Paseban Web Version

Advan T1A - Tablet PC Android Murah dengan Harga Satu Jutaan

Thursday, 17 January 2013 10:30
Advan T1A - Tablet PC Android Murah dengan Harga Satu Jutaan

Setelah meluncurkan beberapa model tablet sebelumnya, Advan kembali memperkaya pilihan tablet berkelas di harga satu jutaan. Pasar tablet memang dapat dikatakan sedang dalam proses menanjak di mana banyak pihak yang mengincar tablet untuk dijadikan salah satu koleksi dari gadget kesayangan. Untuk dapat bersaing dengan vendor lain, terutama vendor luar yang juga ikut membidik pasar menengah, tentunya Advan harus mempersiapkan persenjataan lengkap agar dapat keluar sebagai pemenang dalam persaingan ini. Mari kita simak ulasan mengenai Tablet PC Android Murah Advan T1A.

Desain

Sekilas Advan T1A terlihat mirip dengan Samsung Galaxy Tab, namun bila diperhatikan lebih dalam lagi, maka terlihat beberapa perbedaan fisik yang nyata. Sebagai contoh adalah peletakan tombol kamera yang berada di sebelah kanan, bukan sebelah kiri. Pengelompokkan slot dan port pun menjadi salah satu perbedaan yang terasa. Pada bagian bawah slot SIM card, micro SD, port charger, dan port audio dapat Anda temukan. Tentunya ini akan mempermudah Anda dalam menghafal letak dari slot dan port yang Anda butuhkan. Pada bagian belakang terdapat speaker utama bersandingan dengan kamera utama dengan fitur flash yang tentunya akan menjadi senjata utama ketika akan mengambil foto di daerah kurang cahaya.

Layar dan Tampilan Antar Muka

Lebarnya layar tentunya menjadi senjata utama dari sebuah tablet yang memungkinkan Anda untuk dapat menjelajahi semua bagian dari layar tablet. Advan T1A sendiri memiliki kelapangan hingga 7 inci dengan tingkat responsif yang cukup baik. Penggunaan Ice Cream Sandwich pada tablet menjadikan tampilan antar muka cukup familiar di mata para pengguna tablet Android terutama Android Ice Cream Sandwich. Selain itu, dukungan terhadap fitur drag and drop ikon untuk Android pun dapat Anda jalankan tanpa hambatan karena responsif layar yang terbilang cukup baik. Walaupun tidak seperti vendor terkenal yang melibatkan perangkat lunak tambahan untuk wajah halaman utama, seperti TouchWiz untuk Samsung atau HTC Sense untuk HTC, Advan T1A menggunakan tampilan stAndar ala Ice Cream Sandwich. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melakukan perubahan tampilan dengan menggunakan "Launcher” yang bisa Anda dapatkan di Play Store. Anda tinggal memilih "Launcher” yang sesuai dengan selera Anda.

Kamera

Saat ini, kamera merupakan salah satu fitur yang wajib disematkan pada sebuah ponsel atau pun tablet. Sadar akan kebutuhan kamera oleh pengguna, Advan tidak tanggung tanggung dalam menyematkan kamera. Bila pada umumnya vendor lokal tidak menyematkan kamera dengan resolusi tinggi, maka kali ini Advan menyematkan kamera beresolusi 5 MP sebagai kamera utama dan kamera VGA pada kamera sekunder untuk Advan T1A. Tentunya resolusi 5 MP akan menjamin hasil foto semakin tajam dan terang. Selain itu, tambahan fitur flash yang dimiliki oleh kamera akan semakin membantu Anda dalam memaksimalkan hasil tangkapan foto Anda melalui tablet ini.

Audio

Advan juga menyadari bahwa audio merupakan salah satu fitur yang menjadi incaran para pengguna. Namun tidak hanya pemutar suara dengan efek biasa, pemutar audio juga dilengkapi dengan fitur pengubah efek suara, sehingga suara yang dihasilkan lebih beragam. Speaker fisik dari tablet pun terbilang cukup baik dalam mengeluarkan suara yang berasal dari pemutar musik. Lagu tetap terdengar baik walaupun volume dimaksimalkan. Tablet ini juga mendukung penggunaan earset bila Anda ingin mendengarkan musik dengan suasana yang lebih personal atau tidak mau mengganggu orang di sekitar Anda.

Kinerja dan Benchmark

Kinerja dari Advan T1A terbilang baik, ketika digunakan untuk memainkan game, memutar video streaming, membaca email, dan lain lain, semuanya dapat dilakukan dengan baik dan lancar. Bahkan dari pengujian benchmark pun muncul skor yang cukup baik. Pada aplikasi Antutu, muncul skor 3032, sedangkan dengan Quadrant muncul 1377.

Kesimpulan

Tablet Android dengan Ice Cream Sandwich ini dibanderol dengan harga 1.5 juta rupiah. Bagi Anda yang sedang mencari tablet Android dengan sistem operasi canggih dengan harga murah, maka Advan T1A bisa menjadi alternatif utama di dalam daftar pencarian Anda. [IRW]