Paseban Web Version

Empat Aplikasi Al-Qurââ¬â¢an untuk Android Terbaik Tahun Ini

Wednesday, 28 November 2012 19:30
Empat Aplikasi Al-Qurââ¬â¢an untuk Android Terbaik Tahun Ini

Al-qur’an merupakan kitab suci umat islam sebagai tuntunan dalam menjalankan ajaran-Nya. Sehingga, setiap umat muslim dituntut untuk selalu membaca kitab suci al-qur’an. Sebab, dengan membacanya kitab suci tersebut mereka dapat mengetahui isi dari ajaran-Nya.

Seiring berkembanganya zaman, setiap manusia mempunyai kesibukan tersendiri. Misalnya, menjadi perbankan, eksportir, dan profesi yang lainnya. semua profesi tersebut terkadang membuat seseorang tidak sempat membaca al-qur’an. Melihat itu, timbullah inisiatif dari developer untuk membuat al-qur’an digital. Artinya, al-qur’an tersebut bukan berbentuk seperti kertas-kertas melainkan terbentuk dalam aplikasi. Jadi, Anda tidak perlu lagi membuka alqur’an biasa melainkan dengan menggunakan smartphone. Selain smartphone, aplikasi ini sebenarnya juga bisa di buka di laptop atau komputer.

Termasuk Android yang juga menyediakan berbagai aplikasi al-qur’an. Hal ini dilakukan untuk menjaring para pelanggan dari kaum muslimin. Sebab, dengan adanya aplikasi tersebut mereka dapat membaca al-qur’an dimanapun dan kapanpun. Aplikasi al-qur’an untuk Android ini pasti booming pada saat-saat tertentu, seperti bulan Ramadhan.

Ada empat macam aplikasi al-qur’an untuk Android yang mempunyai fitur yang berbeda-beda. Aplikasinya pun ada yang diberikan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Tentu, fitur yang diberikan antara yang gratis dan berbayar itu berbeda. Adapun empat aplikasi Al Quran tersebut adalah :

iQur’an Pro for Android

Aplikasi iQur’an Pro for Android adalah aplikasi yang menduduki posisi pertama sebagai yang terbaik untuk Android. Hal itu dibuktikan dengan adanya tampilan yang rapi dan menarik. Sehingga, banyak pelanggan handphone dengan sistem Android yang menggunakan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menerjemahkan bahasa di dalamnya. Adapun bahasa yang menjadi pilihan adalah bahasa Indonesia dan bahasa arab.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah pengguna dapat mendengarkan audio secara langsung. Caranya adalah dengan menekan tombol icon speaker pada bagian kanan atas. Bukan hanya itu, iQur’an Pro for Android juga dapat membantu Anda dalam membaca al-qur’an. Bantuan tersebut berupa ayat yang dibaca akan langsung di highlight dengan warna hijau. Sehingga, pengguna akan merasa sangat terbantu untuk mengikuti apa yang sedang didengarkannya. Aplikasi ini bisa Anda download di sini.

Al-Qur’an Indonesian Audio

Aplikasi al-qur’an indonesian audio merupakan salah satu aplikasi yang ada pada Android dalam bentuk al-qur’an digital. Sesuai dengan namaa aplikasi ini maka hanya dapat support bahasa Indonesia. Artinya, terjemahan bahasa yang digunakan adalah menggunakan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk bahasa inggris tidak dapat digunakan pada aplikasi ini. Secara keseluruhan, aplikasi ini fiturnya tidak selengkap dengan aplikasi yang pertama Paseban sebutkan, jika Anda tertarik untuk mengunduhnya Anda bisa download di sini.

Qur’an Android

Pilihan aplikasi lain pada Android adalah Qur’an Android. Aplikasi ini juga sama dengan aplikasi lain pada umumnya. Kesamaan tersebut dapat berupa audio dan terjemahan dalam bahasa lain selain bahasa arab. Anda bisa menunduh aplikasi tersebut di sini.

MP3 Quran for Android

Aplikasi terakhir dari Android ini adalah MP3Quran for Android. Dalam menjalankannya, aplikasi ini hanya dapat dinikmati dalam bentuk MP3. Itulah mengapa aplikasi ini dinamakan dengan MP3Quran for Android. Jika Anda menginginkan aplikasi yang secara khusus berupa audio maka MP3Quran for Android sangat tepat untuk dijadikan pilihan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan radio berbahasa arab. Anda bisa mengunduhnya di sini.

Fitur Aplikasi Al-qur’an untuk Android

Tidak ada aplikasi tanpa adanya fitur. Itulah kata yang tepat untuk aplikasi yang ada pada Android ini. Ada banyak fitur yang dapat Anda nikmati dari Android. Diantaranya adalah design yang diberikan sangat enak untuk di lihat dan dimanjakan dengan navigasi yang mudah untuk di operasikan. Selain itu, Anda juga dapat mengingat dana mengulang dengan adanya tanda pada setiap ayat yang mengandung tajwid.

Hebatnya lagi, aplikasi dalam Android juga terdapat achievement sistem. Dengan adanya sistem ini, Anda akan mendapat reward atau penghargaan. Sehingga, akan timbul adanya motivasi untuk terus membaca al-qur’an dengan baik dan benar. Di samping itu juga banyak lagi fitu yang terdapat di dalam aplikasi Android. Semua itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna Android. Semoga dengan artikel dari paseban ini dapat membuat Anda terus membaca al-qur’an dengan baik dan benar. [TFK]