Paseban Web Version

Laptop Gaming 3 Jutaan, Asus X401U VS Acer Aspire 4250

Tuesday, 06 November 2012 15:00
Laptop Gaming 3 Jutaan, Asus X401U VS Acer Aspire 4250

Anda menginginkan laptop gaming yang berharga murah? Mungkin 2 laptop ini bisa menjadi referensi Anda untuk memilikinya. Dengan harga Rp 3 jutaan, Anda bisa mendapatkan laptop yang bisa dipakai bermain game ini, tetapi jangan harap Anda bisa mendapatkan laptop yang bisa memainkan game 3D HD, karena untuk bisa memainkan game seperti itu harus memiliki spek yang tinggi.

Jika Anda ingin mendapatkan laptop gaming, minimal seperti Grand Theft Auto San Andreas, Need For Speed, Anda bisa memiliki salah satu di antara dua merk ini, yaitu Asus dan Acer. Berikut review-nya.

Performa

Keduanya disematkan prosesor dari AMD, tetapi berbeda tipe. Untuk prosesor Asus X401U disematkan processor Accelerated Processing Unit (APU) AMD dual core C-60 sebesar 1GHz, sedangkan untuk Acer 4250 disematkan processor AMD dual core E450 sebesar 1.65GHz. Asus memiliki keunggulan dari segi prosesor, karena Asus sendiri menggunakan prosesor terbaru di kelasnya, selain itu juga terintegrasi dengan VGA dan RAM.

Asus X401U dengan AMD Radeon HD 6290 dan Acer 4250 yang juga mengguna AMD Radeon HD 6320 sebesar 629MB, keduanya mampu memutar film HD. Memori RAM yang disediakan oleh Asus dan Acer sama-sama berkapasitas 2GB DDR3 sehingga performa keduanya tidak dapat diragukan lagi.

Dimensi dan Bobot

Keduanya sama-sama mengusung layar sebesar 14 inch yang dilengkapi dengan HD Led Backlight, sehingga Anda dapat menonton film ataupun bermain game dengan jelas, tidak seperti layar di Netbook yang terasa kecil. Untuk dimensi, Asus dan Acer sama-sama memiliki dimensi yang tidak jauh berbeda, yaitu 34.4 x 24.1 x 2.40 mm. Bobot keduanya tidak jauh berbeda, yaitu berkisar di 2kg, tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat jika Anda angkat ataupun disimpan di tas punggung Anda.

Kapasitas Penyimpanan dan Optical Disk

Tidak ada yang lebih penting dari laptop yang Anda miliki, selain kapasitas penyimpanannya. Anda tidak perlu khawatir, keduanya memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk laptop seharga 3 jutaan. Kedua laptop ini memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 320GB dan kecepatan harddisk-nya yaitu 5.400rpm. Sayang, untuk ketersediaan optical disk, Asus tidak memasang optical disk di laptop ini. Berbeda dengan Acer yang mendukung optical disk bertipe DVD-RW.

Sistem Operasi

Untuk menjalankan laptop Anda, tentu harus memiliki sistem operasi di dalamnya. Untuk Asus, tidak diberikan OS, hanyalah DOS. Sehingga Anda harus menginstall OS Anda sendiri, baik itu menggunakan Windows ataupun Linux. Dan untuk Acer 4250 diberikan OS Linux di dalamnya, sayangnya masih jarang sekali terdapat game-game baik yang bisa dijalankan di OS Linux ini. Jadi, untuk bisa memainkan game Windows, Anda harus memiliki aplikasi khusus yang bisa menjalankan program Windows atau Anda bisa menginstall OS Windows di Acer 4250 ini.

Fitur

Soal fitur, keduanya berimbang walaupun terdapat perbedaan. Asus setidaknya lebih unggul dalam ketersediaan fitur, untuk menutupi kekurangannya (optical disk). Konektivitas terdapat 1 buah port USB 3.0, 1 buah port USB 2.0, terdapat juga jack audio 3.5mm untuk disambungkan ke speaker aktif atau headset, port HDMI untuk disambungkan ke TV, LAN RJ45, SD card, VGA output untuk disambungkan ke proyektor, Wi-Fi, dan Web Camera 0.3MP. Selain itu juga terdapat teknologi Ice Cool yang dapat membuang panas berlebih. Sedangkan untuk Acer terdapat 3 buah port USB 2.0, Webcam, Card Reader, Wi-Fi, LAN, dan VGA output.

Baterai

Keduanya memiliki baterai 6-cell yang mampu memberikan energi laptop Anda hingga 4 jam daya tahannya, itu termasuk WiFi dalam keadaan menyala dan tersambung ke internet. Dari ke dua laptop gaming tersebut, Anda bisa memilih salah satunya untuk bisa Anda boyong ke rumah Anda. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kekurangan Asus yaitu tidak terdapat optical disk (DVD-ROM), sedangkan Acer tidak terdapat port USB 3.0 terbaru dan port HDMI. Kelebihan dari Asus yaitu terdapat teknologi Ice Cool yang bisa membuang panas berlebih, sedangkan Acer memiliki DVD-RW dan sudah terinstall OS Linux. [PNJ]