Paseban Web Version

Cara Mengoptimalkan Wireless Router

Tuesday, 16 October 2012 09:00
Cara Mengoptimalkan Wireless Router

Wireless Router adalah alat yang melakukan fungsi router dan juga mencakup fungsi wireless access point dan jaringan. Alat ini biasanya digunakan untuk menyediakan akses ke internet atau ke jaringan komputer lainnya.

Setiap orang akan mengalami pengalaman yang berbeda-beda dalam menyelami dunia maya, namun sinyal yang lemah pada wireless dapat menyebabkan hal seperti streaming video atau bermain game online menjadi tidak lancar dan akan menyebabkan kebosanan. Untuk hal ini, Anda tidak perlu mengganti wireless router Anda, cukup lakukan langkah-langkah berikut dalam mengoptimalkan wireless router.

Tempatkan router pada ruangan yang terbuka

Sinyal router dapat menjadi lemah karena sulit menembus bahan-bahan seperti metal dan benda keras lainnya. Alat-alat metal dan dinding dapat membatasi koneksi wireless Anda. Tempatkan router pada ruangan yang terbuka, dan hindarkan dari benda-benda yang dapat mengurangi kekuatan sinyal. Misalnya, menempatkan router di pojok ruangan rumah, dapat melemahkan sinyal. Sinyal akan berkurang setiap waktu karena terdapat benda-benda yang menghalangi sinyal. Memindahkan router ke lokasi yang signifikan dapat memperbaiki performa jaringan Anda.

Ganti wireless channel

Wireless internet router menggunakan channel yang spesifik untuk mengirim dan menerima data. Suatu router dapat beroperasi pada channel yang kurang baik, yang menyebabkan koneksi menjadi lambat. Misalnya, banyak orang menggunakan suatu router di channel 1, maka orang-orang tersebut akan mendapatkan koneksi yang terbatas. Untuk mengganti wireless channel caranya dengan membaca panduan router yang Anda gunakan untuk mencari alamat IP sebagai pengaturan halaman. Kemudian tulis alamat tersebut pada browser. Anda dapat mengganti wireless channel dari situ.

Lakukan update pada router

Seperti kebanyakan hardware, router dapat melakukan update. Perusahaan router secara berkala mengeluarkan update terbaru pada produknya, yang dapat memperbaiki bugs dan meningkatkan performa. Namun, wireless router jarang menginformasikan kepada pengguna jika telah tersedia update terbaru.

Pada dasarnya, mengunduh dan menggunakan update adalah proses yang sederhana. Pertama, periksa router untuk mendapatkan info model dan versi router. Kemudian intip halaman website dari perusahaan router tersebut dan cari update terbaru dari model router Anda. Setelah mendapatkan update dan mengunduhnya, install update dengan membuka pengaturan konfigurasi. Kemudian biarkan proses update tersebut selesai.

Lakukan update pada wireless adapter

Seperti halnya router, wireless adapter juga memberikan update secara berkala, yang dapat meningkatkan performa jaringan. Cara yang dilakukan saat meng-update, sama dengan saat Anda melakukan update pada router.

Jika file yang diunduh berformat .exe, Anda cukup menjalankan program. Jika tidak, Anda bisa pergi ke device manager lalu double klik nama wireless adapter. Kemudian klik pada driver tab dan pilih update driver. Yang terakhir, pilih browse my computer for driver software dan masukkan file yang telah diunduh.

Ganti antena router

Beberapa wireless internet router memiliki antena internal, yang sulit dimodifikasi atau diggantikan, beberapa masih menggunakan antena eksternal. Antena ini secara langsung akan memastikan penerimaan sinyal di dalam rumah Anda. Jika posisi router misalnya berada di pojok rumah yang dapat menghalangi datangnya sinyal, dan Anda tidak dapat memindah router sinyal akan mengalami gangguan sebagai dampak terhalangnya antena pada dinding-dinding rumah.

Memasang antena ukuran panjang dapat memaksimalkan kekuatan sinyal router, yang akan memberikan jalan langsung bagi sinyal. Dalam kata lain, jika antena tidak bekerja dengan baik karena router berada di pojok ruangan, mengganti antena dengan ukuran yang lebih panjang untuk meningkatkan performa sinyal adalah pilihan yang baik. Buku panduan router akan memberikan instruksi cara untuk mengganti antena.

Gunakan wireless repeater

Anda dapat menggunakan wireless repeater untuk menjaga kekuatan sinyal tanpa memindahkan router. Nama repeater mengacu bagaimana hal ini bekerja, yaitu mengidentifikasi sinyal dengan menggunakan transmisi wireless internet router, dan mengulang (repeats) sinyal di lokasi tersebut dengan kekuatan penuh dari sinyal.

Beberapa sinyal akan berkurang saat repeater mengulang sinyal tersebut, membuat wireless repeater kurang optimal. Namun di lain pihak, menggunakan wireless repeater merupakan suatu kebutuhan pemakaian, yang memberikan lebih banyak keuntungan. [DEAS]