Paseban Web Version

Heboh Penemuan Teknologi Terbaru Minggu Ini, Dari "Android” Hingga Tiruan Google Glass

Tuesday, 16 April 2013 08:00
Heboh Penemuan Teknologi Terbaru Minggu Ini, Dari "Android” Hingga Tiruan Google Glass

Penemuan teknologi terbaru memang diiringi dengan berbagai decakan kagum dari para pengamat teknologi. Memang, progress yang terlihat makin lama serasa makin pesat. Baru saja kita dibuat kagum oleh keberadaan robot yang bisa bergerak dan membantu melakukan berbagai tugas, kini ada rumor bahwa ada beberapa pihak yang sedang mengembangkan android, robot yang menyerupai manusia.

Ilustrasi di atas merupakan sebuah gambaran betapa kemajuan teknologi akhir-akhir ini bergerak makin cepat. Penemuan teknologi satu berpotensi untuk mengembangkn penemuan lain, dan efek rantai itu akan terus terhubung, menjadikan kemajuan teknologi merupakan suatu hal yang kini dianggap sebagai suatu hal yang lumrah. Seperti halnya salah satu penemuan teknologi terbaru minggu ini yang berhembus dari Cina, tentang pengembangan sebuah hardare yang digadang-gadang merupakan saingan dari Google Glass.

Tidak hanya perangkat hardware baru saja, penemuan teknologi terbaru juga kadang-kadang masih melibatkan perangkat yang sudah ada, sebut saja smartphone. Minggu ini tersiar kabar bahwa Google akan mengembangkan versi baru dari Nexus 7 yang sempat menjadi andalannya pada kancah persaingan teknologi smartphone. Berikut adalah detail dari beberapa informasi teknologi minggu ini menurut Mashable.

Proyek Pengembangan Cyborg Oleh Seorang Milyuner Rusia

Dmitri Itskov, seorang milyuner dari Rusia, mengemukakan idenya untuk mengembangkan sebuah proyek penemuan teknologi terbaru dimana manusia dapat memiliki tubuh yang abadi karena didukung oleh keberadaan teknologi. Tujuan utama dari proyek ini adalah memindahkan kesadaran dan akal pikiran manusia dari otak yang memiliki keterbatasan daya hidup, ke sebuah mesin yang tentunya memiliki siklus hidup lebih panjang.

Penemuan teknologi terbaru ini memang nampaknya masih mustahil, tapi Dmitri serius dengan idenya. Ia bahkan telah membuat sebuah timeline dimana ia telah memetakan berbagai teknik pembuatan cyborg melewati beberapa dekade. Timeline ini terbagi dalam 4 fase yang dinamai Avatar A - Avatar D.

Avatar A (2015-2020) adalah keadaan dimana sebuah robot yang menyerupai manusia dapat dikndalikan oleh BMI (Brain-Machine Interface), teknologi yang saat ini telah tersedia. Avatar B adalah jangka waktu dimana proses transplantasi otak manusia ke sebuah tubuh buatan harus telah ditemukan. Pada era ini, emosi si objek sebagai manusia memang hilang. Tapi penemuan teknologi terbaru berikutnya akan menghilangkan kelemahan ini. Avatar C direncanakan akan berjalan pada 2035, saat penambahan emosi diciptakan dengan menggunakan teknik yang rumit. Avatar D, direncanakan akan terjadi pada tahun 2045, adalahs ebuah masa dimana penggunaan hologram akan mulai optimal untuk mewujudkan "seorang” manusia lengkap dengan pemikiran dan perasaannya.

Baidu Eye, Sebuah Teknologi Dengan Inspirasi Dari Google Glass

Sebuah perusahaan dari Cina, Baidu, mencoba untuk mengikuti penemuan teknologi terbaru dari Google tentang sebuah kehadiran kacamata pintar. Google mengemukakan bahwa dengan kacmata ini, penggunanya dapat melakukan berbagai hal menarik, diantaranya mengambil gambar, merekam video, membaca berbagai informasi, berhubungan dengan orang lain, serta banyak fitur lain.

Penemuan teknologi terbaru yang satu ini menarik hati Baidu, dan dengan sebuah proyek yang dinamai Baidu Eyes, mereka berusaha menghadirkan teknologi yang mendekati teknologi Google. Beberapa fiturnya akan kompatibel dengan bahasa dan hururf Mandarin. Memang untuk saat ini Baidu belum memiliki rencana untuk melepas kacamata pintar mereka untuk umum, namun pihak Baidu tetap mengamati perkembangan pasar, dan akan terus melakukan evaluasi tentang potensi kehadiran perangkat mereka di tengah-tengah masyarakat.

Versi Baru dari Google Nexus 7 Akan Diluncurkan

Kabar penemuan teknologi terbaru minggu ini dipenuhi tentang rumor akan kehadiran versi abru dari Google Nexus 7. Bagaimana Google akan meningkatkan kinerja Nexus 7, sementara Nexus 7 yang telah ada memiliki kemampuan yang lebih dari cukup untuk sebuah perangkat elektronik?

Sebagai informasi, Nexus 7 yang telah beredar memiliki prosesor Nvidia Tegra 3, serta memiliki kualitas layar full HD 1280x800 piksel. Nexus 7 versi barunya akan menggunakan prosesor Snapdragon dan memiliki resolusi yang lebih tinggi. PerkeVersi Baru dari Google Nexus 7 Akan Diluncurkan

Perkembangan teknologi terbaru minggu ini dipenuhi tentang rumor akan kehadiran versi abru dari Google Nexus 7. Bagaimana Google akan meningkatkan kinerja Nexus 7, sementara Nexus 7 yang telah ada memiliki kemampuan yang lebih dari cukup untuk sebuah perangkat elektronik? Sebagai informasi, Nexus 7 yang telah beredar memiliki prosesor Nvidia Tegra 3, serta memiliki kualitas layar full HD 1280x800 piksel. Nexus 7 versi barunya akan menggunakan prosesor Snapdragon dan memiliki resolusi yang lebih tinggi. Penemuan teknologi terbaru yang satu ini amsih belum dikonfirmasi oleh Google, dan detail spesifikasi dari perangkat baru ini pun masih belum diketahui. [MER]