Paseban Web Version

Lima Software Kunci Folder Terbaik Untuk Windows

Saturday, 12 January 2013 13:00
Lima Software Kunci Folder Terbaik Untuk Windows

Hampir setiap hari kita bergelut dengan berbagai jenis file yang ada di komputer. Tanpa disadari, beberapa diantaranya merupakan sebuah file pribadi dan rahasia yang mungkin tidak ingin dilihat oleh orang lain. Walaupun secara default Windows menyediakan fitur "Hidden File” untuk menyembunyikan berbagai file pribadi tersebut, namun fitur tersebut tentunya akan sangat mudah diketahui oleh orang lain.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Paseban akan mengulas untuk Anda beberapa software kunci folder yang dapat membantu Anda untuk menyembunyikan dan mengunci folder pribadi Anda. Apa sajakah aplikasinya? Berikut Paseban akan mengulasnya untuk Anda.

dirLock

dirLock merupakan sebuah aplikasi sederhana dan minimalis yang memiliki kemampuan untuk mengunci berbagai macam hal pada drive dengan partisi NTFS, seperti mengunci direktori, menguncu folder, hingga mengunci file. Aplikasi ini juga menyediakan sebuah opsi untuk menyembunyikan file, namun sayangnya file tersebut akan tetap terlihat ketika kita tidak mencentang opsi ˜Do Not Show Hidden Files” di sistem Windows.
Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mendownloadnya di sini.

MyLockBox

Aplikasi selanjutnya adalah MyLockBox yang memiliki tampilan yang cukup bagus. Aplikasi dapat membantu Anda untuk memberikan password kepada folder-folder tertentu. Jika terdapat banyak file yang ingin Anda kunci, maka file-file tersebut dapat Anda gabungkan kedalam sebuah folder sekaligus. Folder yang telah dikunci kemudian akan menghilang dan tidak akan bisa diakses oleh siapapun tanpa menggunakan password. Bahkan folder yang terkunci tersebut juga tidak akan bisa diakses walau melalui DOS ataupun safe Mode.
Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mendownloadnya di sini.

Sofonesia Folder Protector

Sofonesia Folder Protector merupakan sebuah aplikasi yang kecil dan ringan karena hanya memiliki ukuran sebesar 477 KB. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda harus terlebih dahulu menginstal .Net Framework di PC Anda. Cara mengunci folder menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah dimana Anda hanya tinggal memasukan semua file yang ingin Anda sembunyikan kemudian tekan tombol "Hide”. Sama seperti aplikasin sebelumnya, aplikasi Sofonesia Folder Protector juga dapat bekerja dengan baik dalam keadaan safe mode. Untuk melakukan uninstall aplikasi ini, Anda diharuskan untuk memasukan password serta melakukan unhide terhadap semua file yang telah Anda sembunyikan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mendownloadnya di sini.

Cryptainer LE

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah Cryptainer LE. Aplikasi ini akan membuat sebuah disk volume baru yang tersembunyi yang disebut "vaults”. Dalam vaults tersebut Anda dapat menyimpan berbagai macam file yang ingin Anda sembunyikan, termasuk file yang terdapat pada USB drive. Anda juga dapat membuat beberapa volume disk secara sekaligus di dalam komputer Anda. Berbagai macam file yang di simpan di vaults tersebut akan dienkripsi dengan baik sehingga akan sulit untuk menemukannya. Berbagai email rahasia yang Anda miliki juga dapat dikirimkan dengan algoritma enkripsi yang ada pada aplikasi ini. Untuk memasukan berbagai macam file ke dalam vault, Anda cukup mendrag dan menaruhnya di dalam vault tersebut untuk kemudian akan terenkripsi secara otomatis.

Aplikasi Cryptainer LE ini hanya memiliki ukuran sebesar 3 MB. Untuk versi gratisnya, aplikasi ini hanya menyediakan vaults sebesar 25 MB sehingga Anda perlu membeli versi berbayarnya agar dapat menikmati kapasitas vaults yang lebih besar. Untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

CryptArchiver Lite

Aplikasi terakhir yang dapat digunakan untuk mengunci folder adalah aplikasi CryptArchiver Lite. Aplikasi ini memiliki tampilan dan proses proteksi yang sama seperti yang dilakukan oleh Cryptainer. Aplikasi ini akan membuat sebuah drive yang terenkripsi dan hanya bisa diakses dengan menggunakan password. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan email rahasia ke orang lain.

Versi gratis dari aplikasi ini hanya memberikan kapasitas drive sebesar 20 MB dan akan selalu memberikan layar peringatan ketika Anda sudah memakainya lebih dari 15 hari. Untuk mencoba aplikasi sebesar 1,6 MB ini, Anda dapat mendownloadnya di sini. [GAN]