Cara Merekam Pembicaraan dengan Aplikasi Suara Telepon di Android

Friday, 05 July 2013 06:00
Cara Merekam Pembicaraan dengan Aplikasi Suara Telepon di Android

Di jaman sekarang ini, banyak orang yang lebih menyukai fasilitas email ketimbang melakukan percakapan telepon. Hal tersebut tentu sangatlah wajar karena kita bisa kembali membuka email kapan saja, sementara percakapan telepon hanya berlangsung sekali dan bisa aja ada hal-hal pentng yang akan kita lupakan. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang yang menggunakan aplikasi perekam suara untuk merekam percakapan telepon mereka.

Sayangnya, menemukan aplikasi perekam suara yang handal sangatlah sulit, apalagi untuk ponsel Android yang terkenal dengan keberagamannya. Oleh karena itu, pada ulasan kali ini Paseban akan memberikan tips serta trik untuk merekam percakapan telepon dengan menggunakan aplikasi suara telepon:

Mengapa Merekam Percakapan Telepon Sulit Dilakukan?

Sebelum membahas lebih jauh cara merekam percakapan telepon, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kenapa sangat sulit menemukan aplikasi perekam suara untuk percakapan telepon. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah peraturan pemerintah di beberapa Negara yang menganggap perekaman percakapan telepon adalah sesuatu yang illegal. Bahkan walaupun kedua belah pihak menyetujui perekaman tersebut, tetap saja hal itu melanggar hukum. Anda dapat mengunjungi Wikipedia untuk melihat daftar Negara yang melarang perekaman percakapan telepon di sini.

Selain masalah hukum, merekam percakapan telepon juga merupakan hal yang sulit dilakukan secara teknis. Maka dari itu, merekam percakapan telepon membutuhkan trik-trik khusus yang mungkin akan berbeda di setiap jenis ponselnya. Sebagai contoh, jika aplikasi yang digunakan tidak sesuai maka bisa jadi aplikasi tersebut tidak akan merekam apa-apa. Namun dalam kebanyakan hal, aplikasi tersebut bisanya hanya merekam suara dari satu sisi pembicara saja.

Tips Menemukan Aplikasi Yang Tepat

Seperti yang telah disinggung di atas, aplikasi suara telepon terkadang hanya merekam satu sisi saja ataupun bahkan tidak merekam sama sekali. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menemukan aplikasi yang tepat untuk ponsel Android Anda.

  • Instal aplikasi untuk merekam percakapan telpon di ponsel Anda. aplikasi yang cukup baik untuk melakukan hal ini di antaranya adalah aplikasi Call Recorder yang bisa Anda download di sini dan juga aplikasi Automatic Call Recorder yang bisa Anda unduh di sini. Anda juga dapat mengunduh aplikasi lain yang menurut Anda layak untuk dicoba.
  • Persiapkan dua buah ponsel untuk melakukan simulasi percakapan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari percakapan telepon secara satu arah saja.
  • Setelah menginstal aplikasinya, cobalah lakukan simulasi panggilan telepon. Simulasi ini mungkin akan lebih mudah jika Anda melakukannya bersama seorang teman Anda. lakukan simulasi ini selama kurang lebih 30 detik.
  • Sekarang dengarkanlah hasil rekaman yang Anda dapatkan melalui aplikasi perekam suara percakapan telepon tersebut.

Jika aplikasi yang Anda gunakan sudah tepat, maka secara otomatis Anda akan dapat mendengar hasil rekaman berupa percakapan dari kedua belah pihak. Namun jika Anda hanya mendengar suara dari satu pihak saja atau bahkan tidak mendengar suara sama sekali, maka Anda harus melakukan pengaturan dalam sumber perekaman.

Sebagai contoh dalam aplikasi Automatic Call Recorder terdapat 8 macam audio input untuk melakukan perekaman. Cobalah pilih satu persatu audio input tersebut dan coba kembali lakukan simulasi percakapan telepon seperti di atas. Hal ini memang terdengar sangat merepotkan, namun trik ini dirasa cukup efektif untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Hal ini juga berlaku apabila hasil rekaman dirasa kurang maksimal karena suara yang didapat kurang jelas atau terlalu kecil.

Satu hal yang perlu Anda catat adalah pengaturan dari satu ponsel dengan ponsel yang lainnya pastilah berbeda. Maka Anda harus melakukan pengaturan yang berbeda pula untuk ponsel yang lainnya. Namun jika ternyata tidak ada satupun pengaturan yang pas dari aplikasi tersebut, maka Anda harus segera mencoba aplikasi yang lainnya. Pastikan juga aplikasi yang Anda pilih merekam percakapan dalam format suara yang umum seperti MP3 ataupun WAV.

Demikianlah tips serta trik untuk merekam percakapan telepon di ponsel Android yang Anda miliki. Selamat mencoba dan jangan pernah menyerah jika gagal. [GAN]