Smartfren Andromax Tab 7.0 - Tablet Cerdas dengan Harga Terjangkau

Friday, 21 December 2012 13:30
Smartfren Andromax Tab 7.0 -  Tablet Cerdas dengan Harga Terjangkau

Gairah pasar Tablet PC di Indonesia memang semakin meningkat. Tidak hanya pasar tablet global, tablet lokal malah lebih hiruk pikuk dengan kompetisi yang semakin senggit. Level harga sudah tentu menjadi pertaruhan, selain sedikit inovasi untuk tetap bisa menggoda konsumen. Tak ingin ketinggalan momentum, operatorpun turut serta meramaikan.

Seperti yang dilakukan Smartfren Andromax tab 7.0-nya. Berbekal harga kompetitif, hanya sejutaan, Smartfren coba mengoda konsumen dengan gimmick tanbahan berupa layanan data murah meriah. Namun, bagaimana dengan kinerjanya? Pantaskah bersaing dengan pesaingnya? Kali ini Paseban akan membahas mengenai Andromax Tab 7.0 mengenai apa saja fasilitas dan fitur yang disediakan oleh tablet yang satu ini.

Desain

Tidak mau disebut sebagai tablet yang berdesain murahan, Smartfen tablet memiliki material casing yang padat dan kokoh. Dilapisi materiel glossy di bagian depan dan belakang membuat tablet ini terlihat elegan. Pada lapisan belakang sengaja dibuat bertekstur agar tidak mudah tergelincir saat digenggam. Cover depan tidak memiliki tombol fisik. Hanya tombol virtual yang diadopsi. Layaknya seperti perangkat Android pada umumnya, tombol yang disematkan sebanyak tiga buah. Yakni Home, Beck, dan Menu.

Di tempat terpisah, pada bagian tepi atas terdapat lubang audio jack 3.5mm. Sementara bagian tepi bawah slot MicroSD, kartu RUIM, mini HDMI, microUSB, dan DC in yang berfungsi sebagai slot charger. Dimensinya juga terbilang tipis 199,5 x 126 x 10 mm. Sehingga cukup nyaman untuk digenggam saat melakukan oprasi fitur seperti berinternet dan memainkan games atau bermultimedia lainnya.

Fitur

Andro Tab berlayar di jaringan CDMA 2000 1x EV-DO Rev A 800/1900 Mhz. Untuk fitur yang dimiliki, Andro Tab terbilang lengkap. Mulai dari Gmail, peta digital, Google Drive, Movie Studio, Cinema Xxl, Gtalk, Places, YouTube, Viki, Play Store dan lainnya. Selain itu, terdapat aplikasi bawaan Smartfren yakni Smartfren Store, Smart Pustaka, Uangku, Gudang Musik, serta Smartfren TV. Tablet ini juga memiliki sistem operasi Android Ice Cream Sandwich sebagai pensinergi system. Sementara pada hardware 1 Ghz Prosesor Cortex ARM A8 dan RAM sebesar 1024 MB diusung sebagai dapur pacu. Cukup Spartan ketika diajak berakselerasi.

Kamera & Video

Tablet Smartfren memiliki dua buah kamera. Keduanya mengadopsi kerapatan piksel yang sama, yakni 2MP. Fitur kamera yang dimiliki terbilang lengkap. Modus scene mode auto dan night bisa dioptimalkan. Setelah memotret pun, Anda masih bisa melakukan edit foto agar hasil akhir menjadi lebih menarik. Di video, beragam pengaturan semisal white balance (auto, incandescent, daylight, fluorescent, dan cloudy) sudah tersedia. Alhasil, hasil video bisa menjadi lebih kaya dengan variasi kebutuhan yang bisa di pilih sesuai dengan kondisi saat merekam.

Sama dengan foto, di video terdapat aplikasi penunjang untuk memutar video. Labelnya Movie Studio, aplikasi ini dapat menghubungkan hasil rekam video menjadi sebuah cerita. Pada media player ini, Anda sudah bisa menjajalkan video HD 1080p.

Suksesor

Bila sang tablet pendahulu sudah berhasil dilansir dengan beragam keunnggulan. Smartfren Tablet baru dengan nama New Smartfren Andromax Tab 7.0 sudah disiapkan. Masih mengusung sistem operasi Android ICS, tablet ini mengadopsi teknologi layar dengan lima sentuhan jemari.

Kamera yang dimiliki naik kelas pada kamera utama dengan ketajaman 3MP. Sementara kamera depan 2MP dan sudah bisa digunakan untuk video call. Selain itu, prosesor yang digunakan juga menggunakan Cortex A9 dengan internal storage 8GB. Tak lupa ketahanan baterai pun turut mengalami peningkatan kapasitas. Bila di generasi sebelumnya sudah 3000mAh, meningkat menjadi 4000mAh.

Kesimpulan

Tentunya dengan semua keunggulan yang disebutkan di atas, menjadikan Andromax Tab 7.0 mampu bersaing di pasar menengah bersama para vendor lokal dan juga sekaligus mengancam keberadaan pasar atas yang masih dikuasai oleh vendor luar yang mematok harga tinggi pada produk tablet mereka. Ini bukan tanpa alasan, karena Andromax Tab 7.0 cukup berani menyuguhkan berbagai fasilitas mahal dan mewah di dalam tablet milik mereka. [IRW]