3 Aplikasi GPS Offline Android Gratis Berkualitas Premium

Thursday, 13 December 2012 09:00
3 Aplikasi GPS Offline Android Gratis Berkualitas Premium

Google Navigation for Android adalah salah satu aplikasi GPS online terbaik yang dapat Anda akses dengan mudah via ponsel, namun bagaimana jika Anda sedang berada di tempat terpencil dan tidak ada koneksi internet? Atau mungkin suatu ketika Anda kehabisan kuota untuk mengakses internet? Satu-satu cara untuk mendapatkan petunjuk arah adalah dengan menggunakan aplikasi peta GPS offline.

Apabila Anda mulai mencari aplikasi GPS offline yang ada di Google Play Store, maka Anda akan menemukan banyak sekali aplikasi GPS gratis yang memiliki kualitas buruk dan aplikasi berbayar yang memiliki kualitas yang bagus. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Paseban akan mengulas 3 aplikasi GPS offline yang bisa Anda dapatkan dengan gratis namun dengan kualitas yang premium.

Google Maps

Selain dapat digunakan untuk peta online, Google Maps juga dapat digunakan untuk keperluan peta offline. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendownload beberapa area dalam peta ke Android sehingga Anda dapat menggunakannya tanpa koneksi internet. Namun sayangnya ada 2 masalah besar yang ada di fitur ini, yaitu:

  • Hanya sebagian wilayah peta yang dapat didownload, dan Anda juga tidak dapat menggunakan fitur penunjuk arah pada mode ini.

  • Peta offline terdebut akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari. Hal ini berlaku untuk semua peta dan tidak ada satupun cara untuk mencegahnya.

Untuk dapat menggunakan fitur offline ini, Anda harus membuka aplikasi Google Maps kemudian buka halaman setting dan pilih opsi Labs. Pada halaman Labs, centang opsi Pre-cache map area. Untuk mulai mendownload peta, cukup tekan dan tahan pada area peta yang ingin Anda download hingga muncul nama wilayah di peta tersebut. Kemudian pilih opsi pre-cache map area. Setelah itu Google Maps akan langsung mendownload peta tersebut sejauh 10 mil dari tempat Anda memilih lokasi tadi. Setelah itu Anda akan melihat sebuah kotak di dalam peta tersebut yang mengindikasikan bahwa wilayah tersebut telah didownload. Untuk menambah wilayah, Anda cukup mengulangi proses seperti tadi untuk berbagai wilayah lainnya. Jika pada ponsel Android Anda belum tersedia Google Maps, maka Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini.

Navfree

Aplikasi GPS offline selanjutnya adalah Navfree. Navfree merupakan sebuah aplikasi GPS yang menyediakan database offline untuk fitur navigasi dan peta. Aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang biasanya ada pada sebuah perangkat GPS yaitu fitur spoken directions.

Navfree menggunakan data dari aplikasi OpenStreetMap. Ketika Anda menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh database peta untuk satu Negara atau lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Navfree menyuguhkan tampilan yang sangat familiar jika Anda sering menggunakan sebuah perangkat GPS. Beberapa fitur seperti Google Search membutuhkan sebuah koneksi internet, namun jika hanya dipakai untuk kebutuhan melihat peta dan navigasi, maka tidak diperlukan adanya koneksi internet.

Walaupun aplikasi ini masih memiliki kekurangan untuk beberapa wilayah tertentu, namun aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin aplikasi GPS secara gratis. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengunduhnya di sini.

MapDroyd

Aplikasi terakhir yang akan Paseban rekomendasikan adalah aplikasi MapDroyd. Aplikasi ini menggunakan database peta yang sama seperti yang digunakan Navfree yaitu OpenStreetMap. Namun aplikasi ini tidak menyediakan fitur point of interest dan turn by turn navigation seperti Navfree.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh MapDroyd adalah data peta yang minimalis sehingga dapat menghemat kapasitas memori Android Anda. Aplikasi ini juga dapat mendownload satu wilayah saja dari sebuah Negara tanpa harus mendownload keseluruhan peta Negara tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan sebuah aplikasi GPS yang minimalis, maka MapDroyd adalah pilihan yang terbaik untuk Anda. Walaupun aplikasi ini tidak menyediakan fitur point of interest namun Anda tetap dapat melihat beberapa tempat yang menarik dengan cara memperbesar ukuran peta itu. Untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. (GAN)