PNRI - Situs Perpustakaan Online Gratis Nasional yang Menyediakan Pustaka Digital

Tuesday, 03 September 2013 17:00
PNRI - Situs Perpustakaan Online Gratis Nasional yang Menyediakan Pustaka Digital

Zaman informasi dan teknologi ini, hampir semua hal dapat ditemui dalam bentuk digital. Segala hal yang berbentuk fisik kini terkadang tak lebih dari sekadar barang koleksi belaka.. Bentuk dgitial telah menggantikan fungsi dalam hal berbagai bidang. Barangkali ada suatu masa saat memang manusia bergantung pada sifat-sifat yang digital. Film, lagu, bahkan buku kini banyak yang berbentuk digital dan lebih populer. Tidak terkecuali dengan perpustakaan online gratis. Perpustakaan yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Salah satu perpustakaan online gratis adalah PNRI yang dapat diakses  di situs www.pnri.go.id. PNRI sendri merupakan singkatan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Dari namanya, bisa ditebak bahwa PNRI adalah isntitusi yang dikelola pemerintah. Lantas seperti apa situs www.pnri.go.id ini? Dan apa pula yang ditawarkan dari situs perpustakaan online ini?

Sejarah Singkat PNRI

Situs www.pnri.go.id adalah situs portal dari PNRI. PNRI sendiri awalnya bernama Perpustakaan Nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1980.  Perpustakaan yang berada di Jakarta ini diprakarsai oleh Daoed Joesoef,  yang menjabat sebagai Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan saat itu. PNRI sendiri memiliki empat elemen penting dalam pelaksanaan pelayanan publiknya. Keempat elemen tersebut adalah Perpustakaan Museum Nasional (dulu bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen), Perpustakaan Sejarah Politik dan Sosial, Kantor Bibliografi Nasional, dan Perpustakaan Wilayah Jakarta.

Situs PNRI

PNRI dapat dikatakan sebagai sebuah tempat pustaka yang bisa dijadikan acuan untuk bahan bacaan atau penelitian. Namun tidak semua orang Indonesia dapat berkunjung ke tempat ini. Mereka yang di daerah pasti akan lebih memilih perpustakaan di provinsi atau kampus terkemuka. Namun hal tersebut hanyalah cerita lama. Kini semua orang bisa mengunjungi  PNRI. Tidak perlu repot ongkos transportasi, yang perlu dilakukan hanya membuka situs perpustakaan online PNRI di alamat  www.pnri.go.id.

Namanya perpustakaan online tentu situs tersebut tidak semata-mata portal informasi institusi saja. Situs www.pnri.go.id lebih dari sekadar situs. Situs ini menyediakan banyak buku digital dan menariknya hampir semuanya dapat diunduh secara gratis. Mungkin tidak menyediakan selengkap kita berkunjung ke tempatnya langsung, tetapi apa yang disajikan oleh situs ini boleh diacungi jempol.

Segal hal yang berhubungan dengan buku dan dokumentasi dapat ditemukan di perpustakaan online ini. Tidak hanya menyediakan buku digital, tetapi juga situs ini menyediakan pilihan informasi seperti pengertian istilah. Pada pilihan kamus, terdapat tiga pilihan yang bisa menambah pengetahuan pengunjung. Ketiga pilihan tersebut adalah istilah komputer, istilah perpustakaan, dan istilah perpustakaan digital. Misalnya saat membuka pilihan istilah komputer, ada banyak istilah yang ditampilkan mulai dari program, aplikasi, bahasa pemrograman sampai istilah lain yang berhubungan dengan komputer. Untuk isitilah perpustakaan, akan sangat membantu bagi para pengunjung yang sedang menyusun karya ilmiaha taupun hal-hal lain yang berhubungan dengan buku.

Layanan Perpustakaan Referensi, Dokumentasi, dan Perfilman

Situs ini menyediakan berbagia koleksi digital. Dari mulai artikel, surat kabar, berbagai video dokumentasi, buku elektronik, manuskrip, buku langka, foto, sampai lukisan pun tersedia disini. Di perpustakaan online ini pun ada pilihan produk hukum yang berisi tentang undang-undang dan aturan pemerintah dan presiden yang terdokumentasikan dari tahun 1990. Perpustakaan online ini pun menyediakan majalah online yang sifatnya ilmiah. Majalah online tersebut bernama Visi Pustaka yang tentu akan sangat bermanfaat khususnya bagi kalangan akademis.

Tidak hanya tentang buku, lukisan, dan dokumentasi lain yang bermanfaat, perpustakaan online ini pun menyediakan situs khusus untuk dokumentasi perfilman. Informasi dari berbagai unsur perfilman, semisal sejarah, tokoh film, aktor dan aktris dapat diakses di situs yang beralamat di http://perfilman.pnri.go.id/. Tidak hanya menyangkut sineas yang terlibat dalam film saja, tetapi katalog semacam kliping artikel dan resensi pun tersedia di situs ini. Dengan adanya dokumentasi semacam ini, pengunjung khususnya yang mencintai film bisa mendapatkan banyaknya informasi  dari hanya sekadar akses ke situs ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, situs www.pnri.go.id bisa menjadi alternatif situs yang bisa Anda kunjungi. Apalagi situs perpustakaan online ini sangat informatif dan mendidik. Terlebih lagi, adanya fasilitas pustaka digital yang bisa diunduh membuat situs ini bisa jadi acuan referensi. Tidak perlu lelah datang ke Jakarta jika Anda bisa mengaksesnya langsung dari rumah Anda. Mari terus membaca, apalagi banyaknya perpustakaan online yang tersedia termasuk situs binaan pemerintah ini. Ayo, berkunjung ke situs PNRI. [HMN]