Menilik Kualitas Prosesor Tablet PC Termurah di Indonesia dengan Harga 1 Jutaan

Thursday, 15 March 2012 12:00
Menilik Kualitas Prosesor Tablet PC Termurah di Indonesia dengan Harga 1 Jutaan

Sebuah tablet kini bukan hanya menjadi konsumsi kalangan menengah ke atas. Para pecinta teknologi mobile di kalangan menengah ke bawah pun bisa kecanggihan sebuah tablet. Terdapat beberapa produk tablet PC termurah di Indonesia yang memang dikhususkan untuk kalangan menengah ke bawah. Cukup menarik bila menengok kualitas yang diberikan oleh tablet-tablet tersebut. Berikut ini adalah ulasannya.

Tabulet Troy

Tablet Android merek Tabulet merupakan hasil kreasi dari PT. Erasa Mandiri Teknosis. Dilihat dari nama produsennya, Tabulet merupakan produk asli dalam negeri. Tablet Android seri Tabulet yang dijual cukup murah adalah Tabulet Troy. Sebagai salah satu tablet Android termurah di Indonesia, tentunya harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Anda bisa memperoleh tablet ini dengan harga Rp 1.5 juta.

Lalu, spesifikasi seperti apa yang ditawarkan oleh tablet PC termurah di Indonesia ini? Dari segi prosesor, Tabulet Troy memiliki kecepatan yang cukup bagus, yakni sebuah prosesor Amlogic Cortex A9 1GHz plus RAM 512 MB DDR2. Namun, prosesor produk dari Amlogic bisa dibilang merupakan prosesor kelas dua. Prosesor ini banyak digunakan oleh tablet produk Cina. Sebagai contoh adalah tablet PC Android MID yang merupakan produk dari perusahaan bernama Shenzhen Eyonder Technology Co Ltd yang dijual dengan harga $63 USD.

DTC G150 Tab Phone

Tablet PC termurah di Indonesia selanjutnya yang bisa Anda peroleh adalah tablet DTC G150 Tab Phone. Tablet yang menggunakan OS Android Froyo 2.2 ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp 1.4 juta. Mengenai performa, tablet Android ini mengandalkan prosesor VIA 8650 800 MHz. Selain itu, kinerja prosesor ini pun memperoleh dukungan dengan keberadaan RAM 512 MB.

Sama halnya seperti prosesor Amlogic yang dimiliki oleh Tabulet Troy, proseosr VIA 8650 pun memiliki kualitas serupa. Prosesor ini sengaja memang dibuat untuk produk elektronik low end. Beberapa contoh antara lain adalah Thinnest 9.7 Inch Android 2.2 Tablet yang dijual dengan harga $119 USD, atau EKEN M003s 8 Inch Flytouch seharga $94 USD.

Prosesor yang dimiliki oleh salah satu tablet PC termurah di Indonesia ini mendukung multi-touch. Selain itu prosesor ini juga bisa digunakan untuk memainkan file multimedia flash. Jadi Anda bisa menggunakan tablet ini untuk mengakses situs-situs dengan konten flash.

Archos 28 Internet Tablet 4 GB

Berbeda dengan dua tablet PC termurah di Indonesia sebelumnya, Archos 28 Internet Tablet menghadirkan prosesor ARM Cortex A8 800 Mhz. Kinerja prosesor ini juga didukung dengan keberadaan accelerator grafis 3D OpenGL ES 2.0. Prosesor milik Archos 28 Internet Tablet ini dibangun berdasarkan ARMv7. Secara kelas, prosesor ARM Cortex A8 merupakan kelanjutan dari prosesor ARM7, ARM9 maupun ARM11. Mengenai harga, tablet PC termurah di Indonesia ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp 990.000,-.

Tablet Treq A10C

Deretan tablet Android murah selanjutnya datang dari Treq. Treq menawarkan produk tablet Android terbarunya, Tablet Treq A10C dengan harga Rp 1,3 juta. Tablet ini menggunakan prosesor Boxchip A10 Cortex 1.5GHz dengan dukungan RAM 512 MB. Seperti produk lain, keberadaan prosesor ini sanggup untuk memuat konten flash melalui web browser. Keuntungan lain dari prosesor yang dimiliki oleh salah satu tablet PC termurah di Indonesia ini adalah kemampuan untuk memainkan berapa jenis file video. Dari mulai file AVI, MKV, FLV, 3GP, MPEG, DAT, MP4 hingga video dengan kualitas 3480 x 2160 piksel.

IMO Tab Z3

IMO tak ketinggalan memunculkan tablet Android termurah di Indonesia. Terdapat beberapa produk IMO yang dijual dengan harga kisaran 1 juta, salah satunya adalah tablet IMO Tab Z3. Tablet ini menggunakan prosesor VIA WM8650 800 MHz plus dukungan RAM 256 MB. Prosesor ini dapat mendukung Anda untuk melakukan multi-touch hingga 2 titik. Selain itu, konektivitas WiFi pun bisa Anda nikmati dengan dukungan prosesor tersebut. Mengenai harga, tablet ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp 1.1 juta.

Kelebihan lain dari prosesor ini adalah kemampuannya untuk mendukung OS Android Froyo 2.2. Jika Anda memaksanya untuk mendukung OS Android Gingerbread 2.3 atau versi di atasnya, tentu prosesor ini akan kerepotan. Fitur lain yang bisa dinikmati dari prosesor tablet PC termurah di Indonesia ini adalah tampilan video 720 p dan konten flash di browser. [IB]

Simak Video Berikut: