Paseban Web Version

Perlukah Kita Membeli Microsoft Office 2013?

Tuesday, 19 March 2013 15:00
Perlukah Kita Membeli Microsoft Office 2013?

Beberapa saat yang lalu Microsoft telah resmi mengumumkan peluncuran Microsoft Office 2013. Software pengolah data tersebut merupakan penerus dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Office 2010. Sebagaimana biasanya, banyak pro dan kontra yang terjadi seiring dengan keluarnya produk teranyar dari Microsoft tersebut. Banyak yang mengatakan jika versi 2013 ini tidak ada bedanya dengan versi 2010 sehingga Anda tidak usah membelinya. Namun banyak juga pihak yang menyarankan untuk membeli produk Office 2013 ini.

Namun rasanya Anda tidak perlu merasa kebingungan untuk membeli atau tidak produk tersebut. Pasalnya, banyak produk lain yang disediakan secara gratis yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif Office 2013 ini. Sedangkan jika Anda memutuskan untuk membelinya, maka Microsoft juga sudah menyediakan berbagai macam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki. Bahkan, ada juga paket murah meriah dari Microsoft untuk pemakaian Office 2013 dalam jangka waktu 1 tahun.

Fitur dan Harga Office 2013

Seperti biasanya, Microsoft Office 2013 ini didukung dengan 4 aplikasi intinya, yaitu Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Semua aplikasi tersebut akan Anda dapatkan di semua versi Office 2013. Aplikasi-aplikasi lainnya akan ditambahkan secara bervariasi tergantung dari uang dan versi yang Anda miliki. Sebagai contoh, Outlook 2013 bisa Anda dapatkan di versi Office Home & Business dan juga Office Professional. Sementara aplikasi Publisher dan Access hanya akan Anda dapatkan di versi Office Professional saja.

Selain itu, terdapat juga versi Office 365 yang menawarkan Outlook, Publisher, Access, Skydrive, dan Skype secara keseluruhan. Berikut adalah daftar versi Office 2013 yang ditawarkan oleh Micrososft:

  • Office 365 ($99.99 untuk 5 PC atau Mac dengan lisensi pertahun)

  • Office Home & Student 2013 ($139.99, untuk 1 PC personal)

  • Office Home & Business 2013 ($219.99 untuk 1 PC personal & bisnis)

  • Office Professional 2013 ($399.99 untuk 1 PC personal & bisnis)

Semua paket yang ditawarkan Microsoft tersebut memang terkesan cukup mahal. Jika sekiranya Anda hanya membutuhkan aplikasi tertentu saja, maka Microsoft juga menawarkan paket individual yang dapat Anda beli secara terpisah. Sebagai contoh, aplikasi Micrososft Word 2013 dapat Anda beli seharga $109,99.

Perlukah Kita Membelinya?

Jika kita melihat daftar paket yang ditawarkan oleh Microsoft di atas, mungkin paket Office 365 seharga 99 dollar merupakan paket yang sangat ideal. Namun yang perlu Anda ingat, paket tersebut hanya menyediakan lisensi selama satu tahun sehingga Anda harus memperpanjangnya kembali tahun depan. Bisa jadi, biaya langganan Anda akan lebih mahal ketimbang harga Office Professional 2013 sekalipun.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak uang, maka Anda dapat mencoba berbagai macam aplikasi Office yang disediakan secara gratis seperti OpenOffice dan Google Docs. Kedua palikasi tersebut menyediakan fitur yang tidak kalah baik dengan produk milik Micrososft.

Akan tetapi jika Anda merupakan seorang penggemar berat Microsoft Office dan tidak bisa lepas dari padanya, maka Anda juga dapat mengandalkan berbagai layana gratis yang disediakan oleh Micrososft Office Web Apps. Aplikasi semacam Word, Excel, dan PowerPoint semuanya dapat Anda gunakan secara gratis melalui browser Anda layaknya layanan yang ditawarkan oleh Google Docs. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat diakses hanya dengan menggunakan akun Microsoft yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan dokumen yang telah Anda buat di SkyDrive ataupun di PC Anda.

Simpulan

Microsoft meluncurkan Office 2013 sebagai jawaban atas tuntutan para penggunanya yang ingin lebih meningkatkan produktivitas, terutama untuk kalangan peljar dan juga pebisnis. Sayangnya, harga yang ditawarkan oleh Microsoft tersebut tergolong mahal untuk beberpa kalangan tertentu sehingga mereka harus berpikir dua kali untuk membelinya.

Padahal, untuk mengerjakan hal-hal kecil seperti dokumen Word atau tabel Excel, rasanya aplikasi gratisan dari OpenOffice ataupun Google Docs sudah dapat memenuhi semua itu. Bahkan, layanan web serupa dari Microsoft pun sudah dapat Anda gunakan untuk mengerjakan hal-hal semacam itu. Jadi, apakah Anda ingin membelinya? [GAN]