Paseban Web Version

Garuda OS - Sistem Operasi Komputer Terbaru Buatan Indonesia

Wednesday, 24 April 2013 11:00
Garuda OS - Sistem Operasi Komputer Terbaru Buatan Indonesia

Masih menggunakan sistem operasi Windows? Ya, ada sekitar 97% pengguna komputer di Indonesia yang menggunakan sistem operasi ini. Tidak salah memang jika Anda menggunakan produk ini, namun tidak ada salahnya juga jika Anda beralih ke sistem operasi Garuda atau biasa disebut Garuda OS yang merupakan sistem operasi komputer terbaru buatan Indonesia. Beberapa orang agak terkejut mendengar OS ini karena memang merupakan software buatan anak bangsa.

Jika dibandingkan dengan Microsoft Windows atau Mac OS, sistem operasi Garuda memang belum apa-apanya, namun setidaknya Garuda OS ini dapat berfungsi baik dan tidak terlalu buruk tampilan serta fitur-fiturnya. Sistem operasi Garuda merupakan Distro Linux yang berbasis PCLinuxOS Fullmonty Edition, seperti yang telah dijelaskan OS ini adalah buatan dari pengembang Indonesia. Ada beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan pada sistem operasi Garuda, di antaranya adalah mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia), aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya cukup tinggi, ditambah dengan dukungan bahasa Indonesia serta dilengkapi dengan banyak macam program-program dari berbagai kategori.

Tampaknya sistem operasi Garuda memang sudah layak untuk diandalkan dan memenuhi standar sebagai OS komputer. Meskipun sistem operasi Garuda buatan dari pengembang asal Indonesia, namun tampaknya sangat terlihat jelas bahwa OS ini merupakan perombakan atau modifikasi dari Linux. Agaknya hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah, dan sistem operasi Garuda tetap dianggap sebagai karya anak bangsa. Salah satu hal yang menarik lagi bahwa, sistem operasi Garuda ternyata disediakan secara gratis. Anda tidak perlu membeli original karena software ini berlisensi Open Source, lagipula jika sistem operasi ini disediakan berbayar, pastinya akan lebih banyak yang menggunakan versi bajakan.

Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan sistem operasi Garuda:

  • Terdapat inti (kernel) pada sistem operasi : 2.6.38.7. Dengan fitur ini maka OS dapat melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses ke perangkat keras komputer dengan aman.

  • Mendukung desktop : KDE 4.6.3

  • Mendukung dengan berbagai macam Video Graphics Array VGA, baik dari produsen Nvidia, ati, Intel, dan lain-lain.

  • Mendukung penggunaan Wireless (Nirkabel) untuk berbagai perangkat jaringan.

  • Mendukung dengan perangkat berbagai macam printer lokal maupun jaringan

  • Mendukung banyak format populer dari kategori multimedia. Seperti pada sistem operasi lain, Garuda juga dapat menjalankan format multimedia seperti flv, mp4, mp3, mpg, wav, wrna, avi, ogg, dan lain-lain.

  • Mendukung bahasa indonesia, Inggris, Jepang, India, Korea, Cina, Arab dan puluhan bahasa dari negara lain.

  • Mendukung proses instalasi berbagai macam program yang berbasis untuk Windows.

  • Mendukung Font Aksara daerah.

  • Mendukung untuk instalasi berbagai game yang berbasis Windows, baik game online maupun offline.

  • Mendukung Font Google Web.

  • Mendukung untuk menjalankan berbagai macam software dokumen dari program populer yang berbasis Windows, diantaranya adalah Photoshop, CorelDraw, Microsoft Office, AutoCAD, dan lain-lain.

Dari fitur yang tersedia di atas, tampaknya sistem operasi Garuda cukup bisa diandalkan. Satu yang hal yang juga tidak kalah penting adalah mengenai software untuk kebutuhan internet, Garuda OS dapat menjalankan berbagai program internet baik itu web browser, aplikasi messanger dan lain-lain. Beberapa contohnya adalah menjalankan web browser populer Mozilla Firefox 4.0.1, Chromium, Opera, Mozilla Thunderbird, program email (Microsoft Outlook, kTorrent), program bittorrent, DropBox Online Storage Program (free 2 Gb), Skype video conference/VOIP, FileZilla upload download/FTP, Google Earth program penjelajah dunia, Choqok, Qwit, Twitux, Pino aplikasi microblogging, Kompozer, Bluefish web/html editor (pengganti Dreamweaver), xChat program chatting/IRC, Gyachi, Pidgin Internet messenger maupun Miro Internet TV.

Untuk memuat sistem operasi Garuda ini pada komputer Anda, tidak memerlukan spesifikasi khusus yang besar. Persyaratan sistem yang diperlukan cukup dengan prosesor minimal Intel maupun AMD sekelas pentium IV ke atas, dengan ruang memori minimum yang dibutuhkan 512Mb. Direkomendasikan Anda menyediakan memori sebesar 1 GB, sediakan ruang bebas pada hard disk minimal 8 GB. Untuk VGA atau kartu grafis, sistem operasi Garuda kompatibel dengan berbagai macam produk seperti Nvidia, Ati, Intel, Sis, Matrox, serta VIA. Sedangkan untuk Soundcard, cukup minimal Sound blaster, Kartu AC97, atau bisa juga HAD. Jika Anda penasaran dan tertarik untuk menggunakan sistem operasi Garuda, Anda dapat mengunduhnya di sini. Ukuran file sebesar 3.62 GB, dan ini gratis tanpa biaya apapun serta proses instalasi yang tidak terlalu rumit.

[ALX]