Paseban Web Version

Tips Memilih Printer Berdasarkan Jenis dan Kebutuhan Pengguna

Saturday, 20 April 2013 06:00
Tips Memilih  Printer Berdasarkan Jenis dan Kebutuhan Pengguna

Printer adalah sebuah mesin cetak yang ditemukan oleh Johannes Gutenberg seorang berkebangsaan Jerman sekitar tahun 1950. Peralatan ini untuk pertama kalinya digunakan di Eropa. Johannes sendiri sebenarnya adalah seorang tukang emas dan usahawan yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak secara revolusioner. Pada saat itu percetakan merupakan sebuah penemuan yang sangat penting pada milenium lalu, meskipun dampaknya secara global tidak terlalu besar. Seiring berkembangnya waktu, teknologi printer terus mengalami perubahan sesuai kebutuhan jaman. Saat ini ada banyak model dan merk printer yang beredar dipasaran. Merk printer ternama saat ini dipegang oleh Epson. Sedangkan merk printer dengan harga yang terjangkau adalah Canon. Pada level midle ada hp yang menawarkan cara baru bagi konsumen. Membeli perangkat ini pun jangan dilakukan secara sembarangan. Ada tips memilih printer agar perangkat yang anda beli lebih tepat guna.

Memilih sebuah printer yang handal, berkualitas dan tahan lama bukanlah merupakan suatu hal yang mudah. Dipasaran banyak ditawarkan produk printer yang menawarkan kualitas cetak yang bagus dengan fitur banyak serta harga yang murah. Akan tetapi sayang kadang barang tersebut setelah pemakaian satu bulan cepat rusak. Maka diperlukan tips memilih printer, apalagi jika perangkat tersebut kita gunakan setiap saat karena pekerjaan. Dipasaran negara kita, ada banyak merk printer yang dapat ditemui. Ada Epson, Canon, HP. Dan baru- baru ini muncul printer Fuji Xerok.

Banyak printer yang saat ini beredar dipasaran sudah mengalami modifikasi baik oleh individu ataupun oleh pabrik. Seperti halnya Epson yang langsung melekatkan tinta infus pada printernya. Epson model ini hanya bisa ditemui di Indonesia. Ada juga printer yang infusnya dibuat sendiri oleh individu pada saat perangkat sudah dibeli. Biasanya yang seperti ini, pada saat membeli oleh sang pedagang printer ditawari apa printer yang dibeli mau dibuatkan infus atau tidak. Memilih printer infus cocok untuk digunakan pada perkantoran atau area bisnis. Ini merupakan salah satu tips memilih printer, sebab printer infus sangat tepat karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika untuk penggunaan berat. Jika printer digunakan untuk kebutuhan rumahan yang hanya pemakaian sesekali akan menyebabkan tinta cepat kering. Adapun kelebihannya antara lain yang bisa dijadikan pertimbangan adalah :

  • Suplai tinta tidak cepat habis, itu disebabkan botol- botol penyimpanan tinta yang berada dalam jumlah banyak dibandingkan ukuran normal.

  • Cartridge bisa lebih awet, karena sudah memakai infus maka pengguna printer infus tentu saja sudah tidak usah lagi di sibukkan dengan memasang dan mencabut cartdrige.

  • Lebih praktis, pemakai tidak akan mengalami gagal ngeprint hanya gara- gara kehabisan tinta. Karena jika tinta habis bisa langsung terlihat dan langsung diisi.

  • Ada banyak printer infus yang bisa ditemui dipasaran. Harganya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000 jutaan.

Jika sebuah printer hanya akan digunakan untuk kebutuhan rumah atau kantor dengan keperluan mencetak dokumen dalam skala kecil. Tips memilih printer untuk kebutuhan seperti ini maka pilihannya diarahkan pada pemakaian printer suntik atau injeksi. Ada kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan printer suntik ini, antara lain :

  • Pada kualitas cetak foto, printer jenis ini memiliki kualitas cetak foto yang tinggi apalagi jika foto tersebut dicetak menggunakan kertas foto khusus.

  • Mempunyai kecepatan yang tinggi. Printer suntik memiliki kecepatan mencetak yang tinggi untuk pekerjaan ringan.

  • Harga yang lebih ekonomis.

  • Dapat mencetak secara langsung, printer jenis suntik dapat melakukan pencetakan langsung dari kamera digital ataupun menggunakan media card tergantung type printernya.

  • Jenis printer suntik bisa di dapat dengan harga di bawah satu juta.

Selain dua jenis printer diatas, ada lagi satu tips memilih printer yang bisa dipilih. Yaitu memilih printer HP Advance ink. Printer jenis ini tidak membutuhkan tinta suntik ataupun tinta infus. Printer HP ini hanya bisa mencetak satu rim kertas dengan tulisan hitam. Kelebihan dari printer Hp antara lain :

  • Dapat mencetak pada format lebar. Biasanya digunakan untuk membuat iklan atau pemasaran marketing.

  • Hemat penggunaan tinta serta harga cartridge yang murah. Untuk cartridge hitam dan berwarna seharga RP 90.000

  • Lebih aman karena memakai tinta original, printer Hp menggunakan printer langsung yang berasal dari cardrige jadi tidak memerlukan infus atau suntik untuk pengisian tinta.

Itu tips memilih printer yang banyak di butuhkan. Silahkan anda memilih jenis printer mana yang sekiranya cocok untuk anda pakai.
[MER]