Paseban Web Version

Produk Teknologi Mobile di Masa Depan yang Tidak Akan Terwujud di Tahun 2014

Thursday, 25 July 2013 12:00
Produk Teknologi Mobile di Masa Depan yang Tidak Akan Terwujud di Tahun 2014

Siapa yang bisa melupakan ketika HP menghabiskan dana sebesar $1,2 Milyar untuk Palm, yang mana teknologi mobile ini hanya mampu bertahan selama 57 hari setelah peluncuran perdananya yang mengusung webOS? Apakah anda juga masih mengingat teknologi mobile Kin dari Microsoft yang menghilang di tahun 2010 setelah 48 hari berada di pasaran?

Dan pada saat ini, ada sejumlah teknologi mobile yang bersiap-siap untuk mengambil tempat mereka dalam sejarah teknologi mobile. Namun sudah banyak yang meramalkan bahwa beberapa teknologi mobile terbaru ini tidak akan hadir secepat itu di tahun 2014. Apa sajakah teknologi mobile terbaru itu? Berikut ulasan Paseban.

Windows RT

Ketika Microsoft pertama kali mengumumkan bahwa akan membuat versi Windows 8 dengan prosesor yang berbasis ARM, banyak penggemar di luar sana yang sangat gembira untuk menyambut kedatangan sistem operasi ini. sayangnya, dibandingkan melakukan hal yang terbaik yang bisa dilakukan, Microsoft justru mengunci sistem operasi ini di dalam tablet besutannya, bukannya desktop, justru banyak para pengguna berharap sistem operasi ini hadir dalam wujud desktop karena mereka bisa menggunakan sistem desktop yang terjangkau dan tidak memerlukan spesifikasi yang terlalu tinggi untuk menjalankan sistem operasi ini. Apa yang harus Microsoft lakukan adalah membuat Windows RT kompatibel dengan platform desktop x86 dan bekerja dengan OEM dan menurunkan harga perangkat sehingga mereka bisa bersaing dengan Android. Dan tindakan Microsoft ini kemungkinan tidak akan kita lihat di tahun depan.

Chromebook Pixel

Chromebook merupakan mesin multimedia alternatif lain yang sedang menjamur saat ini, seperti salah satunya yang ditunjukkan oleh Samsung dengan Samsung Chromebook yang telah mendominasi daftar Amazon sebagai best-selling laptop. Dengan harga yang rendah dan baterai tahan lama, Chromebook adalah jawaban untuk mesin multimedia di tahun 2013.

Ketika dilakukan uji coba, perangkat ini memiliki layar yang sangat indah dan tajam dengan resolusi yang tinggi, keyboard yang nyaman dan desain yang menarik. Namun, untuk harga lebih dari 10 jutaan, pengguna mungkin akan lebih tertarik memilih Mac OS atau Windows. Setelah perangkat mahal yang gagal menarik perhatian para konsumen, Google akan mencampakan Pixel keluar dari pasar dan akan berhenti menjualnya akhir tahun ini.

Ubuntu Phone

Firefox OS, Tizen, Ubuntu Phone: berapa banyak sistem operasi baru yang akan dibutuhkan pasaran saat ini? Tahun ini, ketiga platform baru ini memulai debut baru mereka, bersaing bersama dengan iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10.

Pasar PC memiliki jumlah ruang paltform yang tak terbatas, karena pengguna dapat menginstal OS pilihan mereka di komputer manapun, bahkan mereka dapat membangunnya sendiri. Pada ponsel, platform Anda tidak ada gunanya jika vendor hardware dan operator keduanya tidak konservatif. Samsung dapat menjatuhkan pilihan ke Tizen dan bahkan dapat menggunakan OS Android bukan pada semua smartphone di beberapa titik. Beberapa operator dan pembuat handset, termasuk Alcatel dan ZTE, telah menunjukkan hasil karyanya yang menggunakan Firefox OS yang menjanjikan untuk di banderol di kawasan luar Amerika. Dan nampaknya Ubuntu Phone harus menunggu sedikit lebih lama meskipun memiliki tampilan UI yang menarik dan kemampuan menjalankan aplikasi desktop.

ASUS Taichi dan Descendants

Dual-screen laptop akan memiliki daya tarik yang mengesankan untuk sebagian orang, Lenovo, Kohjinsha dan Acer telah bereksperimen dengan perangkat ini. ASUS saat ini menawarkan desain unik dual layar, ASUS Taichi 21, sebuah notebook yang memiliki layar 11,6 inci di kedua sisi tutupnya. Sementara layar backfacing tidak memberikan pengguna pengalaman layar sesungguhnya, namun mereka dapat melakukan hal-hal lainnya pada layar ini, seperti menunjukkan presentasi dan lainnya yang masih berhubungan dengan bisnis. Namun, bahkan dengan hanya satu layar diaktifkan, daya tahan Taichi sangatlah lemah, yakni haya selama 4 jam dan 37 menit dan akan menyusut menjadi 3 jam ketika anda mengaktifkan kedua layar. Sang vendor pun masih ragu untuk menjatuhkan perangkat uniknya ini ke pasaran.

Motorola Droid

Dari perangkat yang mampu bertahan sangat lama RAZR Maxx HD ke perangkat kompak  RAZR M, kini akan hadir generasi terbaru dari keluarga Android Motorola yakni  Motorola Droid. Ponsel ini nantinya akan dikonsentrasikan untuk kalangan bisnis seperti halnya Samsung Galaxy S III.

Namun saat ini Google telah memiliki Motorola, dan saat ini penciptaan perangkat mulai berkonentrasi pada pembuatan perangkat yang memiliki kualitas tinggi. Mengingat rumor yang santer terdengar di luar adalah Motorola tengah mengembangkan Motorola X Phone. Dengan rumor yang menguat ini, tentu saja pamor dari Motorola Droid ini tergerus dan dipastikan akan hilang kabarnya di 2014. [PY]