Langkah Bagaimana Cara Menginstall Wireless Modem Pada Laptop

Saturday, 04 August 2012 17:00
Langkah Bagaimana Cara Menginstall Wireless Modem Pada Laptop

Wireless modem menyediakan fleksibilitas dan mobilitas yang lebih tinggi, memungkinkan Anda untuk mengakses internet dari perangkat laptop Anda daarimana saja, entah itu di rumah maupun di kantor. Sebuah modem wireless dapat diinstal dalam dua tahap: menghubungkan modem dan mengkinfigurasikan koneksi nirkabel.

Bahkan ponsel Anda pun memungkinkan untuk digunakan sebagi perangkat nirkabel. Maka untuk ulasan kali ini Paseban akan secara khusus mengulas bagaimana cara menginstall wireless modem pada laptop Anda. Cara menginstall wireless modem ini hanya memakan waktu beberapa menit saja. Untuk mengetahui bagaimana cara menginstallnya, Anda dapat mengikuti ulasan Paseban berikut ini.

Instruksi

  • Pastikan bahwa Anda memiliki semua perlengkapan untuk melakukan instalasi wireless modem Anda dan melakukan pengaturan jaringan internet nirkabel pada laptop Anda. Paket ini mencakup Wireless modem, instalasi CS ROM beserta manualnya, kabel Ethernet atau USBjika dalam kasus menggunakan modem USB, antena nirkabel yang dilengkapi dengan standar nirkabel seperti 802.11a, 802.11b, or 802.11g dan Power Adaptor.

  • Baca petunjuk manual untuk mengerti masing-masing kegunaan perangkat dalam paket penjualan. Seperti contoh, wireless antena digunakan untuk mengkoneksikan paket broadband nirkabel, kabel eterhnet digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer dan lain-lain.

  • Pasangkan wireless antena ke modem.

  • Hubungkan kabelt ethernet dari laptop ke port LAN / ethernet di modem. Atau, jika Anda memiliki modem USB nirkabel yang mana juga direkomendasikan untuk penggunaan laptop, koneksikan kabel USB ke port USB pada laptop.

  • Pastikan konektivitas yang tepat dari perangkat sebelum Anda memulai pengaturan dari wireless modem. Hubungkan power adaptor ke konektor daya dari modem, tancapkan dan nyalakan.

Melakukan Pengaturan Wireless Modem

  • Buka web browser Anda dan masukkan URL situs administrasi modem yang tercantum dalam manual pengguna. Jika Anda tidak dapat menemukannya, mkaa Anda bisa menghubungi pihak penyedia melalui telepon yang tersedia pada panduan.

  • Login ke bagian admin dengan memasukkan username dan password yang diberikan di manual user. Sekali lagi jika Anda tidak dapat menemukan ini, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan dari produser modem ini. Yang biasanya nama pengguna dan password secara default adalah admin. Dan simulasikan pada kondisi ini Anda sedang login.

  • Pilih koneksi internet. Dimana ada empat macam jenis koneksi internet yang diantaranya "Dynamic IP Address," "Static IP Address," "PPPoE/PPPoA" and "Bridge Mode." Hubungi provider internet Anda untuk memastikan jenis koneksi internet yang sedang Anda gunakan.

  • Pilih "Dynamic IP Address” untuk mendapatkan IP Address secara otomatis dari ISP server. Untuk setiap jaringan internet nirkabel, Anda akan diberikan IP Address. Pada beberapa kasus IP address dapat berupa dynamic (berubah ubah ketika setiap kali Anda terkoneksi dengan internet) dan yang lainnya berupa static (alamat IP tetap meskipun setelah Anda dissconnect dan connect dari internet). Jika alamat Anda berupa dynamic, Anda harus memilih pengaturan ini agar modem secara otomatis mengambil IP dari server ISP setiap kali terkoneksikan ke internet. Masukkan MAC Address modem Anda yang biasanya tertera pada belakang modem dan buku manual.

  • Pilih "Static IP Address” jika Anda diberi dnegan IP statis. Dan Anda harus mengisi VPI, VCI, IP Address, Subnet Mask, ISP Gateway Address, Server Address. Primary DNS Address, Secondary DSN Address dan tipe koneksi. Keseluruhan detail ini bisa Anda dapatkan dari ISP Anda .

  • Pilih "PPPoE/PPPoA” jika ISP Anda menggunakan jenis koneksi DSL. Masukkan rincian username, password dan detail lainnya. Semua detail ini disediakan oleh ISP Anda.

  • Pilih "Bridge Mode” jika ISP Anda menggunakan jenis koneksi ini. Masukkan informasi detail yang diberikan oleh ISP Anda.

  • Seleseaikan proses dengan cara mengkliki tombol "Finish”. Modem Anda sekarang sudah siap untuk digunakan.

  • Untuk melakukan pengecekan apakah Anda sudah terhubung pada internet, Anda bisa melihatnya pada ikon network yang terdapat di bagian kanan bawah taskbar laptop Anda. Atau untuk memastikannya Anda bisa membuka web browser Anda dan masukkan URL atau membuka sebuah situs untuk memastikan apakah Anda sudah terkoneksi dengan internet. [PY]