboard atau lebih dapat dieksekusi dengan tepat dan cepat tanpa ada respon yang lambat atau keyboard yang tidak mengenali perintah.

Adanya fitur Switchblade User Interface memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan desktop tanpa harus keluar atau berpindah dari game yang sedang dimainkan. Pengguna tinggal menggunakan tombol yang sudah teregistrasi dengan Razer DeathStalker untuk membuka aplikasi yang akan tampil pada layar LCD berukuran 4 inch untuk berinteraksi dengan aplikasi yang diinginkan.

Aplikasi

Dengan hadirnya Switchblade User Interface, keyboard Razer DeathStalker ini dapat mendukung banyak aplikasi yang bisa ditampilkan di dalam LCD Switchblade User Interface. Mulai dari aplikasi game timer yang berguna menghitung waktu di dalam game, Clock untuk melihat seberapa lama kita bermain, Gaming Mode berguna untuk mematikan fungsi tombol Windows, serta Media Player App untuk mengakses lagu-lagu favorit sambil menunggu loading di dalam game tanpa perlu berpindah layar.

Harga dan Kesimpulan

Harga Rp 2,5 juta yang ditetapkan oleh Razer untuk DeathStalker Ultimate bukanlah harga yang dapat diterima oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu seperti hard-core gamer yang berani membeli sebuah keyboard dengan harga selangit. Walaupun harga DeathStalker Ultimate terbilang mahal, tapi dengan hadirnya teknologi Razer Switchblade User Interface serta fitur-fitur menarik lain, sudah cukup bagi sebagian hard-core gamer untuk melirik keyboard gaming ini. Seperti namanya, keyboard DeathStalker Ultimate memang khusus untuk gamer dengan budget tak terbatas. [BAM]