Paseban Web Version

Tips Dasar dan Cara Menggunakan Windows 8 untuk Pertama Kali Knowledge

Wednesday, 26 December 2012 14:30
Tips Dasar dan Cara Menggunakan Windows 8 untuk Pertama Kali Knowledge

Sistem operasi baru keluaran Microsoft telah menjadi pembicaraan banyak orang pengguna komputer, selain dengan berbagai fitur yang baru, Sistem operasi baru ini menawarkan sesuatu yang berbeda dan jauh lebih inovatif dari Sistem operasi sebelumnya, Sistem Operasi ini disebut dengan Windows 8. Pada kesempatan kali ini, Paseban akan membahas Tips Dasar Menggunakan Windows 8 jika Anda berminat atau sudah mulai memakai sistem operasi yang brilian dari Microsoft ini.

Windows 8 sudah dirilis di Indonesia pada tanggal 26 Oktober lalu. Anda bisa mendapatkan Windows 8 dari membeli sistem operasi ini secara pribadi atau Anda bisa mengupgrade sistem operasi jika sebelumnya Anda telah menggunakan Windows 7, tentunya dengan tambahan biaya.

Cara menggunakan Windows 8 pertama mengenai Start Screen. Start screen pada Windows 8 sudahjauh berbeda dengan Start screen yang biasa Anda jumpai pada sistem operasi sebelumnya. Jika Anda biasa menemukan tombol berbentuk lingkaran di pojok kiri bawah desktop, kali ini Windows 8 hadir dengan sentuhan yang sangat indah, tidak terdapat tombol windows untuk membuka menu Start pada Windows 8, jika Anda menggeser kursor mouse Anda ke pojok kiri bawah, Anda menemui kotak kecil yang muncul tiba- tiba, ketika Anda meng-klik kotak tersebut, Anda akan dibawa Windows 8 kedalam tampilan Start Screen barunya yaitu dengan tampilan aplikasi–aplikasi yang berbentuk kotak - kotak yang bergerak dinamis tidak lagi statis seperti versi sebelumnya, tentu saja Anda dapat mengakses Start Screen dengan hanya menekan tombol windows pada keyboard Anda. Seperti layaknya sistem operasi layar sentuh pada perangkat mobile, Anda dapat melakukannya pada Start Screen Windows 8 ini, dengan hanya satu klik pada salah satu kotak aplikasi yang ada, Anda langsung dibawa masuk ke dalam aplikasi yang Anda pilih tadi.

Tips Dasar Menggunakan Windows 8 yaitu Charm bar, yang merupakan suatu fitur yang belum pernah muncul sebelumnya di versi Windows manapun. Charm Bar berfungsi sebagai shortcut untuk melakukan beberapa hal pada komputer Anda, sehingga mempermudah Anda dalam berinteraksi maupun mengatur komputer Anda. Charm Bar tersembunyi di pojok kanan layar. Ia berisi menu Start, Share, Search, Device, dan Setting. Anda bisa memanggilnya dengan menyapu layar dari kanan ke tengah atau melayangkan mouse di atasnya. Bisa juga dimunculkan dengan keyboard. Caranya dengan menekan kombinasi Win+C.

Tips Dasar Menggunakan Windows 8 selanjutnya yaitu Recent Apps. Seperti layaknya sistem operasi mobile sebut saja Android, Windows 8 hadir dengan suatu fitur yang belum ada sebelumnya di dunia komputer yaitu dengan menampilkan daftar aplikasi yang telah Anda buka atau jalankan sebelumnya.

Berlawanan dengan Charm bar, di sebelah kiri terletak aplikasi-aplikasi yang baru saja kita buka. Sapu dari kiri ke tengah akan menampilkan aplikasi yang baru saja kita buka. Trik ini juga bisa juga dilakukan dengan mouse.

Tips Dasar Menggunakan Windows 8 yaitu tentang Windows Store. Layaknya Play store pada perangkat Android dan AppStore pada perangkat iOS, Windows 8 juga hadir dengan Windows Store, tempat berkumpulnya aplikasi - aplikasi menarik untuk komputer Anda seperti aplikasi berita, resep, musik, games dan lainnya. Meskipun jumlah aplikasi masih belum banyak, namun Windows Store sangat membuat Windows menjadi lebih fresh untuk digunakan. Anda dapat menemukan Windows Store pada Start Screen dengan lambang kantungatau tas belanja kotak dengan lambang Windows 8. Cara install aplikasi juga cukup mudah, penjelasan dari aplikasi cukup lengkap dan tentunya Windows Store ini mempunyai tampilan yang sangat - sangat memanjakan penggunanya.

Tips Dasar Menggunakan Windows 8 selanjutnya yaitu Anda dapat mengatur aplikasi - aplikasi Anda pada Start Screen. Dengan panjang Start Screen yang tidak terbatas, Anda dapat mengatur semua aplikasi yang telah Anda miliki hanya dengan cara drag and drop saja. Pengaturan aplikasi ini bertujuan untuk Anda yang ingin melihat Start Screen yang indah dan juga rapih tentunya. Demikian Tips Dasar Menggunakan Windows 8. [JON]