Pendatang Baru LAVA 506Q IRIS, Phablet Jelly Bean Asal India Unjuk Gigi

Saturday, 16 November 2013 18:00
Pendatang Baru LAVA 506Q IRIS, Phablet Jelly Bean Asal India Unjuk Gigi

Lava, sebuah produsen dari India, merilis sebuah perangkat yang memiliki sistem operasi Android Jelly Bean.Tidak tanggung-tanggung, perangkat yang dirilis adalah sebuah phabet.Phablet Jelly Bean ini dinamakan LAVA 506Q IRIS, produk teranyar dari perusahaan yang berbasis di India ini.

Sepintas, phablet Jelly Bean ala India ini tidak terlalu glamor.Desainnya sederhana, dan fitur yang terdapat di dalamnya pun terkesan biasa saja.Bagaimana Lava mendesain berbagai produknya? Apa saja keunggulan dari phablet terbaru dengan sistem oeprasi Android  Jelly Bean keluaran Lava yang satu ini?

Desain dan Dimensi

Desan yang terdapat pada perangkat ini cukup elegan, dengan berbagai sudut yang digarap dngan sederhana namun tetap tidak meninggalkan sisi elegan dari sebuah phablet. Layarnya yang besar tidak terlalu mengganggu, sebetulnya, namun tetap membuat perangkat yang satu ini sedikit terlihat lebih besar.Satu hal yang menarik dari perangkat ini adalah ketebalannya yang diketahui hanya berukuran 8.9 mm.

Performa

Prosesor dual core 1.2 GHz yang dipadu dengan RAM 512 MB menjadi dua kompunen utama pada sektor dapur pacu dari phablet Jelly Bean yang satu ini. Melihat spesifikasi internalnya, nampaknya Anda harus sedikit memilih aplikasi yang akan diinstall pada perangkat ini. Ukuran RAM yang relatif kecil akan membatasi performa aplikasi yang Anda install, terutama jika aplikasi tersebut merupakan sebuah game dan memiliki ukuran serta kualitas grafik yang cukup tinggi.

Layar

Phablet Jelly Bean ini hadir dengan layar berukuran 5 inci, dan memiliki teknologi OGS. Sayang sekali, spesifikasi lain termasuk dukungan resolusi masih belum diumumkan oleh Lava terhadap perangkat terbaru mereka yang satu ini.

Konektivitas

Tidak ada keterangan spesifik tetnang dukungan terhadap WiFI, namun perangkat yang satu ini disinyalir telah memiliki fitur konektivitas yang cukup lengkap. Phablet dengan OS Jelly Bean yang satu ini mendukung sinyal 3G, serta memiliki beberapa fitur konektivitas seperti jack audio 3.5 mm, port miniUSB, dan lain-lain.

Memori Penyimpanan

Memori penyimpanan internal yang terdapat pada phablet Jelly Bean yang satu ini memiliki ukuran sebesar 4 GB.Dukungan memori internal ini dapat diperbesar dengan kehadiran microSD up to 32 GB. Tentunya dengan ukuran media penyimpanan yang cukup besar ini membuat Anda nyaman untuk menyimpan berbagai file yang Anda sukai, bukan?

Kamera dan Video Recorder

Terdapat dua buah kamera pada perangkat yang satu ini.Phablet Jelly Bean keluaran Lava ini memiliki sebuah kamera utama pada bagian belakang perangkat, dengan kekuatan 5 MP. Kamera depan pada phablet yang satu ini hanya memiliki kekuatan 0.3 MP, namun sepertinya cukup untuk Anda yang tidak terlalu menggunakan fitur kamera depan.

Baterai

Phablet Jelly Bean ini ditenagai oleh sebuah baterai dengan kekuatan 2000 mAh.Tidak terlalu besar memang, apalagi untuk ukuran sebuah phablet.Baterai ini harus Anda hemat jika ingin penggunaannya dapat bertahan sepanjang hari.

Fitur Lain

Terdapat sensor gerak (gesture), fitur On The Air (OTA), dan beberapa fitur lain membuat perangkat yang satu ini layak untuk bersaing pada pasar middle low. Dengan berbagai fitur yang disematkan, phablet Jelly Bean ini merupakans ebuah pilihan yang menarik untuk Anda.

Harga

Lava masih belum merilis phablet Jelly Bean ini ke pasar global.Untuk urusan harga, perangkat yang satu ini memiliki banderol harga sekitar INR 10.999 atau setara dengan nilai Rp 1.9 juta.Angka yang sangat terjangkau oleh kondisi keuangan mayoritas pemerhati teknologi yang menginginkan produk unik dan murah.

Kesimpulan

Dengan desain yang unik, brand tidak terlalu mainstream, serta memiliki berbagai fitur standar pada spesifikasi yang cukup baik membuat produk yang satu ini layak untuk menjadi salahs atu pilihan Anda.Harganya yang murah juga dapat menjadi pertimbangan ekstra, bukan?Apalagi, LAVA506Q IRIS ini juga merupakan sebuah phablet Jelly Bean yang memiliki dukungan dualSIM card.Perangkat ini cocok untuk Anda yang memiliki lebih daris atu nomor kontak. Tapi harap diingat, penggunaan dualSIM pasti akan menghabiskan daya baterai lebih cepat dari biasanya.