Perbandingan Promo Tarif Telepon Murah ke Luar Negeri Dua Operator Telepon, Axis Vs Indosat

Tuesday, 13 March 2012 11:30
Perbandingan Promo Tarif Telepon Murah ke Luar Negeri Dua Operator Telepon, Axis Vs Indosat

Melakukan panggilan ke luar negeri menjadi sebuah kebutuhan yang cukup tinggi di era sekarang. Terlebih saat ini banyak masyarakat Indonesia, baik kalangan menengah ke bawah ataupun menengah ke atas berada di luar negeri. Untuk kalangan menengah ke bawah, utamanya berada di negara-negara tujuan tenaga kerja Indonesia (TKI), seperti Malaysia, negara-negara di Timur Tengah ataupun negara di kawasan Asia Timur. Sedangkan negara-negara seperti Belanda, Inggris, Amerika Serikat, Australia dan lain-lain merupakan tempat peraduan masyarakat kelas menengah ke atas yang berkepentingan untuk studi ataupun kepentingan bisnis.

Dengan kondisi tersebut, tarif telepon murah ke luar negeri menjadi hal yang sangat dipertimbangkan. Tentunya para pelanggan jelas memperhatikan kualitas jaringan serta tarif yang disediakan oleh para operator telepon di Indonesia. Kali ini Paseban akan membandingkan dua tarif telepon murah ke luar negeri yang dihadirkan oleh dua operator telepon GSM, yakni Axis dan Indosat. Berikut ini adalah ulasannya.

Axis

Operator telepon Axis menyediakan pilihan tarif yang berbeda-beda untuk panggilan telepon murah ke luar negeri. Saat ini, mereka menyediakan total tujuh jenis tarif telepon murah ke luar negeri. Paket yang pertama adalah menelepon ke Kanada. Untuk menelepon ke negara ini, Anda hanya akan dikenakan biaya Rp 99 per menit. Selanjutnya adalah paket telepon ke Amerika Serikat dan Singapura. Untuk tarif ke dua negara ini, operator telepon dengan tag line 'GSM yang Baik' ini memberikan tarif Rp 199 per menit.

Untuk negara Hongkong dan Cina, Axis menyediakan tarif telepon murah ke luar negeri sebesar Rp 299 per menit. Namun anehnya, tarif menelepon ke negeri tetangga, seperti Malaysia dan Thailand memiliki tarif yang lebih tinggi, yakni Rp 399 per menit. Promo telepon ke luar negeri murah ke negara India, Taiwan, Bangladesh, Brunei Darussalam dan Korea Selatan dijadikan satu paket. Untuk menelepon ke negara-negara tersebut, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 799 per menit.

Sementara itu, tarif telepon murah ke luar negeri yang ditawarkan oleh Axis lainnya adalah ke negara Arab Saudi, Inggris, Australia, Jepang dan Mesir. Jika Anda memiliki kerabat di negara-negara tersebut, Anda harus rela mengeluarkan uang Rp 1399 per menit untuk menelepon. Terakhir dan yang paling mahal adalah menelepon Belanda. Untuk menelepon ke negeri tulip ini, Anda diharuskan untuk membayar Rp 2500 per menit.

Promo tarif telepon murah ke luar negeri yang ditawarkan oleh Axis ini akan berakhir pada 31 Maret 2012. Tarif ini berlaku untuk telepon ke nomor rumah atau nomor handphone. Selain itu, nilai tarif juga sudah termasuk dengan PPN 10 persen. Untuk menggunakan paket ini, caranya cukup mudah. Anda tinggal menekan 01012 (kode negara) (nomor tujuan).

Indosat

Jika Axis memiliki promo tarif telepon murah ke luar negeri, pun demikian dengan Indosat. Salah satu operator telepon tertua di Indonesia ini menawarkan promo tarif hemat FlatCall 01016 ke 21 negara. Ke-21 negara tujuan tersebut dibagi menjadi lima grup. Grup I adalah Cina, Hongkong, Singapura, Amerika Serikat dan Kanada memiliki tarif yang paling murah. Anda bisa menelepon ke negara-negara tersebut dengan biaya prepaid Rp 40 per 6 detik dan postpaid Rp 36,4 per 6 detik. Dengan tarif seperti itu, untuk tiap menitnya, Anda akan dikenai biaya Rp 400 per menit untuk tarif prepaid, dan Rp 364 per menit untuk tarif postpaid.

Grup II adalah negara tetangga seperti India, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Korea Selatan. Tarif telepon murah ke luar negeri yang ditawarkan oleh Indosat ke negara-negara tersebut adalah Rp 70 per 6 detik (Rp 700 per menit) prepaid dan Rp 63,6 per 6 detik (Rp 636 per menit). Negara lain seperti Vietnam dan Taiwan dikenai biaya flat Rp 120 per 6 detik prepaid dan 109,6 per 6 detik.

Grup IV yang diisi oleh tiga negara, Makau, Australia dan Jepang dikenai tarif Rp 160 per 6 detik prepaid dan Rp 136,3 per 6 detik. Terakhir adalah negara-negara yang terbagi di grup V. Grup ini diisi oleh negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, UEA, Mesir, Kuwait, Jordania dan Qatar. Untuk menelepon ke negara ini, Anda diharuskan untuk membayar Rp 180 per 6 detik prepaid dan 163,3 per 6 detik postpaid.

Untuk menggunakan promo tarif telepon murah ke luar negeri oleh Indosat ini, Anda diharuskan untuk menekan tombol 01016 + kode negara + kode area + nomor tujuan. Tarif promo oleh Indosat ini tidak memiliki batas waktu. Selain itu, tarif ini juga berlaku baik untuk nomor handphone maupun nomor rumah.

Kesimpulan

Dari segi banyaknya cakupan negara, promo tarif telepon murah ke luar negeri yang diberikan Indosat lebih banyak, yakni 21 negara. Sedangkan Axis hanya menyediakan promo ini untuk 18 negara. Namun Axis memiliki keunggulan biaya yang jauh lebih murah. Contohnya saja, untuk menelepon ke Kanada, Anda hanya dikenakan biaya Rp 99 per menit. Sedangkan untuk Indosat, Anda diharuskan untuk membayar Rp 400 per menit. [IB]