Beberapa Software Untuk Mengkompres File Video

Tuesday, 03 September 2013 08:00
Beberapa Software Untuk Mengkompres File Video

Mungkin sebelumnya Windows Movie Maker menjadi software untuk mengkompres file video yang lebih populer. Namun saat ini sudah banyak developer yang menciptakan software-software pengkompres dengan kinerja yang tidak kalah bagus. Anda dapat memperkecil ukuran file video tanpa harus menurunkan kualitasnya, sebagai contoh video ukuran 1 GB dikompres bisa menjadi 200 MB namun tetap memiliki gambar, besaran serta sound sama. Berikut dibawah ini adalah beberapa software untuk mengkompres video yang bisa Anda gunakan:

Blaze Media Pro

Blaze Media Pro menjadi software yang bisa Anda gunakan untuk mengkompres file video. Aplikasi ini cukup mampu diandalkan untuk mengkompresi video berbagai format, mulai dari MOV, MPG, AVI, WMV, Flash, MP4 dan lain-lain. Selain sebagai pengompres file, Blaze Media Pro juga merupakan software untuk berbagai keperluan seperti converter format, burning ke media disc, video editing, burning video menjadi audio ke disc dan lain-lain. Bahkan ada fitur-fitur lain yang jarang ada pada software editing lain seperti mengkonversi bitrate dan kompresi untuk format audio, seperti mengkonversi MP3 dari 128 kbps menjadi 64 kbps. Bagusnya lagi, Blaze Media Pro dapat menyesuaikan untuk menurunkan bitrate yang lebih tinggi. Masih kurang? Ada satu fitur menarik lagi, yakni mengekstrak frame video menjadi file gambar dalam modus batch. Format gambar yang mendukung termasuk EMF, BMP, GIF, J2K, PCX, JPEG, PNG, RAS, TIF, TGA, dan WMF.

Sayangnya Blaze Media Pro dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mencapai USD 50. Anda bisa mengunduhnya pada situs Softpedia dengan ukuran file 19.1 MB. Tersedia gratis dalam versi Trial di sini.

Squeeze 9 Pro

Setelah membahas Blaze Media Pro yang memiliki segudang fitur unggulan, kini giliran Squeeze 9 Pro yang juga bisa andalkan. Cara kerja software ini adalah mengkompresi menggunakan codec kompresi dan bisa untuk mengkompresi semua jenis file video. Selain itu Anda bisa melakukan konversi, burning dan pengeditan video dengan Squeeze 9 Pro. Software ini tersedia khusus untuk OS Windows modern, XP, 7 dan 8. Unduh Squeeze 9 Pro pada link dibawah ini dengan harga USD 999 dan tersedia gratis dalam versi Trial. Squeeze 9 Pro dirilis oleh sorensonmedia. bisa anda download di sini.

Ashampoo Movie Shrink & Burn

Untuk yang ketiga adalah Ashampoo Movie Shrink & Burn, software yang dapat merubah ukuran file video lebih kecil tanpa harus mengkhawatirkan kualitasnya. Yang pasti Ashampoo juga mendukung seluruh format kompresi sesuai kegunaan dan kebutuhan. Fitur-fitur lain didalam Ashampoo Movie Shrink & Burn diantaranya adalah burning video ke media DVD, DVD Video spanning yang secara otomatis dapat membagi film besar ke beberapa DVD guna kualitas maksimal tanpa dic dual-layer, mengkonversi video untuk dimasukan ke perangkat mobile dan masih banyak lagi yang lain.

Cara penggunaannya, Anda bisa melihat dari tampilan menu untuk opsi kompres, cukup lakukan add files untuk memasukkan file video yang ingin Anda kompres ukurannya. Setelah itu, Anda akan diminta seberapa kecil ukuran yang akan dikompres dan hasil kualitas bisa langsung terlihat pada Output Movie Quality. Pastinya Anda menyesuaikan ukuran dengan kebutuhan Anda, dengan pilihan output, low, medium, good, good quality, maupun great quality.

Ashampoo Movie Shrink & Burn versi 3.03 saat ini bisa Anda dapatkan pada situs distributor Sotfpedia dengan ukuran 24.1 MB. Versi full dapat Anda miliki dengan harga USD 49.99 dan tersedia gratis dalam versi Trial. Ashampoo dirancang oleh ashampoo GmbH and Co KG. download di sini.

Oxelon Media Converter

Setelah ketiga software diatas tersedia berlisensi atau berbayar, kali ini Oxelon Media Converter tersedia secara gratis. Oxelon Media Converter adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengolah file video dengan berbagai format, termasuk 3GP, AVI, FLAC, FLV, RM, FLV, SWF dan lain-lain. Anda dapat dengan mudah mengompres video dari ukuran besar menjadi kecil tanpa mengubah kualitasnya.

Aplikasi buatan Oxelon ini dapat Anda unduh pada softpedia secara gratis dengan ukuran cukup kecil, hanya 3.1 MB download di sini. [ALX]