Paseban Web Version

RealPad Bunaken - Tablet Lokal Indonesia Pertama yang Dibekali OS Ice Cream Sandwich

Monday, 12 March 2012 14:30
RealPad Bunaken - Tablet Lokal  Indonesia Pertama yang Dibekali OS Ice Cream Sandwich

Satu lagi karya anak bangsa yang patut dihargai. Kali ini Indonesia pantas untuk berbangga dengan hadirnya tablet Relion RealPad P700 10 atau disebut juga RealPad Bunaken. Nama Bunaken yang disematkan digunakan sebagai tanda kalau tablet ini adalah produk asli dalam negeri.

Tablet ini diproduksi oleh vendor lokal yaitu PT. Berca Cakra Teknologi. Tablet lokal RealPad Bunaken ternyata merupakan tablet kedua yang diproduksi oleh PT. Berca Cakra Teknologi, yang memang sudah mulai bermain di pasar tablet Indonesia sejak November 2011 lalu.

Hebatnya, tablet lokal ini diklaim sebagai tablet pertama asli Indonesia yang menggunakan Android Ice Cream Sandwich dengan dukungan prosesor Quad Core Nvidia Tegra 3. RealPad Bunaken memiliki berat 560 gram dengan dimensi 26.2 x 175.4 mm, dan tebal hanya 8.4 mm, sangat nyaman untuk dibawa berpergian. Produk ini memiliki display layar 10 inci dengan resolusi 1280 x 800 yang sudah dibekali dengan layar antigores dan antipecah Gorilla Glass.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, RealPad Bunaken telah dipersenjatai dengan prosesor Nvidia Tegra 3 Quad Core dengan kecepatan 1.5 GHz, yang bekerja sama dengan RAM 1 GB. Pada tablet lokal ini disertakan pula kamera utama dengan sensor 8 MP dengan LED Flash. Ditambah lagi dengan kamera depan 2 MP.

Prosesor Tegra 3 diprediksi akan menjadi salah satu prosesor terbaik untuk jajaran tablet di tahun 2012 ini. Vendor-vendor terkenal seperti Asus dan Lenovo juga telah menggunakan prosesor jenis ini pada tablet terbaru mereka.

Pada bagian bawah tablet lokal ini, Anda akan mendapati konektor untuk mengisi daya baterai dan juga dua buah speaker di bagian sisi kanan dan kiri. Selain itu, tombol power, jack audio dan microphone juga terdapat di bagian atas. Dan pada bagian sisi samping kanan juga terdapat tombol pengatur suara, port micro USB, port microSD dan SIM card.

Dalam hal konektifitas, tablet lokal ini didukung dengan Bluetooth, 3G HSPA dan WiFi. Relion RealPad P700 nantinya akan tersedia dalam beberapa pilihan media penyimpanan internal yakni, 16GB, 32GB dan 64GB.

Rencananya ,tablet lokal RealPad Bunaken akan dilepas ke pasaran pada pertengahan Maret 2012 dengan kisaran harga Rp 4.700.000. Harga ini termasuk fantastis untuk sebuah tablet lokal, sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan tablet SpeedUp Pad Ice yang hanya Rp 1.5 juta saja. Namun tentunya harga ini telah disesuaikan dengan spesifikasi yang diberikan oleh tablet kelas atas buatan Indonesia. [RK]

Relion RealPad