X-Mouse Button Control - Memberikan Fungsi Yang Berbeda Bagi Mouse Anda

Tuesday, 22 January 2013 13:00
X-Mouse Button Control - Memberikan Fungsi Yang Berbeda Bagi Mouse Anda

Mouse merupakan organ vital bagi seorang gamer pastinya. Game-game PC yang besar hampir semua menggunakan mouse sebagai penngendali atau navigasinya. Banyak game yang tidak bisa dimainkan tanpa mouse. Mouse bisa bergerak kesana kemari untuk mengontrol game yang kita mainkan sedangkan keyboard statik tampak sulit untuk navigasi sebuah game. Walau begitu, bukan hanya gamer yang membutuhkan sekali mouse. Kebanyakan pengguna komputer membutuhkan mouse untuk kendali di komputer mereka.

Mouse normal mungkin kurang fleksibel digunakan untuk game dan tindakan-tindakan di luar tugas mouse normal. Untuk mendapatkan kontrol penuh akan mouse di luar mouse regular, kita harus rela mengeluarkan dana ratusan ribu membeli mouse khusus gaming. Tetapi walau kita tidak rela mengeluarkan uang sebesar itu untuk mendapatkan kontrol penuh, kita masih bisa memanfaatkan software untuk mouse. Banyak software yang ditujukan khusus untuk mouse, salah satu yang terbaik adalah X-Mouse Button Control. Anda hanya butuh bagaimana mengoperasikannya. Simak terus!

X-Mouse Button Control

X-Mouse Button Control kompatibel dengan berbagai Windows seperti Windows 2000, XP, 2003, 2003 R2, Vista, 2008, 2008 R2, dan 7. Hingga saat ini penggunaan di Windows 8 juga belum ada laporan masalah apapun. Hanya saja tidak ada versi portable untuk software yang satu ini. untuk memilikinya kita bisa langsung mendowloadnya secara gratis sebesar 4MB. Karena tidak ada versi portable maka XMBC memberikan kelonggaran bagi kita untuk menyimpan datanya di directory yang kita inginkan, termasuk di flashdisk. Program tetap berjalan bila Anda sudah menginstal dan menyambungkan flashdisk.

Antarmuka software ini sangat mudah dimengerti dan sederhana. Kita tidak akan kesulitan menguasai fungsi-sungsinya. Profil default hanya berisi tentang pengaturan awal dari mouse Anda. Hal ini berfungsi ketika Anda ingin kembali ke pengaturan semula setelah bermain game. Ada lima profil yang bisa kita atur, termasuk profil default.

XMBC mampu mengubah fungsi tombol-tombol Anda menjadi tidak biasa. Ini beberapa perintah yang bisa dilakukan mouse Anda:
• Mengaktifkan screensaver
• Membuka email
• Mengunci workstation
• Semua kontrol media player
• Print Screen
• Menjalankan aplikasi
• Menampilkan/menyembunyikan desktop
• Membuka kontrol panel
• Browser stop, reload, open new tab, next, back
• Fungsi copy, paste, cut

Sebenarnya masih banyak lagi tindakan yang bisa Anda pilih untuk tombol di mouse. Namun sepertinya hal diatas yang paling seing kita ingin akses secara cepat. Anda tinggal memilih dengan scroling kebawah untuk mencari fungsi-fungsi lainnya.

Kita bisa menambahkan profil lain selain yang disediakan oleh mereka. Karena kita memiliki berbagai kebutuhan kontrol mouse yang berbeda-beda disetiap program yang ada di komputer kita. maka dari itu, pengembang memberikan kemudahan untuk menambahkan profil di jendela sebalah kiri. Ini sangat luar biasa, apalagi untuk gamer. Kita bisa mengatur spesifikasi setiap kebutuhan kontrol kita dengan mouse yang sederhana. Pengembang juga menyediakan pengaturan untuk scroling, Scroling & navigation di tab paling kanan jendela. Ada juga Global Setting yang berfungsi untuk pengaturan secara global seperti sensivity mouse, Bypass, Swap dan lain-lain. Ini benar-benar full kontrol. Bila Anda memiliki mouse di atas mouse standar software ini sangat berguna sekali memaksimalkan tombol-tombol yang ada pada mouse Anda.

Software ini merupakan software yang sederhana saja. Sebuah software untuk pengaturan mouse yang lebih dari yang diberikan Windows. Pengaturan kecil seperti ini sangat berarti bukan hanya bagi gamer saja. Bagi pengguna lain ini juga sangat berguna sekali, bisa lebih memanfaatkan mouse secara lebih maksimal dan sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Sepertinya Windows mulai melirik software ini karena pengaturan mouse yang mereka berikan saat ini sangat standar sekali. Tidak ada eksplorasi mouse yang lebih memaksimalkan fungsi mouse. Bayangkan saja bila software ini terintegrasi dengan Windows, kita tidak akan sulit-sulit lagi mengatur sebuah mouse gaming yang tombolnya sangat banyak. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk mouse standar agar lebih berperforma. [RIC]