Paseban Web Version

Cara Menghapus File Secara Permanen Dengan 4 Software Ini

Saturday, 12 January 2013 15:00
Cara Menghapus File Secara Permanen Dengan 4 Software Ini

Setiap hari pasti kita sering menghapus berbagai macam file. Namun perlu Anda ketahui bahwa file-file tersebut sebenarnya belum benar-benar terhapus dari komputer Anda. Bahkan jika Anda melakukan formatting terhadap hard drive Anda, file-file tersebut juga tetap masih dapat ditemukan kembali. Salah satu cara sederhana agar file tersebut benar-benar terhapus adalah dengan melakukan overwrite, atau menimpa file tersebut dengan file yang lain. Sayangnya, hal tersebut tidak dapat dilakukan secara manual karena harus menggunakan mekanisme otomatis dari sistem Windows Anda.

Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas cara menghapus file secara permanen dari PC Anda dengan bantuan 4 software. Keempat software tersebut akan benar-benar menghapus file dari hard drive Anda ataupun media penyimpanan lainnya seperti USB flash disk. Berikut Paseban akan mengulas software tersebut untuk Anda.

Darik’s Boot And Nuke

Melakukan low level formatting sangatlah tidak praktis dan juga terkadang masih menyisakan beberapa file penting di hard disk Anda. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar ingin menghapus file di hard disk Anda secara permanen sebelum Anda menjual atau memberikannya ke orang lain, maka Anda dapat menggunakan software Darik’s Boot and Nuke.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan burning file ISO aplikasi ini ke sebuah CD atau DVD. Setelah itu Anda harus melakukan booting komputer Anda dari CD atau DVD tersebut. Setelah melakukan booting Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah mudah yang telah disediakan oleh aplikasi ini untuk menghapus seluruh data dari hard drive Anda.

CCleaner

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang sudah sangat terkenal, yaitu CCleaner. Melalui CCleaner Anda dapat menggunakan fitur Drive Wiper yang dapat Anda akses melalui menu Tools > Drive Wiper. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda dapat menghapus space yang kosong atau keseluruhan isi hardi disk Anda. Selain itu Anda juga dapat memilih opsi "35 passes” yang artinya data Anda akan di overwrite oleh berbagai jenis kode binary berbeda sebanyak 35 kali. Dengan berbagai setingan overwrite yang kompleks ini maka dijamin tidak akan ada yang bisa untuk me-restore data yang telah Anda hapus tersebut.

SDelete

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Aplikasi SDelete. SDelete merupakan sebuah aplikasi yang dibuat langsung oleh Microsoft untuk membantu Anda agar benar-benar menghapus berbagai data dengan aman. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengikuti panduan seperti di bawah ini:

  • Download file ZIP yang berisi aplikasi ini di sini kemudian extract ke dalam sebuah folder

  • Click > [WINDOWS] + [R] untuk membuka window Run

  • ketik > cmd and click > OK untuk membuka command prompt.

  • Pindahkan SDelete.exe file ke directori > C:\User\yourusername

Setelah itu tulislah sebuah perintah di command prompt tersebut, seperti perintah > sdelete –z untuk menghapus space kosong dari partisi C: Anda.

Eraser

Aplikasi terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Eraser. Eraser merupakan sebuah aplikasi yang bersifat freeware dan open source yang dapat menghapus seluruh data secara permanen dari hard disk Anda. Aplikasi ini akan melakukan overwrite dengan berbagai macam bentuk kode binary agar file tersebut benar-benar tidak dapat terbaca lagi.

Aplikasi Eraser ini dapat dikatakan lebih mudah dibanding Drive Wiper CCleaner karena aplikasi eraser ini dapat menghapus file tunggal tanpa harus menghapus keseluruhan isi hard disk seperti yang dilakukan oleh CCleaner. Selain itu, aplikasi Eraser ini juga menyediakan berbagai macam menu yang lebih baik ketimbang CCleaner.

Menariknya, aplikasi Eraser ini juga memiliki versi portable-nya yang diberi nama EraserDrop Portable. Dengan begitu, jika Anda tidak ingin repot-repot menginstalnya, Anda dapat memilih versi portable dari aplikasi Eraser ini yang juga memberikan fitur dan kemampuan yang sama. Untuk mendapatkan versi portable-nya, Anda dapat mengunduhnya secara langsung di sini. [GAN]