Paseban Web Version

Pilih Mana, iCLoud, Skydrive atau Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Data Online Anda?

Friday, 05 October 2012 17:00
Pilih Mana, iCLoud, Skydrive atau Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Data Online Anda?

Media penyimpanan data online saat ini terus mengalami perkembangan. Layanan ini cukup membantu pengguna gadget terutama untuk gadget yang penimpanannya tergolong terbatas, layanan ini menjadi pilihan yang bijak. Namun yang menjadi masalah apakah kita bisa percaya dengan penyedia layanan penyimpanan data online yang ada pada saat ini? Karena begitu banyak layanan media penyimpanan data online saat ini. Untuk itu, Paseban.com akan coba membantu Anda menelusuri situs-situs yang menyediakan penyimpanan data online yang terpercaya dan banyak digunakan orang-orang.

iCloud

Untuk medapatkan layanan ini yang menjadi syarat pertama adalah Anda harus memiliki produk Apple. Ini adalah salah satu yang membuat produk-produk Apple terkesan eksklusif karena hampir semua layanan serta aplikasi dari Apple hanya bisa di dapatkan bila kita memiliki produknya. Ketunggalan ini juga membuat Apple menjadi satu-satunya perusaahaan yang sukses dengan ide tersebut.

iCloud menyediakan kapasitas 5GB secara gratis untuk penyimpanan data. Bila Anda ingin memperbesar kapasitas penyimpanan di iCloud Anda akan dikenakan biaya per tahun sebesar US$20 untuk 10GB, US$40 untuk 20GB dan US$100 untuk 50GB. Bila Anda memiliki Mac, iPhone dan iPad akan semakin mudah karena iCloud sudah sangat terintegrasi dengan baik ke iOS, OS X dan Lion Mountain.

Jika Anda membeli iPhone atau iPad maka hal pertama yang harus di-setting adalah penyimpanan gratis 5GB yang disediakan iCLoud. iPhone Anda akan secara otomatis menyimpan data Anda ke iCLoud bila terhubung ke internet. Dan Anda bisa me-restore kapan dan di mana saja ketika terhubung ke internet.

Berikut fitur-fitur yang diberikan iCLoud:

  • Penyimpanan gratis : 5GB (hanya untuk pelanggan Apple)

  • Ekstra : Find my phone, find my Mac, back to my Mac, @me.com e-mail, iOS back up in the cloud

  • Web Acces : contacts, calender, mail, iWork Document @iCloud.com

  • Software integration : Semua perangkat iOS kompatibel dengan iOS 5 atau di atasnya, jadi layanan ini bisa di manfaatkan dengan baik. Mac OS X 10.7 atau di atasnya dapat mengakses fitur iPhoto dan TextEdit.

  • Bagus untuk : Pengguna iPhone, iPad, Mac. Penyimpanan gratis 5GB harus dimanfaatkan. Apalagi bagi mereka yang menggunkan aplikasi Remainder atau Note. Penyimpanan seperti ini akan cukup membantu.

  • Tidak berguna Untuk : Yang bukan pengguna produk Apple, kurang berguna untuk Mac di bawah OS X 10.7.

SkyDrive

SkyDrive merupakan layanan penyimpanan data online yang dibuat olah Microsoft. Skydrive tidak seperti iCloud yang harus memiliki produk Apple. Tanpa Produk Microsoft Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini. Kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan Skydrive sebesar 7GB. Agak lebih besar dibanding dengan iCLoud. Anda hanya perlu registrasi di sini. Atau juga Anda bisa memanfaatkan ID MSN bila Anda memiliki X-Box untuk mendapatkan 7GB penyimpanan secara gratis.

Untuk memperbesar layanan penyimpanan, Skydrive lebih murah dibanding dengan iCLoud, pembayaran per tahun untuk 20GB sebesar US$ 10, 50GB US$ 25, 100GB US$ 50. Untuk pengguna Windows Phone 7 harus mendownload aplikasi ini di Windows Phone Market Place agar dapat mengakses file yang disimpan. Download SkyDrive di sini secara gratis. Namun, data yang disimpan harus diakses memakai password jadi bisa di buka melalui PC, Mac, dan yang pasti websitenya.

  • Free storage : 7GB

  • Extra : SkyDrive WebApps untuk Word/Excel/PowerPoint/OneNote, file sharing, grup file sharing, remote access ke PC dengan OS Windows.

  • Software Integration : Windows 8 (dalam pengembangan), Windows 7atau Vista SP2, Mac OS X 10.7+, Windows Phone 7.5+, iOS, Android 2.3+

  • Bagus untuk : Pengguna Windows Phone yang memiliki fitur Sync Foto, Android, iPhone, PC dengan OS Windows atau Mac atau pengguna yang memiliki konten-konten Microsoft Office

  • Tidak bagus Untuk : pengguna Linux karena hanya dapat memanfaatkan layanan ini dari website

Google Drive

Bila Anda pengguna Google Docs layanan ini akan lebih maksimal lagi. Google Drive sudah terintegrasi dengan Google Docs. Dengan Google Drive Anda bisa menyimpan hampir semua jenis file dan mampu menampilakan file tersebut dalam jumlah yang banyak. Selain dapat membuat dokumen-dukumen dengan fitur yang disediakan, ruang penyimpanan Google Drive hanya berkurang oleh file non-Google Docs saja. Jadi Anda bisa menyimpan file dari Microsoft Office atau iWork tanpa mengurangi kapasitas Google Drive. Google Drive memberikan 5GB secara gratis. Bila ingin memperbesar kapasitas pelayanan dikenakan biaya perbulan. Untuk 25GB US$2,94 per bulan sedangkan untuk 100GB US$4,99 per bulan.

Google Drive suport pada OS iOS dan Android dan tidak untuk Windows Phone. Namun begitu, untuk iOS ada keterbatasan file yang dapat di buka misalnya file dengan formast ZIP dan RAR. Tetapi tetap memiliki fasilitas membuka dan mengedit file. Jenis file yang bisa dibuka dan diedit akan semakin banyak bila kita menggunakan Android.

Untuk Windows dan OS X Anda perlu mendownload aplikasinya dan menyediakan folder khusus untuk Google Drive agar bisa sinkron dengan PC Anda.

  • Free storage : 5 GB

  • Extra : Seluruh Document yang suport pada Google drive dapat di buat atau diedit melalui website atau di Android dengan Aplikasi tertentu. Untuk iPad bisa dilakuakan bila terhubung dengan internet. Dapat di kolaborasikan dengan aplikasi-aplikasi pembuat documen seperti Kingsoft Office atau yang lain.

  • Software Integration : Windows 7, Vista and XP, OS X 10.6+, Android 2.1+, iOS 5.0+ semua aplikasi yang berhubungan dengan dokumen.

  • Bagus untuk : Pengguna Android, iOS yang merasa penting membuat dan mengedit text, Windows XP yang tidak menggunakan SkyDrive, Linux yang tidak keberatan harus mengakses data dari web.

  • Tidak bagus Untuk : Windows Phone karena belum ada aplikasi yang tepat agar dapat terintegrasi dengan Google Drive

Ada satu lagi layanan penyimpanan yang cukup terkenal saat ini yaitu DropBox. Namun karena beberapa kekurangannya jadi Paseban hanya memilih tiga saja. Kekurangannya misalnya hanya menyediakan penyimpanan gratis 2GB, akan lebih mudah memakai layanan ini dengan membuka webnya langsung dan beberapa kekurangan lainnya yang agak sulit mem-backup data pada Android atau iPhone. [RIC]