Paseban Web Version

Tips Windows 8 Cara Melakukan Booting Windows 8 Safe Mode

Saturday, 13 April 2013 16:00
Tips Windows 8 Cara Melakukan Booting Windows 8 Safe Mode

Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Tips Windows 8 kali ini akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer Anda terutama yang berhubungan dengan hardware.

Untuk permasalahan dengan Software sebaiknya Anda lakukan pendeteksian sederhana dahulu seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan Software atau spesifikasi permintaan (requirement) dari Software. Apabila permasalahannya cukup rumit, sebaiknya Anda install ulang saja Software tersebut, karena akan terlalu rumit untuk memperbaiki sebuah Software

Salah satu solusi untuk menatasi masalah error atau troubleshooting pada sistem operasi Windows biasanya adalah dengan mempergunakan fitur Safe Mode pada Windows,

Mengatasi Troubleshooting PC pada sistem operasi Windows memiliki banyak langkah dan juga cara. Anda dapat mencoba System Restore jika menginginkannya, atau bisa juga dengan melakukannya menggunakan fitur utilitas pada Windows yang bernama msconfig, atau juga dengan mencoba fitur System Recovery, hal tersebut tergantung pada jenis dari troubleshooting atau masalah yang sedang komputer atau laptop Anda hadapi.

Di antara semua fitur yang sering digunakan adalah fitur Safe Mode, Safe Mode adalah salah satu utilitas atau fitur yang paling sering digunakan. Booting komputer Anda dalam Safe Mode adalah sesuatu yang selalu akan mencoba jika menghadapi beberapa masalah dengan normal start up, bahkan jika Anda tidak tahu banyak tentang apa yang Anda lakukan. Hal ini telah menjadi norma bagi pengguna PC selama bertahun-tahun, sampai Windows 8, dimana Safe Mode hilang tiba-tiba. Mirip dengan nirkabel ad-hoc koneksi di Windows 8, tidak seperti ini start up modus telah dibawa keluar, itu saja terkubur, dan memerlukan beberapa langkah yang harus diaktifkan. Dalam artikel kali ini, kami akan memandu Anda bagaimana untuk boot up Windows 8 PC di Safe Mode.

Ada beberapa cara untuk Anda agar dapat memasuki fitur Safe Mode pada sistem operasi Windows. Tips Windows 8 kali ini akan mencoba menjelaskannya khususnya bagi Anda pengguna sistem operasi Windows 8.

Melakukan Proses Booting Windows Safe Mode Secara Normal

Pada cara pertama ini, yang perlu Anda lakukan agar dapaat memasuki menu Safe Mode pada Windows 8 adalah dengan cara menggunakan fitur MSConfig. Adapun cara menggunakan MSConfig adalah sebagai berikut:

  • Silahkan tekan Win+R pada keyboard Anda, lalu silahkan ketikan "msconfig” (tanpa tanda kutip) kemudian tekan tombol Enter/Pilih MSConfig.

  • Setelah tampilan MSConfig sudah terbuka kemudian silahkan Anda buka jendela tab Boot, lalu kemudian lakukan checklist pada Safe Boot.

  • Lalu silahkan Anda klik tombol Apply kemudian tekan tombol OK.

  • Maka sistem akan meminta apakah akan melakukan Restart atau tidak, jika Anda memilih Restart, maka ketika booting Anda akan memasuki tampilan fitur Safe Mode

  • Perlu Anda ingat jika Anda terus melakukan checklist pilihan Safe Mode pada MSConfig maka sistem Windwos Anda, akan selalu melakukan booting dari Safe Mode,

  • untuk mengembalikan ke booting Windows normal maka silahkan lakukan Unchceklist pada fitur MSCnnfig tadi agar booting kembali ke pengaturan default.

Melakukan Booting Safe Mode Pada Windows 8 Saat Sistem Belum Dimulai
Adapun cara kedua agar bisa melakukan proses booting melalui Safe Mode pada Windows 8, cukup sulit karena dibutuhkan kecepatan tangan Anda, yaitu saat proses splash screen tampilan boot Anda harus menekan tombol Shit dan juga tombol F8 secara cepat, agar Anda bisa memasuki tampilan fitur Recovery Mode pada Windows 8.
Setalah Anda berhasil melakukan hal tersebut, maka Anda akn menjumpai tampilan Recovery Screen

Silahkan Anda pilih pilihan Troubleshoot, lalu jika sudah kemudian selanjutnya pilih troubleshoot menu, klik Advanced options, lalu pilih Windows Startup Settings.

Pada latyar selanjutnya, sistem akan menanyakan pada Anda untuk melakukan proses restart, lalu selanjutnya akan ada tampilan dimana Anda akan memilih tampilan boot secara Safe Mode ataukah booting secara normal. Karena kali ini Paseban membahas Safe Mode, maka silahkan Anda pilih Safe Mode.

Tampilan pilihan menu Safe Mode pada Windows 8 memang sedikit membingungkan bagi Anda yang awam dala sistem operasi, namun hal tersebut sebenarnya untuk memudahkan Anda jika Anda memiliki troubleshooting pada sistem operasi Windows 8 milik Anda. [AG]