Phablet Cross A20 vs Mito A220, Adu Handphone Dibawah 1 Juta

Monday, 11 February 2013 17:00
Phablet Cross A20 vs Mito A220, Adu Handphone Dibawah 1 Juta

Phablet Cross A20 vs Mito A220, Adu Handphone Dibawah 1 Juta
Menurut beberapa pengamat teknologi, tahun 2013 akan menjadi tahun di mana phablet akan menjadi tren. Ini didukung dengan ajang Consumer Electronics Show 2013 di AS pada bulan Januari yang lalu, beberapa vendor besar seperti Samsung, Sony, LG, dan HTC beramai ramai memamerkan produk produk berlayar 5 inci milik mereka. Hal ini langsung ditangkap sebagai sinyal positif oleh para vendor lokal untuk meluncurkan produk phablet milik mereka ke pasar Indonesia.
Namun, kemunculan phablet lokal pun harus memikirkan berbagai aspek untuk dapat bersaing dengan baik, mengingat phablet dari vendor ternama tentunya menawarkan berbagai fitur yang menggoda dan tidak dapat ditolak begitu saja. Untuk kali ini Cross dan Mito mencoba meluncurkan produk phablet yang merupakan handphone dibawah 1 Juta harga murah ini menjadi daya tarik, di mana mereka akan bersaing di pasar phablet yang berada di bawah 1 juta rupiah. Mari kita simak perbandingan dari kedua phablet besutan vendor lokal tersebut.

Desain

Jika kedua phablet dilihat secara sekilas, keduanya terlihat memiliki ukuran yang sama, namun setelah digenggam, Mito A220 terasa lebih lebar dan panjang. Ini menyebabkan diagonal layar dari Mito A220 pun lebih lebar dibandingkan dengan Cross A20. A220 pun yang diberikan warna putih pada casing membuat ponsel ini terlihat mewah, namun tentunya beresiko cepat kotor, terutama bagi mereka yang sering berada di lingkungan yang berdebu dan tangan yang berkeringat. Sedangkan warna hitam yang digunakan Cross A20, meminimalisir munculnya sidik jari yang menempel. Tombol pada kedua ponsel diletakkan secara berbeda, namun tetap nyaman dan mudah dijangkau dengan tangan Anda. Casing plastik penutup baterai pada kedua ponsel terbuat dari plastik, sehingga muncul kesan kesat yang mengurangi resiko ponsel tergelincir ketika digenggam.

Pada bagian layar, Cross A20 terbilang cukup unggul, ini dikarenakan layar yang digunakan merupakan layar kapasitif, sedangkan Mito A220 menggunakan layar resisitif. Bagi para pengguna layar sentuh, fitur ini merupakan bagian penting karena sangat menentukan kenyamanan dari para pengguna nantinya, apalagi phablet dengan layar lebar 5 inci sangat mengutamakan sensitifitas layar. Teknologi ini juga yang menyebabkan Cross A20 lebih sensitif dan nyaman untuk digunakan. Pada tampilan antar muka sendiri pun, keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, ini disebabkan keduanya menggunakan tampilan default dari pabrik.

Kamera

Untuk kamera, Cross A20 menggunakan resolusi kamera 3 MP di bagian belakang dan 1.2 MP di bagian depan. Sedangkan Mito A220 menggunakan resolusi kamera 2 MP di bagian belakang dan 0.3 MP di bagian depan. Tentunya dengan harga di bawah satu juta, resolusi kamera ini terbilang cukup memadai saat ini. Apalagi keduanya memiliki fitur flash yang dapat membantu memaksimalkan hasil foto Anda di tempat gelap atau kurang cahaya. Walaupun begitu, karena kurangnya dukungan perangkat lunak pada kamera, masih dapat ditemukan noise pada kedua kamera, terutama pada saat saat tertentu, yang menyebabkan hasil foto tidak maksimal.

Performa

Layaknya ponsel lokal yang beredar, dual SIM menjadi fitur Andalan sekaligus fitur yang menjadi daya tarik tersendiri. Keduanya memiliki kemudahan dalam memasukkan SIM Card, ini terlihat ketika Anda membuka casing belakang, maka Anda dapat dengan mudah menemukan slot untuk kedua SIM Card yang bisa Anda masukkan. Cross A20 menggunakan sistem bertumpuk untuk memasukkan SIM Card, sedangkan Mito A220 terpisah. Keduanya menggunakan sistem dual on yang memungkinkan Anda untuk mengaktifkan kedua SIM Card secara bersamaan.

Kesimpulan

Cross A20 dibanderol dengan harga 830 ribu rupiah, sedangkan Mito A220 dibanderol dengan harga 800 ribu rupiah, 30 ribu lebih murah dibandingkan dengan Cross A20. Perbedaan harga yang tidak terlalu jauh menjadikan keduanya layak untuk diadu dalam hal fitur yang mereka miliki. Namun, untuk mereka yang menginginkan kesan mewah layaknya produk Apple, Mito A220 bisa menjadi pilihan utama, ini dikarenakan casing berwarna putih yang digunakan memunculkan kesan mewah dan elegan. Namun untuk mereka yang tidak terlalu apik atau malas untuk membersihkan ponsel secara berkala, Cross A20 lebih unggul karena ponsel ini tidak terlalu harus sering dibersihkan. Sedangkan untuk performa, keduanya terbilang cukup berimbang. [IRW]