Paseban Web Version

Simulasikan Cara Mengemudi Truck dengan Euro Truck Simulator

Sunday, 21 April 2013 14:00
Simulasikan Cara Mengemudi Truck dengan Euro Truck Simulator

Bagi Anda yang baru belajar atau masih pemula dalam mengemudikan Truk, sangat cocok untuk mencoba sebuah software simulator unik bernama Euro Track Simulator. Lebih tepatnya software ini merupakan game bertema Vechile Simulation game. Ini merupakan game simulasi Truk pertama yang di setting dalam wilayah benua Eropa. Pemain dapat berkendara menggunakan Truk dan melintasi negara-negara Eropa, mengunjungi kota-kotanya, mengambil berbagai kargo, dan memberikan kiriman yang dibawa. Game simulasi ini dibuat oleh SCS Software dan Lebih dari 300.000 copy game telah terjual di Eropa saja.

Dalam Euro Truck Simulator ini pemain tidak mengendarai Truk ukuran biasa, namun pemain harus mengendarai sebuah Truk ukuran besar sekelas kontainer yang membawa kargo. Pemain akan melintasi berbagai kota besar Eropa seperti Roma, Berlin, Madrid, Frankfurt, Brussel, Barcelona, Amsterdam, Lisbon, Bordeaux, Praha - dan masih banyak lagi. Pihak pengembang game ini benar-benar membuat setting latarbelakang kota yang dirancang semirip mungkin dengan aslinya. Inilah yang membuat Euro Truck Simulator dianggap sebagai game simulasi truk terbaik yang ada, dan masih sulit untuk disaingi. Pemain dapat menikmati pengalaman baru dengan game ini.

Gameplay Euro Truck Simulation, Pemain memilih negara asal mereka, baik dari Austria, Belgia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Polandia, Portugal, Spanyol, Swiss dan Inggris (V1.2 & V1.3 saja). Awal dimulainya game, pemain hanya memiliki akses ke negara awal mereka, kecuali jika kontennya kurang dari tiga kota. Saat mulai mengemudikan Trus, pemain dapat mengunjungi satu atau lebih negara yang berdekatan. Misalnya, saat Anda memulai perjalanan dari negara Italia atau Swiss, Anda bisa mendapatkan koneksi ke yang lain secara gratis. Kemudian, pemain juga dapat memilih truk pertama sesuai keinginan dengan anggaran sebesar € 100.000.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang? Tentu saja pemain harus bekerja. pemain dapat mulai mengambil pekerjaan dari berbagai perusahaan fiktif yang ada dalam simulasi. Biasanya perusahaan akan menugaskan Anda untuk mengirim dan memberikan kargo pesanan ke berbagai kota di negara mereka. Dari sinilah sang pemain mulai mendapatkan penghasilan. Uang yang didapat ini nantinya dapat digunakan untuk membeli Truk baru. Setelah pemain berhasil upgrade Truk, maka ia dapat memperluas bisnis pengantaran barang ke negara-negara lain dan mendapatkan lisensi untuk mengemudi flammables dan bahan kimia. Unik bukan? Pemain menjadi pengelola jasa pengiriman barang, sekaligus menjadi supri Truk. Dalam dunia nyata Anda kemungkinan tidak bisa melakukan tugas itu secara bersama-sama.

Daftar negara-negara yang dapat diakses dalam Euro Truck Simulator ini diantaranya adalah Austria, Belgia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Italia, Netherlands, Polandia, Portugal, Spanyol, Swiss dan Inggris. Karena simulasi ini diatur dalam wilayah benua Eropa, maka pihak pengembangnya sengaja menyediakan berbagai Truk buatan perusahaan Eropa. Beberapa diantaranya adalah Truk jenis Mercedes-Benz Actros atau dikenal sebagai Majestic, Renault Magnum atau dikenal sebagai Runner, Scania R-series atau dikenal sebagai Swift dan Volvo FH16 atau dikenal sebagai Valiant. Hampir semua fasilitas untuk sopir Truk tersedia, dari lampu indikator, pengingat temperatur, lampu peringatan, indikator bahan bakar, wiper, dan indikator kecepatan atau speedometer. Semua itu dapat dikontrol sepenuhnya oleh pemain, karena sang pemain adalah supir. Bahkan dari segi desain interior maupun interior Truk dibuat hampir sama persis dengan aslinya, lagipula Euro Truck Simulation telah didukung dengan tampilan 3D. Pemain bisa menjelajah kabin, sama seperti jika mereka benar-benar duduk di belakang kemudi.

Euro Truck Simulation sudah tersedia dalam versi 1.0, 1.2 dan 1.3. Untuk versi terakhir ini, pihak developer menambahkan beberapa fitur tambahan seperti alur lalu lintas dibagian kiri. Hal ini mengingat di negara Inggris menggunakan lajur kiri untuk berkendara. Untuk memainkannya, Anda bisa membeli game ini di situs resmi SCS Games Store dengan harga IDR 92,272.72 pada link ini

Namun tersedia pula versi free download dengan fitur yang lebih terbatas. Berikut ini link free download Euro Truck Simulation

Ukuran file hanya sebesar 120 MB dan Anda akan dikenakan biaya 7.99 Euro atau USD 8.99 untuk upgrade versi permainan penuh. Simulasi ini dapat Anda jalankan pada OS minimal Windows XP dan Vista. Persyaratan sistem juga tidak terlalu rumit, karena yang dibutuhkan minimal adalah prosesor Intel Pentium 4 2.4 GHz dan kartu grafis minimal GeForce 4 maupun ATI Radeon 8500.